Plt Gubsu Lantik DR JR Saragih SH MM Sebagai Bupati Simalungun Periode 2016-2021

2016-07-20 0 comments simalungun Pemerintahan

Pelaksana tugas (Plt) Gubernur Sumatera Utara (Gubsu) Ir H Tengku Erry Nuradi melantik DR JR Saràgih SH MM sebagai Bupati Simalungun periode 2016-2021. Pelantikan tersebut dilaksanakan di kantor Kementerian Dalam Negeri Republik Indonesia (Kemendagri RI) di Jakarta, Jumat 22/04/2016. 

Selain melantik Bupati Simalungun, Plt Gubsu juga melantik Bupati dan Wakil Bupati Tanah Karo, Walikota dan Wakil Walikota Gunung Sitoli, Bupati dan Wakil Bupati Nias Utara, Bupati dan Wakil Bupati Nias Barat, Bupati dan Wakil Bupati Nias Selatàn.

"Masing-masing (pelantikan) berdasarkan keputusan Menteri Dalam Negeri Republik Indonesia Nomor 131.12-3464 dan seterusnya sampai dengan nomor 131.12-3470 tahun 2016 tanggal 1 April 2016, serta nomor 131.12-3571 dan seterusnya sampai dengan nomor 132.12-3580 tahun 2016 tanggal 21 April 2016. Saya percaya, saudara-saudara melaksanakan tugas dengan sebaik-baiknya sesuai dengan tanggungjawab yang berikan," ujar Plt Gubsu.

Dalam kesempatan itu, Plt Gubernur Riau juga melantik Kepala Daeràh Rokan Hulu dan Pelalawan. Ratusan pengunjung memadati ruangan pelantikan tersebut sehingga melebihi kapasitas. Dilihat dari para pengunjung, mayoritas berasal dari Kabupaten Simalungun yang ingin menyaksikan langsung pelantikan DR JR Saragih SH MM pemimpin di Tanoh Habonaron Do Boba.

Usai pelantikan, dihadapan para wartawan dari berbagai media cetak dan elektronik DR JR Saragih SH MM mengajak seluruh elemen masyarakat Kabupaten Simalungun dan jajaran PNS untuk bergandeng tangan dan bekerjasama dalam rangka memajukan Kabupaten Simalungun. “Masyarakat akan dilayani semàksimal mungkin.  Oleh karena itu mari kita bersama-sama membangun Kabupaten Simalungun yang lebih mantap lagi ke depan," ujar Bupati.

Dalam kesempatan itu, Mendagri Tjahyo Kumola dalam sambutannya antara lain menyampaikan, selamat atas pelantikan para kepala daerah. Dalam kerangka memperkuat, membangun tata kelola hubungan pemerintah pusat dan daerah yang harus semakin efektif, efisien, taat kepada hukum, mempercepat reformasi birokrasi dan penguatan otonomi daerah, diharapkan kepada kepala daerah yang baru dilantik agar menjalin kerjasama dengan forum pimpinan daerah, SKPD dan masyarakat. “selamat bertugas," ujar Mendagri

Sementara Menkopolhukan Luhut B Panjaitan mengatakan, kalau menjadi pemimpin harus bisa memberikan teladan kepada anak buah. “Anda boleh pintar, boleh cerdas tapi kalau tidak punya hati, tidak akan bisa menjadi pemimpin yang baik. Pimpinlah daerahmu dengan baik, pimpinlah daerahmu dengan profesional, pimpinlah daerahmu dengan hati, profesionaldan dengan baik," ujar Luhut.

Tampak hadir dalam pelantikan itu, Menteri Dalam Negeri Tjahyo Kumolo, Menkopolhukam Luhut B Panjaitan, mantan Menteri Pertanian Bungaran Saragih, Ketua KPU pusat Husni Kamil Manik, FKPD Kabupaten Simalungun, Ketua DPRD SimalungunDrs Johalim Purba dan anggota DPRD, Sekda Simalungun Gidion Purba, para pimpinan SKPD Simalungun dan sejumlah camatserta para sanak keluarga maupun handai tolon kepala daerah yang dilantik.