Kapoldasu Tinjau Pelaksanaan Pilkades Serentak di Simalungun Tahun 2016

2016-08-09 0 comments simalungun Pemerintahan

“Mayoritas Pilkades Berjalan Dengan Kondusif”

Kepala Kepolisian Daerah Sumamtera Utara (Kapoldasu) Irjend Pol Drs Raden Budi Winarso didampingi Bupati Simalungun Dr JR Saragih SH MM meninjau jalannya pelaksanaan Pemilihan Kepala Desa (Pilkades) serentak di Kabupaten Simalungun tahun 2016, Sabtu 06/08/2016.

Turut mendampingi Kapolda dalam peninjauan itu diantaranya Dan Sat Brimob Poldasu Kombes Pol Zulfikar Tarius, Dirpol Air Poldasu Kombes Pol Ario Gatot, Karo Ops Poldasu Kombes Pol Rudi Hartono, dan beberapa perwira menengah dijajaran Poldasu, Danrem 022/PT, Dandim 0207 Simalungun, Kapolres Simalungun beserta jajarannya, para pimpinan SKPD di jajaran Pemkab Simalungun.

Kapoldasu Irjend Pol Budi Winarso, usai melakukan peninjauan mengatakan bahwa mayoritas Pilkades berjalan dengan kondusif. "Saya sudah tekankan kepada beberapa calon, kalah menang tetap menjadi pelayan dan yang kalan harus menyadari. Tapi kalau tidak puaspun ada jalur hukum, kita negara hukum,”katanya.

Kepada masyarakat Kapolda berharap kalah menang harus damai, karena pembangunan masih panjang. "Saya tidak ingin terjadi gejolak seperti di Tanjung Balai. Kita damai, kita aman supaya pembangunan ini bisa berjalan, kita dukung pemerintah untuk melaksanakan pembangunan,"ajaknya.

Terkait dengan personil yang diterjunkan dalam pengamanan pelaksanaan Pilkades serentak di Kabupaten Simalungun, Kapoldasu mengatakan bahwa sampai selesai pelaksanaan pemilihan dan suasana kondusif baru di tarik, namun jika masih dibutuhkan ditunggu sampai selesai. “Tapi kalau ada yang tidak puas, kita tunggu sampai selesai,”katanya.

Kapolda juga menyampaikan bahwa kekuatan Anggota kepolisian yang diturunkan untuk membantu kesuksesan pelaksanaan Pilkades di Kabupaten Simalungun  kurang lebih 1400 personil, termasuk yang  BKO.

Sementara itu Bupati Simalungun Dr JR Saragih SH MM meyampaikan, setalah meninjau di beberapa nagori yang melaksanakan pemilihan, semua berjalan dengan tertib, aman dan lancar. "Masyarakatpun sangat antusias, yang mengikuti cukup tinggi. Hampir mencapai 90%,”tuturnya.

“Kami dari Pemkab Simalungun mengucapkan terimakasih kepada Kapolda yang sudah datang langsung di Simalungun termasuk Danrem, Kapolres, dandim beserta jajarannya dan seluruh masyarakat yang telah mendukung dalam pelaksanaan pemilihan,”ujar Bupati.

Kepada masyarakat diharapkan untuk datang ke Tempat Pemungutan Suara (TPS) untuk memilih pemimpinnya dalam membangun daerah ini yang lebih baik kedepan. “Pilihlah pemimpin yang dapat membawa kemajuan bagi nagori,”himbauya.

Plt Ka BPMPN Imman Nainggolan SSos didampingi Kasubbid Aset Keuangan dan Pengembangan Nagori Monang Situmorang MSi  menjelaskan bahwa Nagori yang melaksanakan Pilkades sebanyak 258 tersebar di 31 kecamatan. Jumlah calon sebanyak 846 orang, pemilih sesuai DPT sebanyak 349.790 jiwa, TPS sebanyak 285.