Pemkab Simalungun Adakan Kegiatan Gerak Jalan Sehat Wisata Simalungun Tahun 2016

2016-09-19 0 comments simalungun Pemerintahan

Dalam rangka memperkenalkan Danau Toba kepada masyarakat luas sekaligus memeriahkan HUT ke-71 Kemerdekaan RI tahun 2016, Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Simalungun melaksanakan kegiatan gerak jalan sehat wisata Simalungun tahun 2016 yang dipusatkan di Pantai Bebas Danau Toba Simalungun, Sabtu 27/08/2016.

Kegiatan gerak jalan sehat wisata Simalungun tahun 2016 tersebut dilepas secara langsung oleh Bupati Simalungun Dr JR Saragih SH MM didampingi Ketua DPRD Simalungun, mewakili Dan Rindam, Dandim 0207 Simalungun, Wakapolres Simalungun dari Patai Bebas Danau Toba.

 Gerak jalan sehat wisata Simalungun menempuh jarak sekitar 5 Km diikuti oleh ribuan massa dari kecamatan se-Kabupaten Simalungun, termasuk Bupati Simalungun, Ketua dan  Anggota DPRD, mewakili Dan Rindam, Dandim 0207 Simalungun, Wakapolres Simalungun, staf Ahli Bupati, Asisten, para pimpinan SKPD dan Camat se-Kabupaten Simalungun serta pelajar. Kepada masing-masing peserta diberi kupon lucky draw yang akan diundi setelah kegiatan jalan sehat usai.

“Ini sengaja kita gelar di Danau Toba, untuk lebih memperkenalkan daerah wisata ini kepada masyarakat terutama bagi para pelajar, mereka dapat melihat dan menikmati secara langsung keindahan Danau Toba. Dan kegiatan ini juga dalam rangka memeriahkan HUT ke-71 Kemerdekaan RI,”kata Bupati kepada wartawan dari berbagai media cetak dan elektronik se-usai pelaksanaan kegiatan itu.

 Menurut Bupati, kegiatan ini dinamakan gerak jalan sehat, sebab kesehatan merupakan kunci meraih cita-cita. “Di Simalungun, kesehatan itu nomor satu, karena kesehatan kunci meraih cita-cita. Jadi apapun yang kita kerjakan, kita harus sehat,”ujarnya.

 Bupati Simalungun berharap, kegiatan ini tidak hanya dilaksanakan di Kota Parapat saja, namun dapat juga dilaksanakan di kecamatan maupun nagori, sehingga kegiatan ini dapat bermanfaat bagi kesehatan masyarakat. “Kegiatan ini kita jadwalkan terlaksana tiga bulan sekali. Dan kita berharap kegiatan seperti ini juga dilaksanakan di nagori maupun di kecamatan, sehingga bermanfaat bagi kesehatan kita,”ajaknya.

Kepada masyarakat sekitar Danau Toba, Bupati berharap untuk menjaga kebersihan dan keamanan, sehingga budaya dan kultur sebagai suku Simalungun yang berfalsafah Habonaron Do Bona, saling menghargai satu sama lain dapat lebih dikenal. Kedepan kawasan Danau Toba akan ditata kembali, termasuk penataan taman, tempat bermain, sehingga jika wisatawan datang tidak jenuh, tidak hanya melihat pantai, tapi mereka juga dapat menikmati lokasi wisata yang lain.

“Seperti Pantai Bebas ini, sudah kita tata kembali, selanjutnya kami (Pemkab Simalungun) juga akan menata taman, tempat bermain. Sehingga Danau Toba ini tidak jenuh. Hal ini bertujuan untuk meningkatkan pendapatan masyarakat, tidak hanya di Parapat tapi masyarakat di kawasan Danau Toba,”paparnya.

Kegiatan gerak jalan sehat wisata Simalungun tahun 2016 diakhiri dengan pengundian lucky draw, dengan hadiah utama 1 unit kenderaan roda dua, TV, Kipas Angin dan banyak lagi hadiah-hadian menarik lainnya, dan hiburan yang diisi oleh artis-artis daerah Simalungun serta Susi KDI. Dalam kesempatan itu, Bupati Simalungun memberikan kesempatan kepada para pelajar untuk menikmati keliling wisata Danau Toba dengan menggunakan 20 unit kapal penumpang yang biayanya di bayarkan oleh Bupati Simalungun.