Pemkab Simalungun Gelar Upacara Peringati Hari Pahlawan

2019-11-12 0 comments simalungun Pemerintahan

Jangan pernah melupakan sejarah, kita bisa seperti sekarang ini karena perjuangan dari para pahlawan yang telah mendahului kita. Karenanya, kita harus mengisi kemerdekaan ini dengan hal-hal yang baik, menorehkan prestasi di berbagai bidang kehidupan, memberikan kemaslahatan bagi masyarakat serta membawa harum nama bangsa di mata internasional.

Hal ini disampaikan oleh Sekretaris Daerah Kabupaten Simalungun Drs Gidion Purba, mewakili Bupati Simalungun Dr JR Saragih SH MM saat memimpin upacara peringatan Hari Pahlawan Tahun 2019 yang dilaksanakan di lapangan Kantor Bupati Simalungun, Pamatang Raya, Sabtu (10/11).

Ditambahkan oleh Sekda, saat membacakan amanat tertulis Menteri Sosial RI Juliari P Batubara, setiap memperingati hari pahlawan, kita diingatkan kembali kepada peristiwa pertempuran 10 November 1945 di Surabaya sebagai salah satu momen paling bersejarah dalam merebut kemerdekaan Indonesia.

Pada pertempuran tersebut rakyat bersatu padu, berjuang, pantang menyerah melawan penjajah yang ingin menancapkan kembali kekuasaannya di Indonesia.
"Peristiwa Perang mengingatkan kita bahwa kemerdekaan yang kita rasakan saat ini tidaklah datang begitu saja, memerlukan perjuangan dan pengorbanan yang luar biasa dari para pendahulu negeri," ujarnya.

Semangat yang ditunjukkan para pahlawan dan pejuang tersebut, hendaknya perlu terus ditumbuhkembangkan di dalam hati sanubari segenap insan Warga Negara Indonesia.
"Dengan Peringatan Hari Pahlawan diharapkan kita akan lebih menghargai jasa dan pengorbanan para pahlawan," sebutnya.

Ditambahkan, dengan peringatan hari pahlawan kita bangkitkan semangat berinovasi bagi anak-anak bangsa untuk menjadi pahlawan masa kini, sebagaimana tema peringatan hari pahlawan kali ini "Aku Pahlawan Masa Kini".
"Jangan biarkan negeri kita terkoyak, tercerai berai, terprovokasi untuk saling menghasut dan berkonflik satu sama lain. Peringatan Hari Pahlawan kiranya dapat meningkatkan kesadaran kita untuk lebih mencintai tanah air dan menjaganya sampai akhir hayat," tambahnya.

Tampak hadir dalam Upacara ini, Kapolres Simalungun AKBP Heribertus Ompusunggu, mewakili Dandim O207/Sml, jajaran Pimpinan Organisasi Perangkat Daerah (OPD) Simalungun, Aparatur Negeri Sipil (ASN) Pemkab Simalungun, jajaran Polres Simalungun, jajaran Kodim 0207/Sml serta Legiun Veteran.