Sosialisai PTSL Tahun 2018 di Kabupaten Simalungun

2018-01-19 0 comments simalungun Pemerintahan

Pemerintah Pusat melalui Badan Pertanahan Nasional (BPN) Simalungun melaksanakan sosialisasi program Pendaftaran Tanah Sistematis Lengkap (PTSL) tahun 2018, bertempat di ruang Harungguan Djabanten Damanik, Pamatang Raya, Sumatera Utara, Senin 16/01/2017.

Kepala BPN Simalungun Dra Sontian Siahaan dalam laporannya mengatakan, kegiatan sosialisasi ini merupakan program BPN pada tahun 2018 di Kabupaten Simalungun, untuk melakukan PTSL sebanyak 13.700 bidang. Disamping itu juga, pihak BPN mengadakan kegiatan usaha mikro kecil sebanyak 100 bidang dan untuk tanah pertanian khusus sebanyak 200 bidang.

Dikatakan bahwa, pihak BPN juga akan melakukan tugas pensertifikatan tanah melalui program pembaharuan agraria nasional (PPAN) sebanyak 2000 bidang. “Jadi untuk tahun 2018 ini di Kabupaten Simalungun mendapat rezeki bagi masyarakat dari pemerintah pusat sebanyak 16.000 bidang dan ini harus kita selesaikan di tahun 2018,”ujar Kakan BPN Simalungun.

“Untuk 13.700 bidang ini, sementara kami akan melaksanakan di 25 nagori/kelurahan yang berada pada 13 kecamatan. Ini dilihat dari animo masyarakat dan keaktifan pangulu/lurahnya. Dan dari target 13.700 bidang, dari 25 desa/keluarahan ini sudah terdaftar di BPN Simalungun sebanyak 14.618 bidang,”urai Sontian.

Selanjutnya, Sontian juga menjelaskan bahwa pada tahun 2017 yang lalu, pihak BPN Simalungun telah melakukan PTSL tersebut sebanyak 5700 bidang. “Semua ini tercapai dengan baik, atas kerjasama semua unsur terkait termasuk camat, pangulu/lurah,”tuturnya.

Untuk mensukseskan pelaksanaan program PTSL ini, Sontian mengatakan bahwa pihaknya sangat mengharapkan peran aktif instansi terkait termasuk camat, pangulu dan lurah serta masyarakat. “Sebab anggaran sudah disiapkan oleh pemerintah sekitar Rp 4,5 milyar untuk program ini dalam membantu Kabupaten Simalungun meningkatkan kesejahteraan masyarakat,”ujarnya.

Bupati Simalungun diwakili Wakil Bupati Ir H Amran Sinaga MSi dalam sambutannya menyampaikan apresiasi atas program PTSL yang di laksanakan BPN di Kabupaten Simalungun. “Kita patut bersyukur atas program yang telah dicanangkan oleh pemerintah pusat dengan SK tiga menteri yakni Menteri Agraria dan Tata Ruang/BPN, Menteri Dalam Negeri dan Menteri Desa. Saya berharap program ini dapat meningkatkan kesejahteraan masyarakat di Kabupaten Simalungun,”ujarnya.

Oleh karenya, Wakil Bupati berharap kepada instasi terkait termasuk camat, pangulu/lurah dan perangkatnya harus membantu mensukseskan program pemerintah pusat yang dilaksanakan BPN Simalungun.

“Jadi untuk tahun 2018 ini, dengan semangat baru yang kita miliki, program ini menjadi perhatian utama dan harus kita manfaatkan dengan sebaik-baiknya,”tandasnya sembari meminta kepada pihak Polres, Kejaksaan dan juga Kodim untuk turut mengawal pelaksanaan kegiatan PTSL di Kabupaten Simalungun.

Tampak hadir dan turut memberikan kata sambutan Kapolres Simalungun AKBP Marudut Liberty Panjaitan, mewakili Kajari Simalungun dan Mewakili Dandim 0207 Simalungun. Sementara itu peserta sosialisasi terdiri dari SKPD, Camat, Pangulu dan Lurah. Kegiatan itu mengusung tema “Mendukung Sertifikasi tanah untuk rakyat menuju kelurahan/Nagori (Desa) lengkap di Kabupaten Simalungun”.

Pada kesempatan itu, Wakil Bupati, Kapolres Simalungun, mewakili Kajari dan mewakili Dandim didampingi Kakan BPN menyerahkan sertifikat hak pakai instansi pemerintah melalui kegiatan PTSL kepada tiga sekolah dan satu kelurahan di Kecamatan Raya.