Bupati Simalungun Raih Penghargaan Kepala Daerah Inovatif Koran Sindo Tahun 2019

2019-08-23 0 comments simalungun Pemerintahan

Bupati Simalungun Raih Penghargaan Kepala Daerah Inovatif Koran Sindo Tahun 2019

Bupati Simalungun Dr. JR. Saragih, SH, MM kembali menerima penghargaan Kepala Daerah Inovatif (KDI) Tahun 2019 oleh Koran Sindo yang diwakili oleh Kepala Dinas Komunikasi dan Informatika Ir. Debora DPI Hutasoit, M. Si pada Malam Penganugerahan KDI yang dilaksanakan di lapangan Kantor Gubernur Sumatera Barat, Padang. Kamis (22/8).

Komitmen Bupati Simalungun dalam memprioritaskan pelayanan kesehatan kepada masyarakat menjadi penilaian bagi Koran Sindo memberikan penghargaan KDI Tahun 2019 dalam kategori Pelayanan Masyarakat.

Dengan mengusung tema "Inovasi Untuk Indonesia Unggul", ajang penghargaan KDI Tahun 2019 ini memberikan penghargaan kepada 27 kepala daerah yakni 17 Bupati, 6 Walikota dan 4 Gubernur dengan enam kategori inovasi yang dilakukan para kepala daerah. Keenam kategori tersebut yakni investasi dan ekonomi, sosial budaya, pelayanan masyarakat, infrastruktur dan pembangunan, tata kelola pemerintahan, serta lingkungan hidup.

Bupati Simalungun Dr. JR. Saragih, SH, MM dinilai telah melakukan inovasi dalam mewujudkan masyarakat yang sehat dan sejahtera dengan meningkatkan pelayanan Puskesmas sebagai fasilitas pelayanan kesehatan terdepan yang dikelola Pemerintah Daerah. Jumlah Puskesmas terus diperbanyak dalam 8 tahun terakhir guna mendukung peningkatan pelayanan kesehatan kepada masyarakat.

Penerapan pelayanan 24 jam di 46 Puskesmas secara gratis melalui program jaminan kesehatan nasional bagi masyarakat.

Saat ini Simalungun telah memiliki 46 Puskesmas, 159 Puskesmas Pembantu dan 132 Pos Kesehatan Desa yang siap melayani masyarakat Simalungun.

Menteri Dalam Negeri Tjahjo Kumolo yang diwakili oleh Plt. Dirjen Otonomi Daerah Drs Akmal Malik, M.Si dalam sambutannya mengapresiasi Koran Sindo atas kepeduliannya memberikan penghargaan bagi para kepala daerah yang mampu membangun daerahnya dengan berbagai inovasi. Penghargaan ini diharapkan dapat semakin memacu para kepala daerah untuk membangun daerahnya dengan berbagai inovasi dan kreatifitas baru yang dapat berdampak pada kesejahteraan masyarakat.
"Strong leadership merupakan kunci dari inovasi para kepala daerah untuk membangun daerahnya. Gerak cepat, inovasi dan kreativitas menjadi syarat mutlak dalam memajukan daerah dan percepatan pembangunan. Jika semua daerah tumbuh dan berkembang dengan inovasi dan kreatifitasnya maka Indonesia bisa menjadi negara yang terbaik," ujarnya.

Adapun para Kepala Daerah yang menerima penghargaan KDI 2019 ini yaitu Gubernur Sumatera Barat, Gubernur Banten, Gubernur Jawa Barat dan Gubernur Kalimantan Selatan.

Untuk Kabupaten diraih oleh Bupati Simalungun, Lebak, Agam, Tabalong, Gorontalo, Banyuasin, Morowali, Kepulauan Sula, Boalemo, Bolaang Mongondow Selatan, Lombok Utara, Serang, Pasuruan, Batubara, Pasang Kayu, Karang Asem dan Bupati Puncak.

Sedangkan untuk Walikota diraih oleh Walikota Malang, Medan, Bandung, Cimahi, Gorontalo dan Walikota Solok.

Kepada para Kepala Daerah Inovatif diberikan penghargaan oleh Menteri Dalam Negeri Tjahjo Kumolo yang diwakili oleh Plt. Dirjen Otonomi Daerah Drs Akmal Malik, M.Si, Menteri PUPR Basuki Hadimuljono diwakili oleh Ir. Achmad Gani Ghazali Akman, M.Eng.Sc Staf Ahli Menteri Bidang Keterpaduan Pembangunan dan CEO Sindo Media Sururi Alfaruq.