Pemkab Simalungun Tepung Tawari Jamaah Calhaj

2016-09-19 0 comments simalungun Keagamaan

Calhaj Simalungun Dapat Uang Saku Rp 1,5 Juta
 
Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Simalungun menepung tawari, sebanyak 114 calon haji (calhaj) asal asal daerah itu, bertempat di halaman  Mesjid Asy Syuhada Korem 022 PT,Jalan Asahan Kecamatan Siantar, Kamis 18/08/2016.
Acara tepung tawar kepada para calhaj tersebut diawali dengan pembacaan ayat suci Al-Qur’an yang dilaksanakan oleh Nurdin Nasution dan penyerahan bale kepada Ketua Rombongan (Karom) I Rahmatulloh dan kepada Karom II Sa’imin, yang dilakukan langsung oleh Bupati Simalungun.
Selanjutnya Bupati yang didampingi Danrem 022/PT, Dandim 0207 Simalungun, Kapolres Simalungun, Mewakili Ketua DPRD Simalungun Ikhwanuddin LC menyerahkan buku kesehatan secara simbolik kepada Sami’in dan Yuni Fadriani, untuk uang saku secara simbolik diterima oleh Suparman dan Rukiati. Uang saku yang diberikan kepada masing-masing jamaah calhaj sebesar Rp 1,5 juta.
Bupati Simalungun Dr JR Saragih SH MM dalam sambutannya mengatakan, acara tepung tawar ini merupakan bentuk rasa syukur kepada Tuhan Yang Maha Kuasa dan do’a kepada para jamaah calhaj asal Kabupaten Simalungun, agar dalam melaksanakan ibadah haji berjalan dengan baik, bagitu juga keberangkatan dan kepulangan mendapatkan kesehatan dan keselamatan.
Terkait dengan uang saku yang diberikan kepada 114 calon haji, Bupati mengatakan bahwa uang saku bagi calhaj asal Kabupaten Simalungun meskipun jumlahnya tergolong tidak besar namun diharapkan bisa bermanfaat bagi yang menerima. ”Meski saat ini pemerintah daerah belum mampu memberikan dalam jumlah besar,namun saya harapkan  bisa bermanfaat bagi yang menerima serta jangan lupa mendoakan Kabupaten Simalungun,”katanya.
Bupati berharap kepada para calhaj asal Simalungun berangkat dan kembali jumlahnya tidak berkurang dan dalam kondisi sehat wal’afiat. Oleh karena itu persiapkan fisik dan mental dengan sebaik-baiknya, sehingga ibadah haji yang dilaksanakan dapat dilakukan dengan baik. “Do’akan daerah dan masyarakat agar lebih baik dimasa yang akan datang, serta do’akan Forkopimda agar tetap dalam keadaan sehat sehingga dapat memberikan pelayanan yang terbaik kepada masyarakat,”harapnya.
Sebelumnya, Kepala Staf Haji Kabupaten Simalungun Drs H Muslim MM melaporkan bahwa jamaah Calhaj asal Kabupaten Simalungun akan berangkat pada tanggal 21 Agustus 2016 menuju Asrama Haji Medan dan pada 22 Agustus 2016 menuju Tanah Suci Makkah melalui Bandara Kuala Namu Ianternational Airport (KNIA) dalam Kelompok Terbang (Kloter) 11 bersama jamaah calhaj dari Pematangsiantar, Tanjung Balai, Sibolga dan Tapanuli Tengah.
Jamaah Calhaj asal Kabupaten Simalungun yang akan berangkat terdiri dari 48 pria dan 66 wanita serta mutasi 3 orang, dengan Tim Pembimbing Haji Indonesia (TPHI) Drs Zunaidi Sitorus dan TPHD Daud Siregar, Tim Kesehatan Haji Indonesia (TKHI) Nurhati Guci Basri dan dr Amnah B Mucktar.
Dari acara tersebut dikatehui jamah calhaj tertua laki-laki Poniran (65) asal Kecamatan Dolok Batu Nanggar dan termuda Rahmatullah (48) dari kecamatan siantar. Jamaah Calhaj tertua perempuan Pinta Chairani Hasibuan (80) dari Kecamatan Siantar dan termuda Dewi Sartika Sidabalok (39) dari Kecamatan Sidamanik.
Tampak hadir dalam kesempatan itu, Anggota DPRD, Sekda, Ketua MUI, Pimpinan Pondok Persulukan Serambih Babusslam Hatonduhan, semjumlah pimpinan SKPD dan Camat dijajaran Pemkab Simalungun.