DPRD Simalungun Setujui Ranperda Tentang Nagori

2016-07-20 0 comments simalungun Pemerintahan

DPRD Simalungun menyetujui Rancangan Peraturan Daerah (Ranperda) Kabupaten Simalungun tentang Nagori (Desa), melalui rapat paripura dengan agenda penyampaian pendapat akhir fraksi-fraksi anggota DPRD Simalungun, Jum’at 29/04/2016.

Rapat paripurna tersebut dipimpin langsung oleh ketua DPRD Simalungun Drs Johalim Purba didampingi oleh Wakil Ketua Timbul Jaya Sibarani SE dan Saut Pao Sinaga. Hadir dalam kesempatan tersebut Bupati Simalungun diwakili Sekda Drs Gidion Purba MSi, para anggota DPRD Simalungun, staf ahli bupati, pimpinan SKPD dijajaran Pemkab SImalungun.

Fraksi yang menyampaikan pendapat akhirnya di awali oleh Fraksi Demokrat Bersatu melalui juru bucaranya Walpiden Tampubolon ST, selanjutnya Fraksi Partai Gorlkar melalui juru bicaranya Sugiarto SE, kemudian Fraksi Partai Gerindra melalui juru bicaranya Thombak Alperd P Siagian, SSos.

Persetujuan DPRD tentang Ranperda itu ditandai dengan penandatanganan berita acara persetujuan bersama DPRD Simalungun tentang Ranperda tentang Nagori oleh Bupati Simalungun diwakili Sekda Drs Gidion Purba MSi dan Ketua DPRD Drs Johalim Purba dan wakil-wakil ketua DPRD.

Sementara itu, Fraksi partai PDI Perjuangan pendapat akhirnya disampaikan melalui juru bicaranya Waridin Purba, Fraksi Partai Nasdem dengan juru bicaranya Ramanuddin Purba, Fraksi Partai Hanura melalui jurunya bicaranya Johialam Saragih SH, dan terakhir menyampaikan pendapat akhirnya yaitu Fraksi Persatuan Amanat Sejahtera (PAS) dengan juru bicaranya Adianto Pasribu.

Ketua DPRDSimalungun dalam menutup rapat tersebut menghimbau kepada jajaran eksekutif agar benar-benar memperhatikan serta menindak lanjuti hal-hal yang telah disampaikan oleh dewan, baik hasil pembahasan panitia khusus, utamanya pendapat dari masing-masing fraksi yang baru disampaikan.

Bupati Simalungun dalam dalam pendapat akhirnya yang dibacakan oleh Sekda Drs Gidion Purba MSi menyampaikan terima kasih kepada DPRD Simalungun yang telah memberikan perhatian, pikiran dan tenaga sehingga pembahasan Ranperda tentang Nagori dapat terlaksana dengan baik sesuai dengan jadwal yang telah ditetapkan serta menghasilkan saran atau catatan strategis tentang penyelenggaraan pemerintahan nagori dan pelaksanaan pemilihan pengulu secara serantak.

Dikatakan, saran atas pelaksanaan pemilihan pengulu dan penataan tingkat nagori akan menjadi masukan sekaligus menjadi bahan evaluasi bagi pelaskanaan penyelenggaraan pemerintahan dan pembangunan nagori untuk menjadi nagori yang maju dan mandiri di di Kabupaten Simalungun.