Bupati Simalungun Tinjau Kesiapan Hotel Jelang Pelaksanaan New Normal

2020-06-02 0 comments simalungun Pemerintahan

Pemerintah Republik Indonesia tengah membuat rencana uji coba atau simulasi penerapan skenario new normal. Rencananya pekan ini simulai new normal tersebut sudah akan mulai berjalan. Simulasi ini akan dijalankan sesuai arahan Presiden, serta dikawal oleh TNI dan Polri demi memastikan simulasi tersebut berjalan semestinya dan terhindar dari gelombang kedua COVID-19.

Untuk memastikan pelaksanaan new normal ini berjalan dengan baik, Bupati Simalungun Dr. JR. Saragih, SH, MM bersama Ketua DPRD Timbul Jaya Sibarani, Danrindam I/BB Kol Inf Dwi Lagan Safrudin, S.I.P, Kapolres Simalungun AKBP Agus Waluyo, Dandim 0207/Sml Letkol Inf Frans Kishin Panjaitan, Sekdakab Simalungun Mixnon A Simamora, S.I.P, M.Si serta pimpinan OPD dan Camat meninjau pelaksanaan simulasi penerapan new normal sektor pariwisata di tengah pandemi virus Covid-19, di Kota Wisata Parapat, Kecamatan Girsang Sipangan Bolon. Minggu (31/5).

Kegiatan ini diawali dengan gerak jalan santai oleh para pimpinan OPD, Camat serta jajaran TNI dan Polri. Usai pelaksanaan gerak jalan, Bupati bersama rombongan meninjau kesiapan Hotel- hotel di Parapat dalam menghadapi pelaksanaan New Normal. Di tempat ini Bupati meninjau kesiapan Hotel Inna Parapat dalam menyediakan fasilitas pencegahan sesuai dengan protokol pemerintah diantaranya alat cek kesehatan, cuci tangan, masker, fasilitas ruang tunggu dan kesiapan lainnya.

Bupati Simalungun menyampaikan kepada pihak hotel bahwa mulai hari ini hotel sudah diperbolehkan untuk memulai aktifitas secara normal kembali namun tetap memperhatikan protokol pencegahan penyebaran virus Covid-19, hal ini merupakan anjuran dari Pemerintah Pusat sebagai langkah percepatan untuk pembenahan ekonomi terutama sektor pariwisata.
"Kita ikuti anjuran dari Pemerintah Pusat untuk memulai tahapan new normal, karenanya kami bersama Forkopimda Kabupaten Simalungun meninjau kesiapan hotel dan usaha lainnya dalam penerapannya," ujar Bupati.

Bupati juga menambahkan bahwa Pemkab Simalungun nantinya akan menerbitkan peraturan sebagai acuan bagi hotel dan pelaku usaha lainnya dalam menerapkan pelaksanaan new normal di Kabupaten Simalungun.

Untuk memastikan pelaksanaan penerapan new normal ini berjalan dengan baik, Bupati juga mengatakan akan melibatkan unsur TNI dan Polri serta Dinas Perhubungan dan Satpol PP guna memantau masyarakat agar tetap mematuhi protokol kesehatan seperti cuci tangan, menggunakan masker dan menjaga jarak.
"Tentunya masih ada kekurangan dalam penerapan new normal ini, namun sambil berjalan nanti akan kita benahi. Juga akan kita siagakan staf kesehatan dan keamanan pada tiap hotel untuk mengingatkan masyarakat agar tetap mematuhi protokol kesehatan," tambah Bupati.

Untuk menghidupkan kembali pariwisata di Parapat, Bupati juga mengatakan akan bekerja sama dengan Forkopimda dengan rutin melaksanakan kegiatan-kegiatan Pemerintah seperti kegiatan Olahraga dan kegiatan lainnya. Bupati menambahkan bahwa kegiatan gerak jalan ini juga merupakan bagian dari promosi kepada masyarakat bahwa Parapat aman untuk dikunjungi.

Secara khusus kepada masyarakat Parapat, Bupati berpesan agar tetap menjaga kesehatan dan tetap menerapkan protokol pencegahan Covid-19 agar masyarakat umum tidak takut untuk berkunjung ke Parapat.
"Jaga kesehatan dan jaga perilaku dalam menerima tamu, agar tamu yang datang tidak takut dan bosan berkunjung ke Parapat," tutup Bupati.