Menteri BUMN Hadiri Hari Ulang Tahun BUMN di Kota Parapat

2016-07-20 0 comments simalungun Pemerintahan

-       Ajak BUMN Membangun Danau Toba

-       Parapat Sangat Baik Untuk Wisatawan

BUMN se-Indonesia melaksanakan hari ulang tahunnya yang dipusatkan di Open Stage Kota Parapat Kecamatan Girsang Sipangan Kabupaten Simalungun. Kegiatan tersebut dihadiri oleh Menteri Negara BUMN (Badan Usaha Milik Negara) Rini Soemarni dan para pimpinan BUMN, Sabtu 28/05/2016.

Dalam rangka hari ulang tahun tersebut, BUMN melaksanakan berbagai kegiatan diantaranya gerak jalan sehat, pemberian CSR (Coorporate Social Responcibility) kepada masyarakat dan penanaman bibit pohon penghijauan di kawasan Danau Toba.

Dikota Parapat, Meneteri BUMN didampingi Bupati Simalungun Dr JR Saragih dan para pimpinan BUMN menyambangi pesanggrahan Bung Karno saat melakukan gerak jalan sehat, sekaligus melihat foto-foto sejarah Bung Karno yang pernah berada di pesanggrahan tersebut. Menteri BUMN bersama Bupati Simalungun dan para pimpinan BUMN juga melihat objek wisata bersejarah Batu Gantung.

Bupati Simalungun Dr JR Saragih SH MM menyampaikan terimakasih kepada Menteri BUMN yang telah membawa rekan-rekan dari BUMN ke Danau Toba dan memberikan CSR kepada masyarakat yang  ada di kawasan Danau Toba.

Terkait  dengan program pengembangan untuk kemajuan kawasan Danau Toba, Bupati mengatakan bahwa Menteri BUMN sangat mendukung. Oleh karena itu Pemkab Simalungun akan berkoordinasi dengan BUMN yang ada daerah ini dan CSR natinya akan diarahkan untuk kemajuan Danau Toba serta masyarakat sekitar Danau Toba mendukung program pemerintah untuk kemajuan Danau Toba, yang penting mereka (masyarakat) menikmati hasil dari program tersebut.

 “Mari kita bersama-sama bergandengan tangan membangun kawasan Danau Toba, termasuk wartawan untuk membantu mensosialisasikan kepada masyarakat bahwa kita membangun Danau Toba bukan untuk kepentingan pribadi, akan tetapi untuk kemajuan bersama sehingga Danau Toba dapat hidup kembali masa-masa kejayaannya seperti dulu,”tutur Bupati.

Untuk mendukung pembangunan Monumen Bung Karno yang direncanakan akan di bangun di depan pesanggrahan Bung Karno di Parapat dan menghadap Danau Toba, Bupati Simalungun mengatakan bahwa Pemkab Simalungun sangat mendukung pembangunan tersebut. “Pemkab Simalungun sangat mendukung atas pembangunan Monumen Bung Karno tersebut,”ujarnya.

Menteri BUMN RI Rini Soemarno mengaharapkan kepada BUMN melakukan perbaikan tempat-tempat bersejarah sehingga dapat dijadikan sebagai objek wisata, itu juga diharapkan dapar meningkatkan usaha-usaha BUMN sendiri. “Disinikan (Parapat) ada Inna Hotel, Patra Jasa dan PTPN. Tadi sudah kita koordinasikan dengan PT Garuda dan PTPN III. PTPN III-kan membawahi seluruh PTPN-PTPN, kedepannya bias kita koordinakan bersama, terus juga Pelni dan Pelindo I Belawan, diharapkan wisatawan yang datang dapat diarahkan ke Danau Toba,”katanya.

Menyinggung tentang pembangunan monumen Bung Karno, Menteri Negara BUMN RI mengatakan ini tempat sejarah yang diharapkan dapat menjadi daya tarik tersediri untuk Danau Toba bagi masyarakat Indonesia. “Bung Karno-kan sebagai ploklamator bagi bangsa Indonesia dan program pembangunannya sudah lama, jadi kami minta kepada PTPN III agar dapat merealisasikan, mudaha-mudahan sebelum berakhir tahun 2017 sudah terealisasi pembangunannya,”katanya.

Disamping itu, Menteri juga menyampaikan apresiasi kepada BUMN-BUMN yang telah memberikan sebagian hasil perusahaannya untuk masyarakat melalui CSR. “Ini merupakan bentuk kepedulian BUMN kepada masyarakat Indonesia,”katanya.

Dikatakan, kehadiran para BUMN ke Danau Toba diharapkan tidak hanya memperkenalkan Danau Toba kepada masyarakat luar, akan tetapi bagaimana mendorong peningkatan wisatawan agar mau datang ke Danau Toba di Kota Parapat. ”Kita punya motto yang kata-katanya sinergi BUMN untuk membangun negeri. Jadi kita hadir untuk negeri,”tandasnya.

Menteri juga mengajak kepada para BUMN bersama-sama bekerja keras membangun Danau Toba. Karena daerah ini sangat baik untuk dapat dikebangkan dan terus kita kumandangkan bahwa daerah ini sangat menarik untuk wisatawan. Tetapi masih banyak hal-hal yang perlu kita perbaiki. “Atas nama Bupati dan Walikota mari kita sama-sama memperbaiki keadaan Parapat ini lebih menarik  dan bisa menjadi tujuan wisata utama selain masyarakat Indonesia tetapi juga masyarakat mancanegara,”ajaknya