Perayaan Natal Pemkab Simalungun Bersama Masyarakat di Kecamatan Raya

2019-12-12 0 comments simalungun Pemerintahan

Ribuan masyarakat Kecamatan Raya dan Para ASN larut dalam khidmat Perayaan Natal Pemkab Simalungun bersama Masyarakat yang dilaksanakan di Lapangan Simalungun City Hotel, Pamatang Raya. Kamis (12/12).

Ibadah Perayaan Natal ini diawali dengan penyalaan lilin oleh Ketua Moderamen GBKP Pdt. Agustinus P. Purba, S.Th, MA, Bupati Simalungun Dr. JR. Saragih, SH, MM, Kajari Simalungun, Gloria Sinuhaji, SH, MH, Wakil Ketua DPRD Simalungun Samrin Girsang, S.Pd, Ketua Umum Panitia Natal Drs. Gidion Purba, M.Si, mewakili Kapolres Simalungun, mewakili Dandim 0207/Sml dan tokoh masyarakat.

Dalam ibadah Natal ini, sukacita Natal ditunjukkan dengan persembahan pujian kepada Tuhan oleh Bupati dan Para Kepala OPD Pemkab Simalungun, Paduan Suara dari Kejaksaan Negeri Simalungun, Koor ASN Pemkab Simalungun, Vokal Group Seksi Bapa GKPS Raya Kota, Paduan Suara SMP Negeri 2 dan GKPS Merek Raya.

Renungan Natal yang disampaikan oleh Ketua Moderamen GBKP Pdt. Agustinus P. Purba, S.Th, MA mengangkat Firman Tuhan dari Yoh 15 : 14-15, menyampaikan falsafah "Habonaron Do Bona" yang dimiliki masyarakat Simalungun merupakan nilai Takut akan Tuhan. Aktualisasi falsafah ini adalah melaksanakan kewajiban Agama dengan baik dan benar tanpa memandang latar belakang Agamanya. 
"Kejujuran, bertanggungjawab, rela berkorban dan suka berbagi itulah makna dari Habonaron Do Bona yang harus kita jalankan sebagai masyarakat Simalungun," ujarnya.

Dikatakan selanjutnya, Tema Natal "Hiduplah Sebagai Sahabat Bagi Semua Orang" adalah  karena banyaknya gangguan toleransi keberagaman yang ada di Negara ini. Media sosial juga menjadi salah satu ancaman bagi persahabatan antar umat. Karenanya masyarakat harus bijak dalam kehidupan sosial untuk menjamin persahabatan dapat berjalan dengan baik.
"Sebagai umat Kristen, Kasih Tuhan harus kita nyatakan dengan menunjukkan kita bisa bersahabat dengan siapa saja. Tetaplah bersahabat, tak perduli jika ada yang membenci kita, karena kita memiliki Tuhan Yesus yang tetap mencintai kita," tambahnya.

Pada perayaan Natal kali ini, masyarakat juga sangat antusias menikmati hiburan oleh Artis Ibukota Maria Calista, sejumlah masyarakat ikut menari bersama mengikuti alunan lagu yang dibawakan olehnya.

Sebelumnya, Ketua Umum Panitia Natal Drs. Gidion Purba, M.Si dalam laporannya mengatakan bahwa salah satu tujuan perayaan Natal ini adalah adanya kerinduan dari Bupati dan jajaran Pemkab Simalungun untuk beribadah bersama dengan masyarakat untuk saling berbagi, bersekutu dan saling mendukung dalam persahabatan membangun kabupaten Simalungun menjadi lebih baik.
"Terimakasih atas perhatian Bupati dari mulai perencanaan hingga turut hadir pada setiap perayaan. Perayaan ini merupakan pelaksanaan kelima dan nanti akan ditutup pada pelaksanaan keenam yang direncanakan akan dilaksanakan di lapangan eks pekan Seribudolok Kecamatan Silimakuta," ujarnya.

Wakil Ketua DPRD Simalungun Samrin Girsang, S.Pd dalam sambutannya juga menyampaikan apresiasi kepada Bupati Simalungun atas terobosan dan program yang telah banyak dirasakan manfaatnya bagi masyarakat. Menurutnya, pelaksanaan kegiatan keagamaan seperti ini merupakan kegiatan yang harus tetap diprogramkan kedepannya.
"Terobosan dan inovasi yang telah banyak dilakukan oleh Bupati Simalungun harus tetap dilanjutkan untuk Simalungun yang lebih baik," ujarnya.

Bupati Simalungun Dr. JR. Saragih, SH, MM dalam sambutannya menyampaikan ucapan selamat Natal kepada masyarakat Simalungun, dan Bupati juga menyampaikan permohonan maaf jika dirinya memiliki kekurangan selama memimpin.
"Persahabatan yang kita miliki harus tetap kita pertahankan untuk saling bahu membahu dalam membangun Kabupaten Simalungun," ujar Bupati.

Selanjutnya, Bupati bersama pengkhotbah, unsur forkopimda dan ketua Panitia Natal memberikan bingkisan dan tali kasih untuk berbagi sukacita Natal kepada para Anak Yatim, Lansia, penyandang disabilitas dan para pelajar.

Tampak hadir pada perayaan Natal ini, Wakil Bupati Simalungun Ir. Amran Sinaga, M.Si, Moderamen GBKP, Kajari Simalungun Gloria Sinuhaji, SH, MH, wakil Ketua DPRD Simalungun Samrin Girsang, S.Pd, Ketua Umum Panitia Natal Drs. Gidion Purba, M.Si, mewakili Kapolres Simalungun, mewakili Dandim 0207/Sml, para kepala OPD, Camat, Kepala BNNK Simalungun, Bank Mandiri, BNI, BRI, Bank Sumut, ajaran ASN Pemkab Simalungun, tokoh masyarakat serta masyarakat Kecamatan Raya.