Bupati Simalungun Pimpin Apel Gelar Pasukan Habonaron Do Bona Toba 2016

2016-08-09 0 comments simalungun Pemerintahan

Bupati Simalungun Dr JR Saragih SH MM bertindak sebagai pimpinan pada apel gelar pasukan Habonaron Do Bona Toba 2016 Polres Simalungun, bertempat di halaman Kondim 0207 Simalungun, Pamatang Raya 05/08/2016.

Apel gelar Pasukan tersebut dilaksanakan dalam rangka pengamanan pelaksanaan pemilihan kepada desa (Pangulu Nagori) serentak di Kabupaten Simalungun yang dijadwalkan pada esok hari (Sabtu, 06 Agustus 2016) di 285 Nagori (desa).

Bertindak sebagai komandan apel, AKP M Yusuf S (Kapolsek Dolok Panribuan), perwira upacara Kompol Edi B Sinaga. Peserta apel terdiri dari TNI, Polri, PNS dan kenderaan pendukung operasional pengamanan pemilihan kepada desa. Apel tersebut ditandai dengan pemeriksanaan barisan dan penyematan pita secara simbolik kepada 4 orang perwakilan peserta apel oleh pimpinan apel.

Bupati Simalungun Dr JR  Saragih SH MM dalam amanatnya mengatakan tugas pemerintah, TNI maupun Polri dalam pelaksanaan pemilihan kepada desa adalah sama yakni membuat pelaksanaan pemilihan itu berjalan dengan baik dan kondusif. “Mari bersama-sama, baik PNS, TNI, Polri maupun masyarakat kita ciptakan suasana kondusif dalam pemilihan ini,”ajaknya.

“Dengan berjalannya pelaksanaan pemilihan kepada desa serentak di Kabupaten Simalungun secara kondusif, diharapkan dapat menjadi contoh bagi kabupaten-kabupaten lain,”ujar Bupati sembari menjelaskan bahwa Kabupaten Simalungun merupakan daerah yang luas dan jumlah pemilihnya sangat besar.

Untuk itu kepada para peserta upacara, Bupati kembali mengajak untuk melaksanakan tugas pengamanan dengan sebaik-baiknya terutama pada kotak suara, dan memantau segala hal yang mengakibatkan pelaksanaan pemilihan kepada desa terkendala di tengah-tengah masyarakat. Apalagi ada nagori-nagori di Kabupaten Simalungun yang tidak melaksanakan pemilihan.

“Jika ada permasalahan, segera tangani dengan tidak menggunakan kekerasan. Mari kita laksanakan tugas ini dengan penuh tanggungjawab dan dengan iman,”kata Bupati sembari menghimbau kepada masyarakat agar bersama-sama datang ke Tempat Pemungutan Suara (TPS) untuk menyampaikan hak pilihnya dan saling mendukung dalam rangka percepatan pembangunan di Kabupaten Simalungun.

Sementara itu, Kapolres Simalungun AKBP Yofie Girianto Putra SIK seusai pelaksanaan apel gelar pasukan menjelaskan tentang pola pengamanan. Dikatakan bahwa pihaknya (Polri) bersama TNI dan pemerintah akan membagi rayon-rayon dalam pengamanan pemilihan kepada desa. “Jadi setiap kecamatan akan di back up TNI dan Polri. Dan jika ada gerak-gerakan yang tidak sesuai dengan hukum, kita tindak tegas,”tandasnya.

Tampak hadir dalam kesempatan itu, Dirpol Air Poldasu Kombes Pol Ario Gatot, mewakili Dansat Brimob Detasemen B, AKBP AF Ambat, AKBP Slamet I Lusiono, Dandim 0207 Simalungun Letkol Inf Oni Kristiyono, Kapolres Simalungun AKBP Yofie Girianto Putra SIK, Kajari Simalungun Irvan Samosir SH MH, mewakili Ketua DPRD Betty Sinaga, Wakapolres Kompol Zainuddin P, para pejabat TNI, Polri dan pimpinan SKPD dijajaran Pemkab Simalungun.