PNS, TNI, Polri dan Masyarakat Kecamatan Raya Melaksanakan Buka Puasa Bersama

2016-07-20 0 comments simalungun Pemerintahan, Keagamaan

Bertempat di Balei Harungguan Djabanten Damanik, Pamatang Raya, PNS, TNI, Polri dan masyarakat Kecamatan Raya menggelar acara buka puasa bersama, Kamis sore 30/06/2016. Kegiatan buka puasa bersama itu dirangkaikan dengan pemberian tali kasih kepada anak yatim, bilal mayit, nazir mesjid dan penggali kubur.

Tampak hadir dalam kegiatan itu, Bupati Simalungun, Kapolres Simalungun, Dandim 0207 Simalungun, ketua PN Simalungun,mewakili Danrem 022/PT, Dandenpom I/1 Pematangsiantar, para pimpinan SKPD dijajaran Pemkab Simalungun, para Dan Ramil dan Kapolsek serta Camat.

Tokoh masyarakat Kecamatan Raya Djonam Purba dalam sambutannya menyampaikan apresiasi terhadap kegiatan buka puasa bersama yang dilaksanakan PNS, TNI, Polri dan masyarakat Kecamatan Raya. “Karena kegiatan ini sangat baik sebagai wadah untuk mejalin kerukunan antar umat beragama, khususnya di Kecamatan Raya ini,”ujarnya.

Dikatakan melaksanakan pembangunan memang ternyata tidak cukup lima tahun, untuk itu kami dari masyarakat sangat berharap sekali pembangunan di Kabupaten Simalungun dilanjutkan. “Tuhan telah menentukan Bapak JR Saragih ini untuk melanjutkan pembanguan lima tahun kedepan”,ujarnya.

Djonam juha menyampaikan terima kasih kepada Dr JR Saragih yang telah membawa perubahan di Simalungun melalui pembangunan dibidang keronian, bidang pendidikan dan juga kesehatan pada lima tahun yang lalu. “Ini terus terang kami sangat bersyukur, apalagi pembangunan seperti ini di kota Pematang Raya sangat didambakan oleh masyarakat. Lanjutkan pak pembangunan ini, sehingga daerah ini semakin maju,”ungkapnya.

Dandim 0207 Simalungun Letkol Inf Oni Kristiyono Goendong dalam sambutannya menyampaikan terima kasih kepada Bupati Simalungun yang menggelar kegiatan buka puasa bersama. Dandim juga menyampaikan rasa syukur, karena atas dukungan Bupati Simalungun, TNI, Polri, PNS dan masyarakat dapat berkoordinasi dan bekerjasama untuk membantu pemerintah daerah dalam melaksanakan pembangunan di Kabupaten Simalungun. “Kami siap membantu dan memberikan pelayanan kepada masyarakat yang membutuhkan sesuai dengan kemampuan kami,”ujarnya.

Smentara itu, Bupati Simalungun Dr JR Saragih SH MM dalam sambutannya menyampaikan bahwa kegiatan bukapuasa bersama ini adalah untuk menjalin silahturrahmi, baik antar PNS, TNI, Polri maupun masyarakat. Oleh karena itu diharapkan melalui kegiatan ini mari kita jadikan untuk meningkatkan persatuan dan kesatuan dalam melaksanakan pembangunan di Kabupaten Simalungun.

Dikesempatan itu, Bupati juga menyampaikan tentang pelaksanaan pemilihan pengulu (kepala desa) yang akan dilaksanakan dalam waktu dekat. Untuk itu diharapkan kepada masyarakat untuk memilih kepada desa yang berkualitas, karena kedepan seorang kepala desa itu akan mengelola anggaran sebesar Rp 1,5 milyar. “Jadi untuk pembangunan jalan di nagori (desa), itu sudah menjadi tanggung jawab pangulu. Pemkab Simalungun hanya menangani jaringan jalan strategis,”terang Bupati.

“Kami butuh dukungan dari semua pihak agar pelaksanaan pemilihan kepada desa berjalanan dengan baik. Dan hasil dari ibadah puasa ramadhan ini dapat membawa kesejahteraan dan kemakmuran Kabupaten Simalungun dimasa yang akan datang,”ungkap Bupati.

Dalam tausyahnya, Syech Dr Ahmad Sabban Rajaguguk MA menyampaikan bahwa tujuan berpuasa itu diantaranya membawa manusia untuk bertaqwa kepada Allah SWT dan membawa manusia kepada kesabaran dalam menuntut ilmu pengetahuan. Selain itu tujuan berpuasa juga untuk membawa manusia agar tahu berterima kasih dan mambawa manusia menjadi  cerdas. Oleh karena itu marilah kita aplikasikan tujuan berpuasa itu kedalam kehidupan kita sehari-hari.

Dalam tausyahnya itu, Syach Ahmad juga memberikan apresiasi kepada Bupati Simalungun yang telah banyak memberikan perhatian terhadap kehidupan masyarakat, sehingga Dr JR Saragih SH MM banyak dikenal rekan-rekannya tingkat nasional maupun dikalangan tokoh-tokoh umat muslim. Karena beliau (Dr JR Saragih) lebih dari Islam dalam kepemimpinannya, tidak hanya sebagai pemimpin daerah tapi beliau sebagai pemimpin semua agama.

“Beliau (JR Saragih) sering datang kepersulukan, ini menunjukkan bahwa dia tidak hanya peduli dengan persulukan tetapi peduli dengan umat muslim. Untuk itu pemimpin yang mengayomi keberagaman agama, pemimpin yang mengarahkan agama untuk membangun daerah harus kita syukuri,”ujar Syech Ahmad.