Pemkab Simalungun Gelar Acara Pisah Sambut Kapolres Simalungun

2017-04-10 0 comments simalungun Pemerintahan

Bupati Simalungun: “Pintu saya selalu terbuka 24 jam dalam melakukan kerjasama demi pelayanan kepada masyarakat”
 
Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Simalungun menggelar acara pisah sambut Kapolres Simalungun di Gedung T Johan Garingging Hapoltakan, Pamatang Raya, Kamis 05/04/2017. Dengan digelarnya acara pisah sambut tersebut jabatan Kapolres Simalungun kini di pegang oleh  AKBP Marudut Liberti Panjaitan SIK MH, yang sebelumnya di jabat oleh AKBP Yofie Girianto Putro SIK yang kini bertugas sebagai Irwasda di Polda Sumatera Utara.

Acara pisah sambut Kapolres tersebut ditandai dengan pemakaian pakaian adat Simalungun kepada AKBP Yofie Girianto Putro SIK dan istri oleh pemangku adat Simalungun (DPP PMS) disaksikan oleh Bupati Simalungun Dr JR Saragih SH MM. Kepada Kapolres Simalungun yang baru AKBP Marudut Liberti Panjaitan SIK MH didampingi istri oleh Bupati Simalungun disematkan hio pamotting.
Diacara itu, AKBP Yofie Girianto Putro SIK didampingi istri dan putra putrinya menyampaikan ucapan terima kasih kepada Forum Koordinasi Pmpinan Daerah (Forkopimda) dan seluruh masyarakat Simalungun yang telah memberikan dukungannya selama menjabat menjadi Kapolres di daerah yang berpalsafah Habonaron Do Bona itu.

Menurut Yofie, selama menjabat lebih kurang satu tahun delapan bulan, dirinya merasa seluruh masyarakat Kabupaten Simalungun telah memberikan dukungan dan memiliki rasa kesatuan dalam membangun Kabupaten Simalungun. "Puji syukur selama saya menjabat, tidak ada yang bermasalah. Hal itu karena adanya rasa kesatuan tercipta dutengah-tengah masyarakat. Tanpa ada kerjasama yang baik, mungkin tidak ada rasa kesatuan dan bahu membahu dalam mempererat kinerja di Kepolisian," ucapnya.

Sementara itu, Kapolres Simalungun yang baru AKBP Marudut Liberti Panjaitan mengatakan di era kepemimpinan dirinya, ia mengharapkan bimbingan, arahan dan masukan serta kerjasamanya dalam melaksanakan tugas pelayanan kepada masyarakat.

Dalam melakukan kinerja, Marudut mengatakan bahwa, lebih mengutamakan meningkatkan pelayanan kepada masyarakat. Kepada jajarannya, dia berharap untuk memberikan pelayanan semaksimal mungkin kepada masyarakat. "Sekecil apapun permasalahan ditengah-tengah masyarakat haru segera ditangani. Saya akan memperkuat jaringan kerjasama dengan masyarakat dan wartawan yang ada di Kabupaten Simalungun,” ujarnya kelahiran Simalungun itu.
Bupati Simalungun Dr JR Saragih SH MM dalam sambutannya mengutarakan, selama menjabat sudah ada empat kali terjadi pergantian Kapolres. Baginya, petinggi Kapolres boleh saja berganti tetapi Polres di Simalungun tidak boleh berganti karena sifatnya adalah membantu pemerintah dalam penegakan hukum ditengah-tengah masyarakat Simalungun.

Dikatakan, terobosan Kapolres yang lama dalam mengambil kebijakan khususnya dalam memajukan Danau Toba telah mengeluarkan kesepakatan bersama demi mendukung kebijakan pemerintah dalam menghidupkan Danau Toba, dan juga dalam mendukung percepatan pembangunan di Simalungun.
"Kami selalu bergandeng tangan demi yang terbaik. Segala permasalahan selalu diatasi secara bersama-sama, melalui komunikasi dan koordinasi, baik antara Kapolres dengan camat, Kapolres dengan Dandim. Oleh karenanya ini bukan lah perpisahan tetapi lebih mengantar Yofie ke Polda Sumatera Utara," tuturnya.

Dalam kesempatan itu, Bupati memberikan apresiasi kepada AKBP. Yofie Girianto Putro untuk selalu menjadi terbaik di mana pun bertugas. Hal ini juga diutarakan untuk Kapolres yang baru, yang telah lama ditunggu masyarakat dan kini telah terwujud, Polres Simalungun dipimpin oleh putra daerah. Untuk itu lakukan kerjasama yang baik untuk kemajuan Kabupaten Simalungun.
"Semua yang ada di Simalungun merupakan bagian keluarga. Jangan melihat agama, suku maupun budaya tapi lakukanlah yang terbaik demi kemajuan Simalungun. Pintu saya selalu terbuka 24 jam dalam melakukan kerjasama demi pelayanan kepada masyarakat," tandas Bupati.

Diacara yang dihadiri oleh Fokopimda, staf ahli bupati, para asisten, pimpinan SKPD, para perwira dan anggota dijajaran Polres Simalungun, tokoh agama, tokoh adat, pengurus TP PKK Simalungun, pengurus Bhayangkari, OKP, camat dan pangulu, Bupati Simalungun mendapat lukisan dari AKBP Yofie Girianto Putro SIK sebagai cindera mata, begitupula sebaliknya Bupati juga memberikan cinderamata berupa plakat Kabupaten Simalungun. 

Selain Bupati Simalungun AKBP Yofie Girianto Putro SIK juga menyerahkan lukisan kepada Dandim 0207 Simalungun, Kajari Simalungun, Ketua PN Simalungun, Danrem 022 Pantai Timur, Danrindam I/BB, Dandenpom I/1 Pematangsiantar, Ketua DPRD Simalungun.