Perayaaan Natal Pemkab Simalungun bersama Masyarakat di Kecamatan Raya Kahean

2019-12-05 0 comments simalungun Pemerintahan

Ribuan Masyarakat Kecamatan Raya Kahean antusias menghadiri pelaksanaan Perayaaan Natal Pemkab Simalungun bersama Masyarakat yang dipusatkan di Lapangan Sambosar, Kecamatan Raya Kahean. Kamis (05/12).

Ketua Umum Panitia Natal Drs. Gidion Purba, M.Si dalam sambutannya menyampaikan apresiasi atas kepedulian dan dukungan Bupati pada perayaan Natal Tahun 2019 ini.

Menurutnya, Natal ini diharapkan menjadi suatu kekuatan dan inspirasi baru untuk bersekutu dengan Tuhan serta upaya meningkatkan keimanan secara vertikal dengan Tuhan, dan juga merupakan kerinduan dari Bupati untuk berkumpul merayakan Natal bersama masyarakatnya.
"Tema Natal kali ini "Hiduplah Sebagai Sahabat Bagi Semua Orang" (Yoh 15 : 14-15), yang berarti kita diajak untuk memelihara persahabatan di manapun kita berada," ujarnya.

Pada Ibadah Perayaan Natal ini juga ditampilkan Fragmen penciptaan oleh Anak sekolah Minggu GKPS Sambosar Raya dan Pantomim Liturgi kejatuhan Manusia dalam dosa oleh Pemuda GKPS Sambosar Raya serta persembahan pujian oleh Bupati bersama para Kepala OPD, Trio Seksi Bapa GKPS Sorba Dolog, Paduan Suara dari ASN Pemkab Simalungun dan Seksi Wanita GKPS Sambosar.

Bupati Simalungun Dr. JR. Saragih, SH, MM dalam sambutannya juga menyampaikan ucapan selamat Natal bagi masyarakat Simalungun yang merayakan. Bupati berpesan kepada masyarakat untuk tetap menjaga persatuan dan kesatuan serta memelihara persahabatan.
"Dengan persahabatan yang baik akan menciptakan kerukunan dan kedamaian. Jika daerah kita damai, maka akan menjamin pembangunan dapat berjalan dengan baik seperti yang akan dilaksanakan oleh Pemkab Simalungun yang akan segera memperbaiki jalan Bangun Raya menuju Uli Buah sepanjang 3 km," ujar Bupati yang disambut meriah oleh Masyarakat Raya Kahean.

Pada kesempatan ini, Bupati juga memberikan tali kasih kepada penyandang disabilitas, lansia, anak yatim dan anak sekolah Minggu sekaligus juga pemberian bingkisan Natal kepada Masyarakat Raya Kahean.

Renungan Natal yang disampaikan oleh Ephorus GKPS Pdt. M. Rumanja Purba, menyampaikan firman Tuhan yang diambil dari Yoh 15 :14-15. Dikatakan, Persahabatan yang benar dan tulus bukanlah persahabatan seperti di media sosial. Menurutnya, sekarang ini banyak orang memiliki pertemanan yang sangat banyak di media sosial, namun ketika dia susah, satupun temannya di media sosial tidak ada yang perduli.

Tuhan Yesus telah memberikan teladan yang baik dalam bersahabat, cinta Tuhan adalah ingin bersatu dengan manusia, sehingga bagi orang Kristen, Kristus adalah wujud sahabat yang setia dalam persahabatan yang tidak pernah melihat perbedaan.
"Peringatan Kelahiran Tuhan Yesus yang kita rayakan hari ini adalah merupakan cinta kasih kita kepada Tuhan dan momen bagi kita berbagi kasih kepada sesama," ujarnya.

Ditambahkan, bahwa Tuhan Yesus telah melalui jalan menurun meninggalkan kemuliaan di Surga untuk datang ke bumi menjadi manusia, mengalirkan cinta kasihnya agar mengalir perdamaian bagi manusia. Walaupun berbeda, tidak akan menjadi hambatan melahirkan persabatan.
"Penderitaan, ketidakadilan tidak akan terjadi jika kita saling berbagi cinta kasih kepada sesama seperti yang diajarkan oleh Tuhan Yesus. Karenanya, marilah kita menjadi sahabat untuk siapa saja bahkan kepada alam sekalipun, kita menjadi sahabat yang nyata dan itulah harapan Tuhan Yesus dalam kehidupan kita," tambahnya.

Anggota DPRD Simalungun, Erwin Saragih selaku Putra Raya Kahean juga mengapresiasi atas terpilihnya Kecamatan Raya Kahean menjadi salah satu tempat pelaksanaan Natal Pemkab Simalungun sekaligus juga atas pembangunan yang telah dilakukan di Kecamatan Raya Kahean.
"Kesatuan dan kerukunan merupakan syarat agar pembangunan di negara kita dapat berjalan dengan baik. Sahabat itu adalah satukan hati membangun Simalungun menjadi lebih baik," ujarnya.

Pada Perayaan Natal ini juga dilaksanakan pelayanan pasar murah oleh Dinas Perindustrian dan Perdagangan Simalungun dengan menyediakan paket sembako bagi masyarakat dan hadiah lucky draw berhadiah sepeda motor dan sepeda gunung serta bingkisan Natal dari Pemkab Simalungun.

Turut hadir dalam perayaan Natal ini, Kapolres Simalungun AKBP Heribertus Ompusunggu, Dandim 0207/Sml Letkol Inf Frans Kishin Panjaitan, mewakili Kajari, anggota DPRD Simalungun, Rohaniawan dan Pendeta, para kepala OPD, para Camat serta tokoh masyarakat.