Wakil Bupati Simalungun Letakkan Batu Pertama Pembangunan Mushallah Kantor Camat Tanah Jawa

2017-08-11 0 comments simalungun Pemerintahan

Wakil Bupati Simalungun Ir Amran Sinaga MSi bersama tuan guru Syech Muda Dr H Ahmad Sabban Rajaguguk MA melakukan peletakan batu pertama pembangunan Mushallah di kompleks perkantoran Kecamatan Tanah Jawa, Senin 19/06/2017.

Selain Wakil Bupati Simalungun dan tuan guru, turut melakukan peletakan batu pertama, Camat Tanah Jawa, Danramil, Kadis Perhubungan, Kadis Kominfo, Tokoh Masyarakat mewakili keturunan Raja Tanah Jawa dan mewakili para pangulu dan lurah se-Kecamatan Tanah Jawa dan disaksikan oleh masyarakat.

Tokoh masyarakat Kecamatan Tanah Jawa Abdul Karim Nasution dalam sambutannya menyampaikan bahwa sejak Camat Tanah Jawa adalah asli putra daerah telah banyak menunjukkan kinerja yang positif, termasuk pembangunan mushallah ini atas prakarsa dari camat tanah jawa.

“Terima kasih kepada bapak bupati yang menempatkan camat putra daerah, yang selanjutnya melakukan perubahan, termasuk pembangunan mushallah ini atas inisiatif camat meskipun beliau non muslim. Terobosan ini diharapkan terus meningkat termasuk dalam pembenahan ibukota kecamatan,”katanya.

Selanjutnya, Abdul Karim juga menyampaikan rasa syukur atas terciptanya toleransi antar umat beragama cukup tinggi di Tanah Jawa. Untuk itu diharapkan Mushallah ini dapat dipergunakan dengan sebaik-baiknya oleh aparatur pemerintahan di kecamatan termasuk para pangulu dan perangkatnya.

“Pendirian Mushallah yang diprakarsai oleh camat patut kita sykurui, ini membuktikan keperdulian camat terhadap masyarakatnya, khususnya umat Islam. Oleh karena itu atas nama masyarakat kami mengucapkan terima kasih atas pembangunan Mushallah ini, semoga ini menjadi contoh bagi kecamatan yang lain,”tutur Abdul.

Wakil Bupati Simalungun Ir Amran Sinaga MSi dalam sambutannya mengatakan bahwa Pemerintah Kabupaten Simalungun sangat mengapresiasi atas inisiatif Camat yang bukan muslim telah membangun Mushallah di Komplek Kantor Camat Tanah Jawa. “Ide ini harus kita sambut dengan baik, karena ini bentuk kepedulian dan keharmonisan, kebhinekaan di Kabupaten Simalungun, gunakan Mushallah ini dengan sebaik-baiknya,”katanya.
Dengan adanya Mushallah ini, diharapkan tidak ada membeda-bedakan agama namun kita harus bersinergi dan bersama-sama memberikan perhatian untuk kebaikan bersama. “Artinya kita tidak perlu lagi mempersoalkan agama, namun dibungkus dengan budaya dan kebersamaan mencari kebaikan,”ujar Amran.

Disamping itu, Camat Tanah Jawa Horas Herwin H Dolok Saribu mengatakan, dengan dibangunnya Mushallah di Kantor Camat adalah untuk menunjukkan wajah Kecamatan Tanah Jawa yang multi etnis dan agama di bumi Habonaron Do Bona. “Kebersamaan itu diikat oleh budaya Simalungun. Untuk itu kepada masyarakat mari kita bersama, bersatu membangun kecamatan Tanah Jawa, Karna dengan kebersamaan kita pasti bisa,”ujarnya.
Direncanakan, Mushallah tersebut selesai dibangun dalam waktu satu bulan dan diberi nama Tuan Sang Majadi Sinaga sekaligus mengingat dan mengenang raja yang pernah memimpin di Tanah Jawa.

Tuan guru Syech Muda Dr H Ahmad Sabban Rajaguguk MA mengtakan bahwa pembangunan Mushallah di Kantor Camat Tanah Jawa akan direkam oleh sejarah. Yang pertama secara historis mengembalikan nama besar Sinaga. “Raja disinikan (Tanah Jawa) Sinaga, jadi mushallah ini didirikan dan resmikan oleh Pak Amran Sinaga,”ucapnya.

Selanjutnya Tuan Guru mengatakan, mushallah ini diharapkan menjadi identitas dan simbol kerukunan. “Ini simbol kemajemukan, bahwa camatnya nasrani tetapi dia mendirikan mushallah tempat orang Islam beribadah. Ini agar dimanfaatkan, bahwa ini sekaligus dibangun untuk kecerdasan dan kejujuran,”ujarnya.

Lebih lanjut dikatakan bahwa, dengan dibangunnya mushallah ini diharapkan semakin berseminya benih-benih kedamaian dan kesejukan, sehingga Kabupaten Simalungun bisa menjadi miniatur Sumatera Utara