Jamaah Haji/Hajjah Asal Kabupaten Simalungun Tiba Di Tanah Air

2016-11-07 0 comments simalungun Keagamaan

Setelah melaksanaan ibadah haji, pada musim haji  tahun 1437 H/2016 M di tanah suci Makkah selama  lebih kurang 40 hari, sebanyak 107 jamaah haji/hajjah asal Kabupaten Simalungun tiba di tanah air dalam kondisi sehat walafiat dan selamat, Sabtu 01/10/2016.
Suasana haru dibarengi suka cita tampak terlihat dari wajah sanak kaluarga maupun jamaah haji saat tiba di daerah Kabupaten Simalungun untuk melepas kerinduan kepada keluarga, baik yang berangkat maupun yang menunggu di rumah. 
Di Kabupaten Simalungun, jamaah haji/hajjah tiba sekitar pukul 10.35 Wib, dan disambut oleh Bupati Simalungun diwakili Plt Kadis Perkebunan Ir Ramadhani Purba, bersama Anggota DPRD Simalungun Sulaiman Sinaga, Ketua MUI H Abdul Halim Lubis, mewakil Danrem 022/PT Lettu Inf Sutjipto di Mesjid Asy Syuda Koren 022/PT. tampak juga hadir anggota DPD RI Iskandar Batubara yang saat itu juga sedang menunggu keluarga yang baru pulang dari menunaikan ibadah haji.
Di Mesjid Asy-Syuhada, terlihat para jamaah haji/hajjah langsung melakukan sujud syukur kepada Allah SWT atas keselamatan dan kesehatan selama melaksanakan ibadah haji, demikian juga saat kembali ke tanah air. Kemudian Pemkab SImalungun melakukan acara seremoni penyerahan jamaah haji kepada keluarga.
                Menurut kepala Staf Haji Simalungun Drs H Muslim MM didampingi Kasi Haji dan Umroh Amrisam dalam laporannya mengatakan bahwa, jamaah haji/hajjah asal kabupaten SImalungun yang tergabung dalam Kloter 11 bersama jamaah haji asal Kota Siantar, Sibolga, Tanjung Balai dan Tapanuli Utara tiba di Bandara Kuala Namu International Airport (KNIA) sekitar pukul 02.05 Wib dini hari dan langsung menuju asrama haji Medan untuk instirahat sejenak.
 Dikatakan jamaah haji/hajjalh asal Kabupaten Simalungun yang diberangkatkan pada bulan Agustus 2016 lalu berjumlah 114 orang, 3 orang diantaranya mutasi ke Medan dan Siantar, 2 orang gagal berangkat karena gangguan kesehatan dan 2 orang meninggal di tanah suci Makkah karena sakit. Jamaah haji yang meninggal atas nama Awaluddin Tanjung (57) asal Kecamatan Tanah Jawa dan Rukiyah br Pane (62) asal Kecamatan Gunung Malela.
Bupati Simalungun dalam sambutan tertulisnya yang di bacakan Ir Ramadhani Purba menyampaikan selamat datang kepada para jamaah haji/hajjah yang baru kembali ke tanah air meninggalkan keluarga tercinta dalam beberapa minggu untuk tujuan yang suci. Yaitu sebagai hamba Tuhan bagi yang telah mampu secara fisik dan financial untuk melaksanakan ibadah haji.
Dikatakan, menyandang predikat haji tentu menjadi beban tersendiri bagi jamaah haji maupun hajjah. Segala tingkah laku kita menjadi barometer dan panutan bagi keluarga dan masyarakat. Untuk itu mari kita lebih berhati-hati dalam bertindak maupun ucapan, sehingga mampu menjadi contoh teladan bagi orang-orang di sekitarnya, dalam menciptakan tatanan hidup bermasyarakat yang lebih agamais dan bermartabat luhur. Jadikan segala kendala selama melaksanakan ibadah haji menjadi motivasi dan semakin mendewasakan fikiran dalam menjali kehidupan sehari-hari.
Kepada keluarga almarhum/almarhumah diharapkan untuk dapat tabah dan terus mendo’akan, semoga balasan yang diterima syuhada tersebut adalah surga. Kami (Pemkab Simalungun) dan jajaran mendo’akan semoga arwah almarhum/almarhumah di terima disisi-Nya dan ditempatkan dengan sebaik-baiknya.