Pemkab Simalungun Sampaikan SPPT PBB-P2 Tahun 2018 Kepada Wajib Pajak

2018-03-05 0 comments simalungun Pemerintahan

Bagi Camat, UPT, Pangulu dan Lurah yang berprestasi perolehan PBB tahun 2017 diberi hadiah.

Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Simalungun menyampaikan penghargaan dan apresiasi yang tinggi kepada para camat, kepala UPT dan pangulu/lurah yang berprestasi dalam perolehan Pajak Bumi dan Bangunan (PBB) tahun 2017.

"Atas nama jajaran aparat pemerintah Kabupaten Simalungun, mengucapkan terima kasih kepada aparatur nagori yang dengan penuh kesadaran telah melaksanakan kewajibannya, memotivasi dan memberikan pelayanan pada masyarakat dan membayar PBB-P2," ujar Wakil Bupati Simalungun Ir H Amran Sinaga MSi saat menghadiri acara penyampaian Surat Pemberitahuan Pajak Terhutang (SPPT) Pajak Bumi dan Bangunan Perdesaan dan Perkotaan (PBB-P2) tahun 2018 di Aula T Djohan Garingging Simalungun City Hotel Pamatang Raya, Kabupaten Simalungun Sumatera Utara, Senin 05/03/2018.

Dikatakan, ketaatan seluruh masyarakat dalam membayar pajak merupakan bentuk kepedulian masyarakat yang sangat besar terhadap pembangunan di Kabupaten Simalungun. Namun kesadaran masyarakat dalam membayar PBB masih perlu di tingkatkan. Oleh karena itu bagi kecamatan, nagori dan juga UPT yang realisasi target PBB belum tercapai diharapkan agar meningkatkan kinerjanya. "Sebab PBB telah menjadi bagian dari pajak daerah, dan sebagai modal pembangunan dalam mewujudkan masyarakat yang lebih sejahtera," ujarnya.

Penyampaian SPPT PBB-P2 lebih awal di harapkan akan lebih mendorong para wajib pajak untuk sesegera mungkin membayar pajak. "Segeralah distribusikan SPPT PBB-P2 ini kepada wajib pajak dan pantau pembayaran PBB masyarakat sehingga dapat selesai tepat waktu sesuai dengan target yang ditetapkan," pinta Wabup.

Dalam kesempatan tersebut dihadapan para camat, UPT Badan Pendapatan dan para pangulu se-Kabupaten Simalungun, Wakil Bupati Simalungun menyampaikan bahwa target PBB-P2 sebesar Rp 26,5 milyar, sedangkan pokok ketetapan PBB-P2 yang ada saat ini sebesar Rp 26.808.479.299,-, dengan SPPT PBB-P2 sebanyak 345.688 lembar. "Saya berharap pokok PBB-P2 tahun 2018 ini dapat tercapai sepenuhnya,” kata Wakil Bupati.

Tidak dipungkiri bahwa belum semua anggota masyarakat memiliki kesadaran penuh untuk membayar pajak, apalagi tepat waktu dan tertib administrasi. Untuk dihimbau kepada seluruh wajib pajak untuk segera membayar PBB-P2 sebelum jatuh tempo pada tanggal 30 September 2018 mendatang. Pembayaran PBB sendiri dapat dilakukan di ruang pelayanan Badan Pendapatan Daerah Kabupaten Simalungun dan PT Pos Indonesia yang ada di wilayah kecamatan masing-masing.

Kepada seluruh aparatur terutama di Badan Pendapatan Daerah, untuk dapat memberikan pelayanan kepada masyarakat sebaik-baiknya. Jika ada yang mengajukan keberatan dan keringanan pajak terhutang, diharapkan dapat segera ditindak lanjuti dan diselesaikan secara arif dan bijaksana. Bagi nagori atau kelurahan yang masih menerima penitipan pembayaran kolektif PBB dari masyarakat agar amanah tersebut dilaksanakan dan disampaikan dengan sebaik-baiknya.

Sebelum Kepala Badan Pendapatan Daerah, Mixnon Andreas Simamora SIP MSi dalam laporannya menyampaikan bahwa SPPT PBB-P2 diserahkan kepada wajib pajak PBB melalui aparatur nagori, kelurahan, kecamatan, kecamatan dan Unit Pelaksana Tekhnis Badan Pendapatan Daerah untuk tahun 2018.

Kecamatan yang menerima hadiah dan penghargaan atas perolehan realisasi PBB-P2 80,03% - 96,88% tahun 2018 yakni Kecamatan Bosar Maligas, Haranggaol Horisan, Jorlang Hataran dan Raya. Untuk UPT Badan Pendapatan Daerah yakni UPT Pamatang Silimahuta (91,42%), Haranggaol Horisan (86,84%), Panei (86,73%), Raya (86,50%) dan Jawa Maraja Bah Jambi (82,78%). Sementara itu untuk nagori dan kelurahan yang menerima hadiah dan penghargaan atas perolehan realisasi PBB-P2 92,91% – 100 % tahun 2018 yakni Nagori Naga Bosar, Marubun Lokkung, Purba Tua Etetk (masing-masing 100%), buntu Turunan (94,40%), Bah Tobu (93,09%) dan Tiga Raja (92,91%). Tampak juga hadir dalam acara tersebut dari PT Pos Indonesai Persero dan dari Bank BNI.