Jelang Lebaran: Bupati Simalungun Himbau Masyarakat Untuk Tetap Menjaga Kondusifitas

2017-08-11 0 comments simalungun Pemerintahan

Lebaran tinggal seminggu lagi, di kinerja Bupati Simalungun Dr JR Saragih SH MM Pemerintahan Kabupaten (Pemkab) Simalungun sudah bersiap mengantisipasi perihal Lebaran nanti. Termasuk dari sisi lalu lintas hingga situasi keamanan di Kabupaten Simalungun.

Bupati Simalungun Dr JR Saragih SH MM meminta kepada masyarakat untuk selalu waspada dalam menghadapi libur lebaran. Dirinya pun menyadari sejumlah masyarakat di Kabupaten Simalungun, tentunya akan lebih banyak menghabiskan waktu di luar rumah. Bahkan, ada pula masyarakat yang akan melakukan perjalanan mudik guna merayakan lebaran di kampung halaman.

“Jelang lebaran ini mari kita sama-sama menjaga kediaman masing-masing, bila ingin bepergian maka jangan lupa untuk menitipkan kepada tetangga atau keluarga, lalu jagalah bagian dapur termasuk kompor jangan sampai menyala sehingga suasana di Kabupaten Simalungun tetap kondusif,” ucap Bupati Simalungun Dr JR Saragih SH MM di Kecamatan Gunung Malela, Kabupaten Simalungun, Kamis 21/06/2017.

Demi membuat Kabupaten Simalungun tetap kondusif selama lebaran nanti, maka Dr JR Saragih SH MM meminta kepada seluruh perangkat desa baik lurah maupun camat untuk bisa bekerjasama dengan baik sehingga suasana di Simalungun terasa aman, nyaman dan tentram selama bulan suci ramadhan khususnya di lebaran nanti.

“Saya mengharapkan kepada perangkat nagori, lurah, camat dan marilah membuat situasi di Simalungun maupun di desa agar selalu kondusif, sehingga setiap warga yang berangkat untuk mudik maupun merayakan lebaran maka wajib kita ketahui dan yakinkan bawah rumah tersebut kosong atau tidak dan yakinkan pula kompor atau listriknya sudah mati sehingga ini akan menjadi tanggung jawab kita bersama,” bebernya lagi.

Selanjutnya Bupati Simalungun juga menyadari saat di lebaran nanti sejumlah destinasi wisata di Simalungun bakal dibanjiri wisatawan baik dari Sumatera Utara maupun dari luar Sumatera Utara. Oleh karena itu, Pemkab SImalungun tentu bekerjasama dengan kepolisian, TNI maupun dinas kesehatan, perhubungan, satpol, untuk sama-sama menjaga bersama sehingga diharapkan Simalungun selalu kondusif dan merasa nyaman untuk berwisata.

Sementara itu, Wakil Bupati Ir Amran Sinaga MSi menyampaikan bahwa Pemkab Simalungun juga melakukan siap berkoordinasi dengan dinas perhubungan perihal kendaraan yang layak jalan.“Dinas perhubungan harus tetap berada di lapangan, karena ketika di hari raya mereka harus bertugas untuk mengatur lalu lintas sehingga mudik merasa nyaman,” tambahnya.

Kepala Satuan Polisi Pamong Praja Simalungun Ronny Butarbutar mengatakan bila pihaknya akan bersiaga penuh demi menjaga keamanan Kabupaten Simalungun, Sumatera Utara dalam rangka libur lebaran. "Kami berkoordinasi dengan Kepolisian, TNI serta Dinas Perhubungan baik dalam rangka menjaga jalur arus mudik maupun tempat wisata Danau Toba di Pantai Bebas, Parapat, Kabupaten Simalungun, Sumatera Utara," bebernya lagi.
Demi menjaga ketertiban, pihaknya juga menurunkan personil satpol PP yang nantinya akan melaksanakan tugas di tujuh pos yang sudah ditentukan oleh Pemkab Simalungun. "Untuk penjagaan akan berlangsung selama 24 jam, penjagaan akan dilakukan dua shift yakni shift pertama dimulai pukul 05.30 hingga pukul 18.00 WIB sedangkan shift kedua dari pukul 18.30 hingga pukul 05.30 WIB," tutupnya