FKPD Adakan Pertemuan Dengan Masyarakat Terminal Sosor Saba Parapat

2016-07-20 0 comments simalungun Pemerintahan

Forum Koordinasi Pimpinan Daerah (FKPD) mengadakan pertemuan  denganmasyarakat Kecamatan Girsang Sipangan khususnya yang berdomisili di terminal Sosor Saba Kota Parapat  dalam rangka pengatifkan dan pembenahan terminal, Kamis 14/07/2016.

Pertemuan yang di gelar Terminal tersebut dipimpin langsung oleh BupatiSimalungun Dr JR Saragih SH MM didampingi oleh Ketua DPRD Simalungun Drs Johalim Purba, Kajari Simalungun Irvan Samosir SH MM, Wakapolres Kompol Zulkarnain P dan didampingi oleh Kadis Perhubungan Albert Saragih SIP MSi dan Camat Girsang Sipangan Bolon Jayamin Sipayung MSi.

Pertemuan itu juga dihadiri oleh para pimpinan SKPD dan Muspika sertaLurah Parapat, Lurah  Tiga Raja, Lurah Girang, dan tokoh masyarakat.

Bupati Simalungun Dr JR Saragih SH MM dalam kesempatan itu menyampaikan bahwa Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Simalungun bersama FKPD telah sepakat untuk mengaktifkan kembali terminal Sosor Saba di Kota Parapat ini, untuk itu diharapkan dukungan dari masyarakat.

“Kita sudah merubuhkan pos jaga Dinas Perhubungan Simalungun, yang awalnya berada di luar terminal dan kita dipindahkan ke dalam komplek terminal, dengan tujuan, pengawasan, termasuk pengutipan retribusi, baik dari angkutan penumpang, maupun angkutan barang dilakukan di dalam terminal. Karena kalau pos jaga dibiarkan di luar, bagaimana mungkin terminal bisa beroperasi maksimal. Untuk itu makanya dipindahkan ke dalam komplek,” kata Bupati.

Dalam rangka pengaktipan terminal tersebut Bupati mengatakan bahwa,Pemkab Simalungun akan melakukan berbagai perbaikan fasilitas pendukung di terminal Sosor Saba ini. Oleh karena itu kepada  masyarakat yang menjajakan dagangannya selama ini di dalam terminal agar segera mengosongkan lokasinya.  "Jadi tidak ada lagi jualan disini, karena akan dilakukan perbaikan-perbaikan termasuk pengaspalan.  Di terminal ini juga akan dibangun ruangan  tunggu bagi penupang dan beberapa fasilitas pendukung,"katanya.

Bupati berharap kepada masyarakat agar ruko-ruko disekitar terminal segera dibuka. Namun Bupati berpesan jangan ada polemik. Mari sama-sama  kita jaga  keamanan dan kenyamanan di terminal ini  agar masyarakat yang singgah juga terasa nyaman, karena terminal ini juga bagian dari pariwisata. "Tidak boleh ada jualan miniman karas termasuk tuak, disamping itu juga kita harus menjaga kebersihan danketertiban,"himbaunya.

 

Ketua DPRD Drs Johalim Purba dalam kesempatan itu mengharapkan terminal Sosor Saba termasuk masyarakatnya dapat menjadi contoh bagi daerah lain, mari kita berikan rasa nyaman bagi para wisatawan yang datang ke daerah ini, sehingga Kota Parapat dengan keindahana Danau Toba dapat selalu dikenang oleh masyarakat lain.

Sementara itu Wakapolres Simalungun Kompol Zulkarnain P menyampaikan,bahwa, pada prisipnya pihaknya mendukung tugas-tugas pemerintah dalam memberikan pelayanan kepada masyarakat, terutama dalam menghidupkan terminal ini. “Mari kita tinggalkan image yang tidak baik, sehingga Parapat selalu menjadi kerinduan bagi masyarakat di luar daerah ini. Dan mari kita lindungi anak-anak kita dari bahaya narkoba karena narkoba musuh utama bagi kita semua,”himbaunya.

Di kesempatan itu salah seorang masyarakat, Rizela br  Situmorangmengucapkan terima kasih kepada Pemkab Simalungun yang mengaktifkan kembaliterminal sosor saba yang selama kurang berfungsi. "Kami masyarakat terminal sangat berterima kasih kepada bapak Bupati,  karena bapak telah mengaktifkan kembali terminal kami yang selama ini tidak berfungsi,"

Dengan diaktifkannya terminal tersebut, br Sutimorang mengatakan masyarakat,
tidak jauh-jauh lagi berdagang sampai ke pantai bebas cukup hanya di terminal. "Tapi pak kalau boleh bisa jangan hanya lintas saja bus keterminal, akan tapi hendaknyaberhentilah sejenak, sehingga dagangan kami terjual. Minimal satu botol aqua,"ujarnya.