Perayaan Natal Pemkab Simalungun Bersama Masyarakat di Kecamatan Sidamanik.

2019-12-02 0 comments simalungun Pemerintahan

Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Simalungun melaksanakan Ibadah Perayaaan Natal bersama masyarakat yang dilaksanakan di Lapangan Sarimatondang, Kecamatan Sidamanik. Senin (02/12).

Prosesi Ibadah Natal ini diawali dengan penyalaan lilin oleh Pengkhotbah Pdt. Samuel Gozali, Bupati Simalungun Dr. JR. Saragih, SH, MM, Kapolres Simalungun AKBP Heribertus Ompusunggu, mewakili Dandim 0207/Sml, Ketua Umum Panitia Natal Simalungun Drs. Gidion Purba, Anggota DPRD Simalungun Bernard Damanik dan Tokoh Masyarakat.

Ketua Umum Panitia Natal bersama Pemerintah dan masyarakat Drs Gidion Purba menyampaikan perayaan Natal ini diharapkan dapat menjadi bentuk totalitas ketaatan terhadap Tuhan dan juga membina hubungan baik dengan tokoh agama serta sebagai momen untuk berbagi kepada sesama sebagai perwujudan ibadah.

Perayaan Natal Pemkab Simalungun bersama dengan Masyarakat ini merupakan gelaranĀ  pertama dari 6 tempat yang akan dilaksanakan dengan mengangkat Tema "Hiduplah Sebagai Sahabat Bagi Semua Orang" (Yoh 15 : 14-15) dan Sub Tema : Melalui Hikmah Natal, marilah kita mengejar apa yang mendatangkan Damai sejahtera dan yang berguna untuk saling membangun (Roma 14:19).
"Perayaan Natal ini akan dilaksanakan di Kecamatan Sidamanik, Kecamatan Raya Kahean, Kecamatan Jorlang Hataran, Kecamatan Bandar, Kecamatan Raya dan Kecamatan Silimakuta," ujar Sekda.

Pada Ibadah Natal ini, Bupati Simalungun bersama para pimpinan OPD mempersembahkan Koor yang dilanjutkan dengan persembahan Koor dari ASN Simalungun, Koor HKBP Bethesda dan Vokal Grup GKPS Sarimatondang.

Khotbah Natal yang disampaikan oleh hamba Tuhan Pdt. Samuel Gozali, Ketua Persekutuan Gereja Pantekosta wilayah Sumut dan Aceh, menyampaikan firman Tuhan yang diangkat dari Yohannes 15 : 14-15 dengan tema persahabatan. Dikatakan, bahwa persahabatan merupakan hal yang penting dalam kehidupan manusia. Persahabatan memiliki 3 unsur penting dengan melihat kisah persahabatan Daud dan Jonatan yaitu Kasih, Kesetiaan dan Komitmen.

Dalam persahabatan, ketiga unsur tersebut harus diterapkan oleh umat Kristen untuk persahabatan yang lebih baik, Kasih merupakan syarat mutlak untuk mengikat sebuah persahabatan dengan kasih Agape yakni kasih yang tidak menuntut balas.

Hal kedua adalah Kesetiaan, persahabatan harus didasari kesetiaan dengan loyalitas untuk menciptakan hubungan yang baik dalam persahabatan. Ketiga adalah komitmen, Tuhan tetap berkomitmen untuk setia kepada manusia walaupun seringkali manusia meninggalkan Tuhan dan persahabatan juga menuntut komitmen untuk dapat bertahan lama.
"Kekristenan merupakan hubungan yang dibangun dengan cinta kasih dan kesetiaan. Bangunlah persahabatan yang baik dilingkungan manapun kita berada. Dan persahabatan juga harus dibangun dengan dasar memaafkan dan mengampuni, sebab Manusia tidak ada yang sempurna, sehingga harus dibangun dengan komitmen memaafkan agar persahabatan terbina dengan baik," ujarnya.

Dalam sambutannya, Bupati Simalungun menyampaikan ucapan terimakasih pada panitia dan donatur yang telah bekerjasama melaksanakan perayaan Natal ini.

Ditambahkan Bupati, perayaan Natal ini merupakan bentuk persahabatan antara Pemerintah dan Masyarakat untuk saling bahu membahu dan bekerja bersama membangun Simalungun.
"Persahabatan yang kita miliki harus tetap kita bina untuk Simalungun lebih baik," ujar Bupati.

Anggota DPRD Simalungun Bernard Damanik dalam sambutannya menyampaikan bahwa DPRD Simalungun menyampaikan apresiasi kepada Bupati yang telah menuntaskan pembangunan infrastruktur di Kecamatan Sidamanik dan Dolok Pardamean, menurutnya persahabatan yang baik telah melahirkan berbagai pembangunan yang baik pula.
"Melalui persahabatan kita telah menunjukkan keberhasilan pemerintah dalam memberikan pelayanan bagi masyarakat," ujarnya.

Turut hadir dalam perayaan Natal ini, Wakil Bupati Simalungun Ir. Amran Sinaga, M.Si, Dandenpom I/I P. Siantar, mewakili Kajari Simalungun, para kepala OPD Pemkab Simalungun, para Camat serta tokoh Masyarakat.