Gerakan Disiplin Nasional Harus Dipelopori oleh Aparatur Pemerintah

2017-04-03 0 comments simalungun Pemerintahan

Wakil Bupati (Wabup) Simalungun Ir Amran Sinaga MSi bertindak sebagai pembina upacara dalam rangka Hari Kesadaran Nasional (HKN) Kabupaten Simalungun tahun 2017, bertempat di halaman Kantor Bupati Simalungun, Jum’at 17/03/1971.
Bertindak sebagai pemimpin upacara adalah Pardomuan A Sijabat SP (Kepala Badan Hanpang) dan perwira upacara Drs Marolop Silalahi MM (Asisten Pemerintahan dan Kesra). Upacara diikuti oleh staf ahli Bupati, Asisten, para pimpinan SKPD, PNS dan Satpol PP dilingkungan Pemkab Simalungun.

Pelaksanaan upacara HKN tersebut ditandai dengan pengibaran bendera merah putih oleh anggota Satpol PP yang diiringi dengan lagu kebangsaan Indonesia Raya, dilanjutkan dengan hening cipta dan pembacaan teks Pancasila yang dipimpin oleh Pembina upacara. Sementara itu pembacaan Pembukaan UUD 1945 dan pengucapan Panca Prasetya Korps Pegawai Republik Indonesia masing-masing dibawakan oleh staf Badan Kepegawaian Dan Diklat Kabupaten Simalungun.

Pidato tertulis Bupati Simalungun Dr JR Saragih SH MM yang dibacakan oleh Wakil Bupati Ir Amran Sinaga MSi mengatakan gerakan disiplin nasional harus dipelopori oleh aparatur sipil negara (ASN), menuju terwujudkan pemerintahan yang bersih dan beribawa. Dengan kata lain disiplin nasional itu harus dimulai oleh seluruh pegawai dibidang pemerintahan, perencana dan pelaksana pembangunan.

Gerakan disiplin harus dipelopori oleh aparatur pemerintah, yang juga sebagai prasyarat objektif bagi peningkatan ketangguhan ketahanan nasional untuk mewujudkan aspirasi cita-cita bangsa. Disiplin nasional akan terwujud jika didukung oleh kualifikasi kepribadian setiap ASN yang mencerminkan taqwa kepada Tuhan Yang Yang Maha Esa, kepatuhan dinamis, kesadaran perlunya kepatuhan dan ketaatan, kepatuhan yang rasional, sikap mental dan keteladanan.

Dengan memiliki kualitas kepribadian oleh setia ASN diharapkan akan semakin meningkatkan disiplin dalam mengemban amanah untuk melaksanakan tugas sebagai tanggungjawab dalam kehidupan berbagngsa dan bernegara.

Selain itu, dengan disiplin juga diharapkan seluruh pegawai melalui pimpinan SKPD dapat melaksanakan tahapan-tahapan program dan kegiatan sesuai dengan ketentuan yang berlaku sehingga seluruh kegiatan dapat terlaksana dengan baik dan benar. Namun yang tak kalah pentingnya adalah pelaksanaan seluruh kegiatan dan program tahun anggaran 2017, adalah meningkatkan etos kerja, etika, loyalitas, disiplin dan tanggungjawab sebagai aparatur pemerintah Kabupaten Simalungun sehingga dapat terpenuhi visi Kabupaten Simalungun yakni “Terwujudnya Masyarakat Kabupaten Simalungun yang Mandiri dan Berseri (Mantab)”.

Diakhir pidato tertulis tersebut Bupati menghimbau kepada seluruh ASN dilingkungan Pemerintah Kabupaten Simalungun agar senantiasa menjaga kebersihan dilingkungan kerja masing-masing, karena dengan lingkungan yang bersih akan menciptakan suasana kerja yang nyaman untuk bersama.

Usai pelaksanaan upacara HKN, Wakil Bupati Simalungun bersama pimpinan SKPD melaksanakan pertemuan di ruang rapat Wakil Bupati Simalungun. Dalam pertemuan tersebut antara lain Wakil Bupati menghimbau kepada seluruh pimpinan unit kerja, agar dalam melaksanakan program dan kegiatan tetap berpedoman kepada peraturan dan ketentuan yang berlaku, sehingga program dan kegiatan dapat bermanfaat untuk kemajuan bersama.