MHN PMS Nobatkan Dr. JR Saragih SH MM Sebagai Ketua Umum DPP Presidium PMS Masa Bhakti 2016-2021

2016-07-31 0 comments simalungun

Majelis  Hapartuanon Nabolon (MHN) Partuha Maujana Simalungun (PMS) melaksanakan acara Patampei Sihilap kepada Dr JR Saragih SH MM sebagai ketua umum Dewan Pimpinan Pusat (DPP) Presidium PMS masa bhakti 2016-2021 oleh, bertempat di Auditorium T Johan Garingging, Pamatang Raya, Sabtu 23/07/2016. 

Patampei Sihilap merupakan tradisi adat Simalungun dilaksanakan dalam rangka penobatan atau penabalan seorang pimpinan yang dulunya ditujukan kepada seorang raja, tuan dan pimpinan lembaga adat. Patampei Sihilap yang dilaksanakan oleh MHN merupakan hasil dari Harungguan Bolon yang dilaksanakan pada 21-23 Juli 2016. Dalam acara tersebut digelar berbagai kegiatan adat Simalungun dimulai dengan maranggir, mengantarkan parapa pengurus DPP Presidium PMS yang akan dikukuhkan (Prosesi) ke lokasi acara, mangusei Ketua Presidium PMS oleh seksi adat, mar mangmang, Patampei sihilap, mangan bersama dan komitment bersama yang dikukuhkan dalam manghorasi diiringi tor-tor haroan bolon. 

Acara tersebut diawali dengan menyanyikan lagu Kebangsaan Indonesia Raya yang dilanjutkan dengan hening cipta yang di pimpin oleh Bupati Simalungun Dr Jr Saragih SH MM. kemudian menyanyikan hymne Habonaron Do Bona. Patampei Sihilap juga ditandai dengan penyerahan pataka DPP Presidium PMS oleh MHN kepada Ketua Umum DPP Presidium PMS periode 2016-2021.

Majelis Hapartuanon Nabolon (MHN) Prof Dr Bungaran Saragih dalam sambutan mengatakan, orang Simalungun sangat teguh dengan budaya dan salah satu suku di Indonesia sekaligus warga dunia. Oleh karena itu mari perkokoh persatuan dan kesatuan untuk kemajuan Simalungun baik secara dunia, nasional dan lokal.

Dari segi filsafat, paradigma orang Simalungun sudah baik. Untuk itu Bungaran kembali mengajak kepada warga Simalungun untuk menguatkan akar budaya, memperkuat sayap sehingga dapat terbang kemana-mana tanpa kehilangan jati diri. “Orang Simalungun jangan berkarir di daerah saja, tapi mari siapkan dirimu pada level gubernur dan nasional,”tutur Bungaran.

Bungaran juga meminta kepada MHN untuk menjadi sarana bagi masyarakat Simalungun untuk menguatkan akarnya dalam adat dan kebudayaan sehingga mampu berpartisipasi di NKRI yang sama-sama kita bangun dalam bentuk Bhineka Tunggal Ika. “Mari kita isi Bhineka Tunggal Ika itu secara positif, baik dan konstruktif dan kita bantu pengurus DPP Presidium PMS demi kebaikan Simalungun dan kejayaan NKRI yang ber-Bhineka Tunggal Ika,”ajaknya.

“Kita ini adalah organisasi adat dan budaya, bukan organisasi politikmaupun bisnis dan bukan pemerintahan, karena hal itu tidak memberikan kebaikan kepada masyarakat. Marilah kita gali kemampuan, saling belajar, rendah hati, tidak emosional sehingga orang Simalungun dapat lebih maju dan turut mewarnai pembangunan bangsa dan Negara.

Kepada kepengurusan yang baru, Mantan Menteri Pertanian itu meminta untuk menghidupkan kepengurusan cabang, karena kekuatan PMS ada di kepengurusan cabang bukan hanya di pusat. “Kalau hanya hanya PMS pusat saja yang bergerak kita tidak akan maju, tapi kalau cabang-cabang bergerak yang di fasilitasi pusat maka PMS akan berkembang pada masa-masa yang akan datang,”ujarnya.

Ketua Umum DPP Presidium PMS periode 2016-2021 Dr JR Saragih SH MM, dalam sambutannya mengajak seluruh pengurus DPP Presidium PMS untuk sama-sama bekerja membangun Kabupaten Simalungun termasuk para pelajar SMP Plus PMS. “Mari sama-sama kita bangun bangsa dan Negara kita. Karena orang Simalungun adalah orang Indonesia,”ujarnya.

Dalam sambutannya itu, Dr JR Saragih SH MM mengharapkan kepada masyarakat untuk memberikan dukungan dan do’a, karena dirinya akan memberikan yang terbaik untuk Kabupaten Simalungun. Kepada para siswa SMA Plus PMS diharapkan untuk bangkit dan lebih giat belajar, jadikanlah SMA Plus ini menjadi anak-anak Simalungun.

Sebelumnya mewakili FKPD, Kol Inf Gabriel Lema (Danrem 022/PT) menyampaikan selamat kepada pengurus DPP Presidium PMS yang dilantik untuk periode 2016-2021, diharapkan akan memberikan peningkatan budaya, dan bukan hanya sekedar budaya namun dapat juga  meningkatakn masyarakat Simalungun dalam rangka memberikan aspek pembangunan di wilayah Republik Indonesia.  

Kepada seluruh masyarakat, Danrem 022/PT mengajak untuk memperkokoh dan mempererat kekuatan bahwa budaya bisa menjadi kekuatan yang dasyat di Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI) dalam meraih cita-cita bangsa dan Negara.

Tampak hadir dalam acara tersebut, Danrem 022/PT, mewakili Danrindam I/BB, Dandim 0207 Simalungun, Ketua PN, mewakili Kapolres, para anggota DPRD Simalungun, Sekjend GKPS, anggota MHN, sekda, para pimpinan SKPD di jajaran Pemkab Simalungun, para pengurus DPC PMS, siswa/I SMA Plus PMS Pamatang Raya, para tamu dan undangan lainnya. 

Kepengurusan DPP Presidium PMS periode 2016-2021 terdiri dari Ketua Umum Dr JR Saragih SH MM, Wakil Ketua Umum Dr Anton Saragih dan dibantu 12 ketua yang membawahi departemen dan humas informasi dan komunikasi, Sekretaris Jendral : Djapaten Purba BME dibantu 11 orang sekretaris, Bendahara Umum Drs Johalim Purba dibantu 11 orang bendahara. Depatemen terdiri dari: Departemen adat, Departemen tortor, doding dan hagualon, Departemen aksara dan bahasa simalungun, Departemen ornamen/uhir Simalungun, Departemen pakaian adat dan parhiouan Simalungun, Departemen kuliner/makanan dan obat Simalungun, Departemen sejarah, Departemen Olahraga Tradisional, Departemen Hukum Tanah Wilayat, Departemen Litbang dan Sumber Daya Manusia, Departemen pendidikan dan Pembangunan, Humas Informasi dan Komunikasi.