Bupati Simalungun Tingkatkan Kualitas 15 Puskesmas di Simalungun

2017-08-11 0 comments simalungun Pemerintahan

Pelayanan kesehatan di Kabupaten Simalungun terus ditingkatkan oleh Bupati Simalungun Dr JR Saragih. Kali ini caranya adalah dengan meningkatkan kualitas puskesmas di Kabupaten Simalungun, Sumatera Utara.

Sebanyak 15 Puskesmas di Kabupaten Simalungun, Sumatera Utara akan mendapatkan akreditasi. Fungsinya adalah peningkatan derajat puskesmas di Kabupaten Simalungun yang akan jauh lebih baik dari sebelumnya.

Melalui tangan Bupati JR Saragih maka sebanyak 15 puskesmas di Kabupaten Simalungun akan mulai dilakukan penelitian secara detail dari tim survei akreditasi yang ada di Sumatera Utara.

"Kehadiran tim survei akreditasi ini akan menggambarkan dan meneliti 15 puskesmas di Kabupaten Simalungun," tegas Bupati Simalungun JR Saragih di Simalungun City Hotel, Pematang Raya, Kabupaten Simalungun, Sumatera Utara, Selasa (18/7/2017).

Pelaksanaan akreditasi ini bermula pada akhir tahun 2016. Di mana, kala itu Kepala Dinas Kesehatan Simalungun menyampaikan kepada dirinya untuk melakukan pelaksanaan akreditasi. Ide ini tentu disambut baik olehnya selaku Kepala Daerah di Kabupaten Simalungun.

"Akreditasi merupakan barang yang harus dinikmati tujuannya agar mengetahui maupun mengukur sejauhmana pelayanan masyarakat dari sisi kesehatan. Setelah diteliti maka hasilnya dibawa ke pusat yang ada di Jakarta," paparnya.

Selain itu, dirinya mengharapkan kepada semua puskesmas di Kabupaten Simalungun untuk menggunakan waktunya dengan baik demi mendapatkan ilmu sehingga bisa menggapai impian melakukan pelayanan yang terbaik buat masyarakat di Simalungun.

"Pesan saya jadikan sarana ini sebagai sarana komunikasi untuk menjadi kesempurnaan pelayanan kesehatan di Kabupaten Simalungun, terlebih tim survei ingin mengetahui secara detail puskesmas yang ada di Kabupaten Simalungun," bebernya lagi.

Sementara itu, Ketua Tim Survei Akreditasi Puskesmas Gayo Melkior Gultom menuturkan pelaksanaan akreditasi ini bertujuan untuk meningkatkan mutu pelayanan dan keselamatan pasien, kemudian meningkatkan perlindungan bagi sumber daya manusia kesehatan, masyarakat dan lingkungan serta puskesmas itu sendiri dan meningkatkan kinerja Puskesmas.

"Dalam pelaksanaan ini kami menugaskan tiga tim dalam menyelesaikan proses akreditasi ini, apalagi bagi kami melalui tangan Bupati Simalungun sebanyak 15 puskesmas akan diakreditasi hingga tahun 2017 merupakan jumlah yang terbanyak yang pernah kami tangani," lanjutnya.

Seperti diketahui, Kabupaten Simalungun memiliki 46 puskemas yang tersebar di seluruh wilayahnya. Untuk tahun 2017, maka dilakukan sebanyak 15 puskesmas. Proses pelaksanaan akreditasi puskesmas di Kabupaten Simalungun ini akan dilakukan mulai tanggal 18 Juli hingga 22 Juli 2017.

Untuk pelaksanaan pertama dilakukan sebanyak tiga puskesmas yakni Puskesmas Sindar Raya, Puskesmas Tapian Dolok dan Puskesmas Tiga Dolok, sedangkan sisanya akan dilangsungkan secara bertahap.