Wakil Bupati Simalungun Meletakkan Batu Pertama Pembangunan Mesjid Al Muhajirin di Nagori Cingkes.

2018-02-16 0 comments simalungun Pemerintahan

Wakil Bupati Simalungun Ir H Amran Sinaga MSi meletakkan batu pertama pembangunan Mesjid Al Muhajirin di Nagori Cingkes Kecamatan Dolok Silou Kabupaten Simalungun Sumatera Utara, Jum'at 16/02/2018.

Turut mendampingi Wakil Bupati Simalungun saat peletakan batu tersebut  Kadis Perhubungan, Kadis BPMN, Kadis Kominfo, Camat Dolok Silou bersama muspika dan para pangulu serta di saksikan oleh warga. Mengawali acara tersebut dilaksanakan pembacaan ayat suci Al Quran oleh Yani Purba dan saritilawah Putri Tarigan.

Dari lokasi tersebut di ketahui bahwa masyarakat muslim di Nagori Cingkes jumlahnya sangat minoritas, dimana dari 2000 jiwa jumlah penduduk hanya sekitar 100 jiwa umat Islam dan umumnya mereka bermata pencarian sebagai petani, dan telah lama menginginkan pembangunan mesjid, dan baru tahun ini dapat terwujud.

Mesjid Al Muhajirin ini nantinya juga akan di gunakan tidak hanya masyarakat muslim di Nagori Cingkes saja, namun masyarakat muslim disekitar nagori Cingkes seperti Nagori Tanjung Purba, Nagori Bawang dan Nagori Tambak Bawang.

Memurut ketua pembangunan, Efendi Tarigan dalam sambutannya mengatakan bahwa Mesjid Al Muhajirin di bangun dengan ukuran 8m x 10m diatas tanah seluas 400 meter persegi yang merupakan swadaya masyarakat muslim di Nagori Cingkes. Dana yang digunakan untuk pembangunan mesjid tersebut sekitar Rp 425 juta.

"Kami sangat berterima kasih kepada seluruh masyarakat terutama pangulu Cingkes yang telah memberikan dukungan atas pembangunan mesjid, sehingga nantinya masyarakat muslim di nagori ini tidak harus ke Kota Saribudolok atau ke Kaban Jahe yang jarak tempuhnya sekitar 8 s/d 10 KM dalam melaksanakan ibadah terutama Shalat Jum'at," jelas Efendi.

Selanjutnya Efendi juga menyampaikan bahwa di lokasi mesjid tersebut juga akan di bangun Madrasah/Rumah Qur'an Cikala sebagai sarana untuk mendidik mental anak anak. "Semoga dengan adanya mesjid ini, dapat memberikan semangat, dorongan bagi masyarakat muslim di Cingkes untuk lebih meningkatkan keimanan kepada Allah SWT dan juga meningkatkan tali silahturrahmi atar umat beragama di nagori Cingkes ini," ujarnya.

Sementara itu, Wakil Bupati Simalungun Ir H Amran Sinaga MSi dalam sambutannya menyampaikan bahwa Pemkab Simalungun sangat menyambut baik pelaksanaan pembangunan mesjid yang dilaksanakan oleh masyarakat. "Meskipun di ketahui jumlah masyarakat muslim di Nagori Cingkes ini minoritas, namun kekompakan dan rasa persaudaraan masyarakat di nagori ini cukup baik sehingga pembangunan rumah ibadah ini dapat dilaksanakan," ujarnya.

Amran berharap kepada masyarakat kekompakan dan persaudaraan terus di jaga dan ditingkatkan sehingga program pembangunan yang akan dilaksanaan dapat berjalan dengan baik termasuk dalam percepatan pembangunan mesjid ini. "Jadikan mesjid ini sebaik baiknya untuk meningkatkan ketaqwaan kepada Allah SWT. Dan disamping itu manfaatkan sebagai sarana untuk mendidik anak anak menjadi generasi yang berakhlak mulia," harapnya.

Sebagai bentuk dukungan pembangunan Mesjid tersebut, Wakil Bupati secara pribadi memberikan bantuan sebesar Rp 5 juta.

Dalam kesempatan tersebut Wakil Bupati Simalungun bersama rombongan juga melaksanakan shalat Jum'at bersama masyarakat di lokasi pembangunan mesjid yang beratapkan tenda plastik dan beralaskan tikar. Bertindak sebagai khottib dan imam shalat Al Ustadz Syahril Hutahaean.

Turut memberikan kata sambutan diantaranya dari Yayasan Ar Risalah Tanjung Morawa salah satu donatur pembangunan Mesjid Al Muhajirin, mewakil Kakan Kemenag Simalungun Langkir SAg, Pangulu Cingkes Hamid Tarigan.

Dikesempatan itu juga beberapa anak anak dari Rumah Al Qur'an Cikala membawakan ayat ayat pendek tanpa teks dengan baik.