Peringatan HUT ke-71 Kemerdekaan RI tahun 2016 di Kabupaten Simalungun

2016-08-17 0 comments simalungun Pemerintahan

12 Penerjun Payung Pukau Puluhan Ribu Massa

Upacara peringatan HUT Ke-71 Kemerdekaan Republik Indonesia (RI) tahun 2016 di Kabupaten Simalungun dipusatkan di halaman Kantor Bupati Simalungun, Rabu 17/08/2016.

Bertindak sebagai Inspektur Upacara Bupati Simalungun Dr JR Saragih SH MM dan Komandan Upacara Mayor Inf Ali Akbar dari Rindam I/BB, sedangkan bertindak sebagai perwira upacara Kasdim 0207 Simalungun Mayor Inf Adi Sutrisno.

Peserta upacara terdiri dari barisan TNI, Polri, PNS, Purna Paskibraka, Satpol PP, Pramuka, Pelajar. Upacara peringatan kemerdekaan tersebut berjalan tertib, aman dan lancar serta disaksikan puluhan ribu masyarakat. Tampak hadir dalam kesempatan itu diantaranya Forum Koordinas Pimpinan Daerah (Forkompimda), Sekda, para Pamen dan Pama TNI/Polri, pejabat di Jajaran Pemkab Simalungun, para pejuang kemerdekaan, OKP, tokoh adat, tokoh agama, tokoh masyarakat dan undangan lainnya.

Peringatan detik-detik Proklamasi Kemerdekaan Republik Indonesia di Kabupaten Simalungun ditandai dengan dentuman meriam sebanyak delapan kali. Sementara itu pembaca teks Proklamasi dilaksanakan oleh Ketua Ketua DPRD Simalungun Drs Johalim Purba.

Pelaksanaan upacara tersebut juga ditandai dengan pengibaran bendera merah putih oleh Pasukan Pengibar Bendera Pusaka (Paskibraka) yang berjumlah 40 orang berasal dari siswa-i SLTA se-Kabupaten Simalungun yang telah diseleksi. Dalam melaksanakan tugasnya Paskibraka didampingi oleh Anggota Yonif 126/KC. Paskibraka ini dipimpin oleh Letda Inf Dewangkoro Abilowo.

Indah Ramadhani dari SMK Swasta Alwashliyah 2 Perdagangan dipercaya untuk menerima bendera Merah Putih dari Bupati Simalungun selaku irup dalam upacara itu dan perugas pengibar bendera dilaksanakan oleh Muhammad Ricky Prayuda dari SMA Negeri 2 Bandar, Alwi Robasa Girsang dari SMA Negeri 1 Panombeian Panei dan Ronel Polin Sihombing dari SMA Negeri 1 Raya.

 Usai pelaksanaan upacara, para masyarakat, peserta upacara dan yang hadir dalam kegiatan itu di suguhi penampilan yang menkjubkan sekaligus memukau yaitu penampilan 12 personil TNI yang melakukan demostrasi terjun bebas dengan materi kerjsama di udara. Para penerjun ini dibagi dalam dua sortie, dimana sortie pertama dengan meteri ketepatan mendarat yang masih digunakan dalam salah satu dipertandingkan pada Pekan Olrahraga Nasional dan kejuaraan dunia.

Sortie pertama ini terjun dalam ketinggian 5000 feet dari permukaan tanah atau 7000 feet dari permukaan laut yang menggunakan Helikopter Bell-412 dari Skuadron-31/Serbu Puspenerbad, merupakan alutsista terbaru TNI AD. Penerjun 6 personil TNI terdiri dari Sertu Ori Arsiya dari Kostrad, Serka Suryono dari Kostrad membawa bendera PMS, Serka Ocin dari Kostrad membewa bendera HUT RI, Serda (K) Siwi dari Kopasus membawa bendera Efarina, Serda (K) Herawati dari Kopasus dan Kapten Inf Wira Ardani dari kostrad.

Pada sortie kedua para penerjun sebanyak 6 personil TNI melakukan dengan ketinggian yang sama pada sortie pertama, dengan menggunakan Helikopter Bell 412. Mereka adalah Lettu Inf Ardianus dari Kopasus membawa bendera Kabupaten Simaungun, Sertu Erik dari Kopasus membawa bendera Kodam I/BB, Serma Gusti dari Kopasus membawa bendera Kopasus, Serda Andi dari Kostrad membawa bendera Kostrad, Praka Sukerdan dari Kostrad membawa bendera Kartika EkaPaksi dan Serda Wahyudi dari Kopasus membawa bendera Merah Putih. Masing-masing bendera berukuran 6x 9 meter. Kepada para penerjun Bupati Simalungun bersama istri Ny Erunita JR Saragih memberikan ulos pamotting.

Selanjutnya dalam kesempatan itu Bupati Simalungun melakukan melantik para pangulu nagori (Kepala Desa) hasil pemilihan pada 6 Agustus 2016 yang lalu. Para pangulu yang dilantik ini didampingi oleh para rohaniwan Islam, Kristen Protestan dan Katholik. Lalu Bupati bersama Forkopimda dan Sekda memberikan bingkisan kepada 300 orang veteran, 50 orang anak yatim, 10 orang penyandang cacat dan 50 orang janda PNS, pemberian penghargaan kepada Camat Terbaik (Camat Tanah Jawa, Camat Jawa Maraja Bah Jambi, Camat Gunung Malela), Kelurahan terbaik (Kelurahan Perdagangan 3, Kelurahan Pamatang Raya dan Kelurahan Seribu Dolok).

Bupati didampingi Forkopimda juga menyerahkan hadiah kepada Juara I vocal Solo Mahasiswa tingkat Kopertis wilayah I Sumut, juara I Cabang Atletik lari 100 meter tingkat Provsu, juara I cabang Atletik tingkat Provsu, Juara III lomba seni music daerah dan lomba seni teater Tingkat Provsu, juara III lomba guru TK Berprestasi Tingkat Provsu, Juara III lomba pengelolaan PAUD Tingkat Provsu, Juara II Instruktur tat arias pengantin Tingkat Provsu, juara I lomba tata kelola BOS Tingkat Provsu,  dan juara III lomba pemilihan kepala SMP berprestasi Tingkat Provsu.

Diacara tersebut juga disampaikan bahwa Kabupaten Simalungun menjadi juara I se-Sumatera Utara atas pencapaian target tanam 2015 dan mencapai peringkat ke 18 se-Indonesia dari 460 Kabupaten/Kota dan mendapatkan hadiah berupa traktor roda 4 sebanyak 9 unit, hand traktor sebanyak 46 unit, alat tanam sebanyak 9 unit dan pompa air sebanyak 10 unit.

Bupati Simalungun Dr JR Saragih SH MM menyampaikan terima kasih dan apresiasi kepada TNI yang telah turut memeriahkan HUT Kemerdekaan RI, sehingga puluhan ribu masyarakat Kabupaten Simalungun mendapatkan hiburan dari berbagai kegiatan yang dilaksanakan oleh TNI. Terkait dengan ulos yang diberikan kepada para penerjun, Bupati mengaharpakan agar selama berada di Kabupaten Simalungun para penerjun yang hadir dekat dengan daerah ini.

Bupati berharap dengan peringatan HUT Kemerdekaan RI ini, masyarakat merasa terlayani oleh Pemkab SImalungun dan masyarakat juga merasa memiliki daerah ini.