Pemkab Simalungun Melakukan Ziarah Ke Makam Raja Marpitu

2016-08-17 0 comments simalungun Pemerintahan

Dalam rangka HUT ke-71 Kemerdekaan RI tahun 2016
Pemkab Simalungun Melakukan Ziarah Ke Makam Raja Marpitu       

Dalam rangka peringatan Hari Ulang Tahun (HUT) ke-71 Kemerdekaan Republik Indonesia (RI), Bupati Simalungun Dr JR Saragih SH MM bersama Ketua DPRD Drs Johalim Purba, Ketua Pengadilan Negeri (PN) Tiares Sirait SH MH, melaksanakan ziarahh ke Makam Raja Raya Tuan (Tn) Rondahaim Saragih Garingging, Rabu 10/08/2016.

Makam Raja Raya berlokasi di Aman Raya Kelurahan Pamatang Raya Kecamatan Raya. Sebelum melakukan ziarah, Bupati, Ketua DPRD, Ketua PN yang juga bersama SKPD dijajaran Pemkab Simalungun, bertemu dengan ahli keluarga Raja Raya untuk memohon izin melakukan ziarah ke makam raja raya.

Usai mendapat izin dari ahli keluarga, selanjutnya Bupati bersama rombongan menuju makam raja raya untuk ziarah.

Bupati Simalungun Dr JR Saragih SH MM mengatakan bahwa kegiatan ziarah dilakukan untuk menghormati para leluhur, apalagi para leluhur ini adalah pejuang. “Inikan hari kemerdekaan Republik Indonesia ke-71, maka sewajarnyalah pemerintah dan kita selaku generasi muda menghormati dan menghargai para leluhur kita, terlebih-lebih mereka adalah pejuang,”katanya.

Menurut Bupati, kegiatan ziarah yang dilakukan Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Simalungun juga untuk mengingat jasa-jasa para pejuang kemerdekaan dalam mempertahankan NKRI. “Kegiatan ini juga untuk mengingat jasa-jasa mereka (perjuang) yang begitu baik, sehingga kita bisa seperti saat ini dan diharapkan semua pelaksanaan kegiatan peringatan HUT ke-71 nantinya berjalan dengan baik,”ujarnya.

Mengingat ada tujuh raja di Kabupaten Simalungun, Bupati mengatakan bahwa ketujuh makam raja tersebut akan dikunjungi dan ziarahhi. “Kegiatan ini juga untuk memberikan contoh bagi anak-anak kita dalam menghargai dan menghormati pendahulu, leluhur dan orang tuanya,”tuturnya.

Usai melakukan ziarah ke makam Raja Raya, selanjutnya Bupati dan rombongan menuju Kecamatan Panombeian Panei untuk ziarah Makam Raja Pane Tn Bosar Sumalam Purba Dasuha. Esok hari (Kamis 11/08) dijadwalkan Bupati bersama pimpinan SKPD akan melakukan ziarah ke makam-makam raja Simalungun lain.

Ketujuh makam raja di Simalungun yakni di Kecamatan Raya makam raja raya Tn Rondahaim Saragih Garingging, di Kecamatan Panombeian Panei Makam Raja Pane Tn Bosar Sumalam Purba Dasuha, di Kecamatan Purba makam Raja Purba Pakpak, di Kecamatan Silimakuta makam raja Girsang, di Kecamatan Dolok Silou makam Raja Purba Tambak dan di Bengkalis Provinsi Riau makam raja Sangnauwaluh Damanik.