Paskibraka Kabupaten Simalungun Tahun 2016 Dikukuhkan

2016-08-17 0 comments simalungun Pemerintahan

Bupati: Bagi saya, bendera Merah Putih adalah darah saya

Melalui upacara nasional, di Gedung Auditorium T Djhan Garingging Pamatang Raya, Pasukan Pengibar Bendera Pusaka (Paskibraka) Kabupaten Simalungun dikukuhkan oleh Bupati Simalungun Dr JR saragih SH MM yang bertindak sebagai pembina upacara dan sebagai pemimpin upacara Albert D Girsang (salah seorang anggota Paskibraka dari SMA Negeri 1 Raya), Selasa 16/08/2016.

Mengawali upacara pengukuhan Pasukan Paskibraka, dilaksanakan pembacaan pengantar pengukuhan dan ikrar putra putri Indonesia calon Paskibraka Kabupaten Simalungun tahun 2016, yang dilanjutkan dengan pemasangan pin Merah Putih dan Kendik oleh Bupati Simalungun secara simbolik kepada pemimpin upacara Albert D Girsang.

Kepada masing-masing anggota Paskibraka, pemasangan Pin dan Kendit selanjutnya dilakukan oleh Ketua DPRD Simalungun, Danrem 022/PT, Danrindam I/BB, Dandim 0207 Simalungun, Kapolres Simalungun, Dan Denpom I/1 Pematangsiantar, para asisten dan pimpinan SKPD di jajaran Pemkab SImalungun.

Pasukan Paskibraka yang dikukuhkan terdiri dari siswa-i SLTA dari berbagai sekolah di Kabupaten Simalungun yang telah diseleksi oleh Pemkab Simalungun, nantinya akan melaksanakan tugas mengibarkan Bendera Merah Putih pada upacara peringatakan detik-detik proklamasi kemerdekaan Republik Indonesia ke-71 tahun 2016 Kabupaten Simalungun yang didampingi oleh anggota TNI dari Yonif 126/KC. Upacara kenegaraan itu dipusatkan di Halaman Kantor Bupati Simalungun pada 17 Agustus 2016.

Bupati Simalungun Dr JR Sargih SH MM dalam amanatnya berpesan kepada pasukan Paskibraka untuk melaksanakan tugas dengan baik. “Kegagalan dan kebersilan menggerek mengibarkan bendera ada di tanganmu, karena kalianlah penampilan terindah pada saat upacara nantinya. Untuk itu laksanakan tugas dengan baik dan penuh tanggungjawab ,”ujarnya.

“Bagi saya, bendera Merah Putih adalah darah saya. Saya bisa berdiri disini karena sang Merah Putih, kalau tidak saya tidak berada disini. Oleh karena itu, jadikanlah diri kalian mencintai sang Merah Putih,”tandas Bupati sembari memberikan motivasi kepada pasukan Paskibraka untuk tetap semangat dalam melaksanakan tugas.

Tampak hadir dalam kesempatan itu, para orang tua pasukan Paskibra, para Purna Paskibraka Kabupaten Simalungun, pelatih Paskibraka dan undangan lainnya.