Resmikan Bantuan Rumah Bagi Keluarga Penderita Stunting, Bupati Bantu Rehab Rumah Lansia Tidak Layak Huni

2019-12-23 0 comments simalungun Pemerintahan

Suroto dan Asih menangis bahagia saat mendengarkan Bupati Simalungun Dr. JR. Saragih, SH, MM yang mengatakan akan merehab rumah mereka. Pasangan lanjut usia (lansia) ini terharu ketika dipanggil oleh Bupati untuk menerima bantuan rehab rumah sebesar 30 juta rupiah yang berasal dari bantuan pribadi Bupati.

Hal ini terlihat ketika Bupati meresmikan pembangunan rumah layak huni bagi keluarga Suhartono dan Megawati yang merupakan Orangtua dari anak penderita Stunting di Nagori Sahkuda Bayu, Kecamatan Gunung Malela. Senin (23/12).

Sebelumnya, Pangulu Sahkuda Bayu, Suyatno ketika memberikan laporan pembangunan rumah layak huni untuk keluarga anak penderita Stunting mengatakan bahwa saat proses pencarian tanah untuk mendirikan bangunan rumah layak huni tersebut, tanpa kesengajaan didepan lokasi tanah yang akan dibangun ada sebuah rumah dengan kondisi tidak layak huni.

Rumah milik pasangan lansia Suroto dan Asih ini merupakan rumah yang tidak layak huni dengan dinding anyaman bambu dan lantai tanah. Melihat kondisi tersebut, Pangulu mengambil kebijakan dengan berkoordinasi bersama aparat desa untuk merehab rumah milik pasangan Suroto dan Asih.
"Ini bukan unsur kesengajaan pak Bupati, tanpa sengaja didepan lokasi tanah itu berdiri rumah pak Suroto yang tidak layak huni. Saat ini kami memiliki dana sekitar 7 juta dan material papan untuk pembangunan rumah pak Suroto. Besar harapan kami, bapak Bupati Sudi membantu rehab rumah pak Suroto ini," ujarnya.

Menanggapi permohonan tersebut, Bupati memberikan bantuan sebesar 30 juta rupiah untuk biaya rehab rumah tersebut dan berharap peran serta aparat desa, Babinsa dan masyarakat untuk tetap saling mendukung dan melayani.
"Ini merupakan rejeki dari bapak Suroto dan ibu Asih, secara kebetulan di depan rumah yang kita bangun berdiri rumah milik mereka. Saya harap Pangulu, Babinsa dan masyarakat tetap saling bekerja bersama, ikut merehab rumah pak Suroto ini" ujar Bupati.

Suroto dan Asih dengan berlinang air mata menyampaikan ucapan terima kasih kepada Bupati Simalungun. Mereka tak menyangka hari ini menjadi hari bahagia bagi keluarga mereka.
"Terimakasih pak Bupati, kami tak menyangka bapak memberikan perhatian bagi kami warga kurang mampu. Semoga bapak diberikan kesehatan dalam memimpin," ujarnya.