Pasien Positif Covid-19 Hasil Pemeriksaan Swab Bertambah 12 Orang di Simalungun

2020-06-27 0 comments simalungun Pemerintahan

Update data penanganan Corona Virus Disease (Covid-19) Kabupaten Simalungun, tertanggal 14 Juni 2020 pukul 08.00 wib mencatatkan penambahan pasien positif Covid-19 sebanyak 12 orang, sehingga total pasien Covid-19 yang dirawat menjadi 21 orang, 16 orang dinyatakan sembuh dan 1 orang meninggal. Sampai dengan hari ini, akumulasi total kasus Positif Covid-19 di Kabupaten Simalungun bertambah menjadi 38 orang.

Ketua Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid-19 Kabupaten Simalungun Dr. JR. Saragih, SH, MM melalui humas gugus, Akmal Siregar menyampaikan, penambahan pasien Covid-19 terjadi di 4 Kecamatan berbeda. Yang pertama di wilayah Kecamatan Bandar Huluan, penambahan pasien di wilayah ini merupakan hasil tindakan kerja cepat tim medis beserta satuan gugus tugas Kecamatan Bandar Huluan bersama TNI dan Polri, guna menindaklanjuti perintah ketua gugus tugas.

Pasca diumumkannya 2 pasien positif Covid-19 pada beberapa waktu yang lalu. Camat Bandar Huluan, Dra. Masrah menyampaikan, setelah diumumkannya 2 orang warga Bandar Huluan positif Covid-19, pihak Kecamatan bersama Danramil dan Kapolsek beserta jajaran Puskesmas, mengunjungi alamat pasien, guna melakukan edukasi penanganan protokol Covid-19, penyemprotan disinfektan dan melakukan rapid test kepada keluarga dan warga sekitar yang terduga terpapar, guna memutus rantai penyebaran Covid-19.

Kepala Dinas Kesehatan, dr. Lidia Saragih, menyampaikan dari hasil pemeriksaan, 16 orang dinyatakan reaktif rapid test. Kemudian dilakukan uji swab dan 9 orang telah keluar hasilnya dan dinyatakan positif Covid-19, dan 7 orang lagi masih menunggu proses swabnya.

Selanjutnya, dari keseluruhan pasien ini, telah memperoleh penanganan dan perawatan di RSUD Perdagangan, pada hari Sabtu tanggal 13/06/2020.

Keseluruhan pasien positif Covid-19 berasal dari Tanjung Hataran, terdiri dari 5 orang laki-laki dan 4 perempuan. Pasien tertua berumur 68 tahun, dan salah satunya merupakan remaja berumur 13 tahun, ini merupakan pasien kedua remaja, setelah kemarin telah sembuh berumur 11 tahun dan telah pulang, warga Kecamatan Tanah Jawa.

Ditambahkan oleh Kadis Kesehatan, bahwa hasil pemeriksaan ini dikeluarkan oleh Laboratorium Swab RSUD Perdagangan dengan Test Cepat Molekuler (TCM).
"Kita bersyukur telah memiliki alat uji ini, sehingga membantu mempercepat penanganan pasien Covid-19 di Simalungun," ujarnya.

Sedangkan penambahan dari Kecamatan berbeda, yaitu 1 orang pasien laki laki berumur 26 tahun, asal Kecamatan Jawa Maraja Bah Jambi, pasien ini merupakan PDP yang sudah dirawat di RSU Darurat Fasilitas Khusus Covid-19 Batu 20, sejak 11/06 yang lalu.

Salah seorang lagi, warga Kecamatan Tapian Dolok, Laki-laki, umur 46 tahun, telah memperoleh penanganan di RSU Murni teguh, Medan sejak tanggal 12/06 yang lalu.

Pasien berikutnya merupakan warga Kecamatan Girsang Sipangan Bolon, seorang perempuan, berusia 56 tahun, dan merupakan pasien PDP yang telah memperoleh penanganan dan perawatan sejak tanggal 05/06 di RSU Parapat.

Ditambahkan oleh Humas gugus tugas bahwa Ketua Gugus Tugas sudah memerintahkan kepada Dinas Kesehatan dan satuan tugas di Kecamatan Jawa Maraja Bah Jambi, Kecamatan Tapian Dolok serta Kecamatan Girsang Sipangan Bolon untuk melakukan tracking kembali di area wilayah tempat tinggal masing-masing dan keluarga inti pasien, guna memastikan memutus penyebaran Covid-19.
"Berikan kami doa dan kepercayaan, warga yang positif ini kami berikan pelayanan secara maksimal. Masyarakat tidak perlu panik, kewaspadaan dan ketaatan melaksanakan protokol kesehatan tetap harus kita tingkatkan," ujarnya.