188 Orang Korban Kapal KM Sinar Bangun

2018-06-26 0 comments simalungun Pemerintahan

Hari kedelapan pencarian korban kecelakaan KM Sinar Bangun yg tenggelam di perairan Danau Toba, Bupati Simalungun Dr JR Saragih tetap hadir kelokasi pencarian di Posko Sar Gabungan di Tigaras, Senin, (25/06).

Tim pencarian menerjunkan sebanyak 70 orang personil dan 10 kapal yakni 9 kapal kayu dan 1 kapal KMP Sumut. Pencarian hari ini fokus pada temuan dua titik lokasi hasil pencarian dengan alat multibeam pada hari sebelumnya yang diduga sebagai kapal yang dicari, tim sar gabungan akan melakukan penyelidikan lebih lanjut untuk memastikan lokasi KM Sinar Bangun tersebut.

Untuk data korban, Posko Sar Gabungan pelabuhan Tigaras Kab Simalungun telah melaksanakan Rapat verifikasi data korban kecelakaan KM Sinar Bangun yg tenggelam di perairan Danau Toba, rapat verifikasi tersebut diikuti oleh Polres Simalungun, mewakili Polres Samosir, Jasa Raharja, Kementrian Perhubungan, Pemkab Simalungun, Dinas Perhubungan Simalungun, BPBD Provinsi Sumut, BPBD Kab Simalungun dan Kepala kantor SAR Medan / SMC.

Adapun hasil dari rapat verifikasi tersebut tim dari Posko Sar Gabungan merumuskan bahwa Data korban selamat berjumlah 21 orang termaksuk ABK, hal ini disesuaikan dengan surat Reskrim Polres samosir Tanggal 25 Juni 2018 yang ditanda tangani oleh kasat Reskrim AKP J. Banjarnahor tentang keberadaan tiga orang ABK, sedangkan Data korban yang meninggal berjumlah 3 orang.

Untuk Data korban yang belum di temukan berdasarkan pencocokan dan penelitian Polres Simalungun, Polres Samosir dan PT. jasa Raharja (Persero ) cab. Sumut berjumlah 164 orang. Hasil tersebut sesuai dengan pencocokan dan penelitian jumlah penumpang dan ABK KM Sinar Bangun adalah 188 orang dengan keterangan jumlah korban Selamat 21 orang, meninggal 3 orang dan yang belum ditemukan 164 orang.

Data korban adalah data terakhir pada hari kedelapan pencarian, data tersebut bisa berubah apabila di kemudian hari terdapat kekeliruan tentang hasil pencocokan dan penelitian dan akan di perbaiki sebagaimana mestinya.