Pemkab Simalungun Berangkatkan Tim Yongmoodo ke Bandung

2016-09-19 0 comments simalungun

Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Simalungun memberangkatkan tim Yongmoodo untuk mengikuti pembukaan Pekan Olahraga Nasional (PON) ke XIX di Bandung Jawa barat tahun 2016 yang dijadwalkan pada 22 September 2016.

Pemberangkat Tim Yongmoodo bersama official dan pendamping serta pembina yang berjumlah 150 orang itu, langsung dilakukan oleh Bupati Simalungun diwakili oleh Sekda Drs Gidion Purba MSi dari halaman Kantor Bupati Simalungun Pamatang Raya, Jum’at 16/09/2016.

Tim Yongmoodo yang diberangkatkan tersebut terdiri dari siswa/i SMA Plus dan SMK Plus Kesehatan Efarina Kabupaten Simalungun yang terpilih mewakili pelajar se-Indonesia. Dijadwalkan mereka akan melakukan demonstrasi/exsibisi pada pembukaan PON ke XIX tahun 2016 di Bandung.

Hadir dalam kesempatan tersebut, mewakili Dandim 0207 Simalungun, mewakili Kapolres Simalungun, Anggota DPRD, pimpinan SKPD dijajaran Pemkab SImalungun, kepala UPTD, pengawas dan kepala sekolah, pengurus KONI Simalungun, para siswa/i Tim Yongmoodo SMA Plus/SMK Plus Kesehatan Efarina sera para pelajar lainya.

Bupati Simalungun dalam sambutan tertulisnya yang dibacakan oleh Sekda Drs Gidion Purba MSi menyampaikan terima kasih dan apresiasi kepada yayasan pendidikan Efarina yang telah membina siswa/i-nya dengan baik di cabang bela diri Yongmoodo sehingga terpilih untuk melakukan demostrasi/exibisi pada pembukaan PON ke-XIX di Bandung mendatang.

Ini merupakan kebanggaan bagi masyarakat dan daerah Kabupaten Simalungun, karena untuk pertama kalinya pelajar dari daerah Simalungun  menjadi utusan mewakili pelajar se-Indonesia pada event nasional yang akan disaksikan langsung oleg Presiden RI Ir Joko Widodo serta para menteri dan Gubernur se-Indonesia.
Dikatakan, Kepercayaan kepada tim dan sekolah ini akan menjadi sejarah baru bagi Simalungun dan ini dapat dicapai atas kesungguhan dan kerja keras sekolah dalam melakukan pembinaan terhadap siswa-nya. Untuk itu prestasi seperti ini agar terus dilanjutkan.

“Tunjukkanlah yang terbaik pada pembukaan PON ke-XIX di Bandung. Karena penampilan atau atraksi tersebut bukan hanya atas nama sekolah, akan tetapi mambawa nama Kabupaten Simalungun dan Sumatera Utara bahkan seluruh pelajar se-Indonesia,”ujar Bupati dalam sambutan tertulisnya itu.

“Meskipun olahraga Yongmoodo ini berasal dari Negara luar, namun dari segi kesehatan dan keterampilan ini sangat bagus sekali. Oleh karena itu, meskipun pada PON kali ini hanya ditampilkan dalam exibisi, namun pada  PON mendatang diharapkan olahraga dari cabang ini ikut ditampilkan dan dalam KONI juga akan dicantumkan sebagai salah satu cabang olahraga resmi,” ujar Gidion usai melepas Tim Yongmoodo kepada wartawan.

Sementara itu, Ketua KONI Simalungun Bambang K Wahyono mengatakan bahwa dalam PON ke-XIX di Bandung, Kabupaten Simalungun mengirimkan atlitnya dalam cabang wushu atas nama Rosalina Simanjutak. “Kita berharap atlit kita ini mendapat prestasi yang terbaik pada PON ini,”ujarnya.

Terkait dengan dengan olahraga Yongmoodo, Bambang senada dengan Sekda Kabupaten Simalungun, agar olahraga Yongmoodo dapat menjadi salah satu cabang olahraga yang dipertanding pada PON mendatang. “Kita juga akan memasukkan olahraga ini dalam salah satu cabang olahraga di KONI,”katanya.