Perayaan Natal Pemkab Simalungun di Jorlang Hataran, Bupati Beri Bantuan Atlet Rosalina Simanjuntak

2019-12-11 0 comments simalungun Pemerintahan

Momen perayaan Natal, merupakan ajakan bagi masyarakat Simalungun untuk hidup bersahabat saling tolong menolong dan memperhatikan generasi muda agar terhindar dari Narkoba, kenakalan remaja dan pergaulan bebas sehingga Simalungun memiliki generasi yang unggul dan berprestasi.

Hal ini disampaikan Bupati Simalungun Dr. JR. Saragih, SH, MM pada gelaran keempat pelaksanaan Perayaan Natal Pemkab Simalungun bersama Masyarakat yang dilaksanakan di Lapangan SDN Plus Tiga Balata, Kecamatan Jorlang Hataran. Rabu (11/12).

Pada kesempatan ini, Bupati mencontohkan keberhasilan Rosalina Simanjuntak, Atlet asal Simalungun peraih medali perunggu Sea Games di Philipina pada cabang olahraga Wushu.

Menurut Bupati, saat ini Simalungun memiliki dua atlet skala nasional yaitu Jeka Saragih dan Rosalina Simanjuntak. Kesuksesan kedua atlet ini karena tidak terpengaruh pada peredaran Narkoba dan pergaulan bebas. Karenanya, Bupati berharap kepada para Orangtua untuk tetap memperhatikan tumbuh kembang anak.
"Anak juga merupakan sahabat bagi kita, untuk itu sebagai Orangtua kita harus tetap memberikan perhatian dalam tumbuh kembang anak," ujar Bupati.

Sebagai bentuk apresiasi kepada Rosalina Simanjuntak, Bupati atas nama Pemkab Simalungun memberikan bantuan sebesar 70 juta rupiah.
"Bantuan ini merupakan pemacu semangat bagi Rosalina agar semakin baik kedepannya dan dapat meraih medali emas," tambah Bupati.

Sebelumnya, Ibadah Perayaan Natal ini diawali dengan penyalaan lilin oleh Bupati Simalungun, Pengkhotbah, Ketua DPRD Simalungun, Kapolres Simalungun dan Ketua Pelaksana Natal.

Selanjutnya, Persembahan Pujian dari para Kepala OPD dan ASN Pemkab Simalungun, Koor HKBP Balata, Koor HKI Balata dan Tari-tarian serta marching band dari SD Plus Tiga Balata.

Dalam khotbahnya, Pdt. Dr. Darwin Lumbantobing, Ephorus HKBP mengangkat Firman Tuhan dari Kitab Yoh 15 : 14-15, disampaikan bahwa peristiwa Natal hendaknya dimaknai bukan hanya dengan akal tetapi dengan Iman.
"Sebab bagi Allah tidak ada yang mustahil, buka hati dan pikiran kita dan terimalah juru selamat dengan iman," ujarnya.

Ditambahkan, bahwa Tuhan menganggap umatNya sebagai sahabat dan bukan sebagai hamba, ini berarti umat memiliki peran penting bagi Tuhan.
"Seringkali manusia berlaku tidak adil dan menjadikan saudaranya menjadi hamba, tetapi dihadapan Tuhan semua kita sama dan mengangkat derajat kita menjadi sahabat-Nya," ujarnya.

Tidak ada manusia yang sempurna, begitupun baik Gereja maupun Pemerintahan, atas kondisi seperti ini menjadi dasar bagi manusia bersahabat untuk saling tolong menolong dan membantu.
"Tak perduli dimana kita berada, kita harus menjadi sahabat bagi semua orang tanpa memandang perbedaan. Satu orang musuh sudah sangat terlalu banyak, sedangkan seribu sahabat masih sangat sedikit," tambahnya.

Sebelumnya, Ketua Umum Panitia Natal Drs. Gidion Purba, M.Si dalam laporannya yang dibacakan oleh Ketua Pelaksana Natal Mixnon A Simamora menyampaikan bahwa Perayaan Natal ini bertujuan sebagai aktualisasi iman dan kasih kepada Tuhan dan sesama serta membina hubungan kasih yang harmonis pada tokoh keagamaan, juga wujud aksi berbagi kasih kepada sesama dalam suasana Natal.
"Kami sangat berterimakasih atas kepedulian Bupati Simalungun yang telah hadir dalam setiap perayaan yang dilaksanakan," ujarnya.

Pada Perayaan Natal ditempat ini, Pemkab Simalungun juga menyediakan Pasar Murah oleh Dinas Perindustrian dan Perdagangan Simalungun serta lucky draw berhadiah sepeda motor dan sepeda gunung juga hiburan oleh Artis Ibukota Maria Calista.

Tampak hadir pada acara ini, Wakil Bupati Simalungun Ir. Amran Sinaga, M.Si, Ketua DPRD Simalungun Timbul Jaya Sibarani, Kapolres Simalungun AKBP Heribertus Ompusunggu, Dandenpom I/I P. Siantar Letkol CPM Choirun, mewakili Dandim 0207/Sml,  mewakili Kajari Simalungun, anggota DPRD Simalungun, para kepala OPD dan Camat Pemkab Simalungun, tokoh masyarakat serta tamu undangan.