Bupati Simalungun Hadiri Sosialisasi Jasa dan Layanan Bank BRI Mendukung Cashless Society

2019-07-15 0 comments simalungun Pemerintahan

Bupati Simalungun Hadiri Sosialisasi Jasa dan Layanan Bank BRI Mendukung Cashless Society

Bupati Simalungun Dr JR Saragih SH MM menghadiri Sosialisasi Jasa dan Layanan Bank BRI dalam mendukung Cashless Society di Kabupaten Simalungun yang dilaksanakan di Auditorium T Johan Garingging, Simalungun city hotel, Pamatang Raya, Senin (8/7).

Program BRI Cashless Society ini bertujuan mendorong seluruh transaksi pengelolaan keuangan di Kabupaten Simalungun dengan menggunakan transaksi non tunai untuk kemudahan segala transaksi dengan efisiensi waktu, biaya, dan tenaga kerja, serta mengawasi kinerja keuangan dengan cepat dan akurat.

Pimpinan Wilayah Bank BRI Sumut Rudi Sidarta dalam sambutannya mengatakan BRI sebagai bank terbesar di Indonesia merupakan salah satu bank yang memberikan laba tertinggi bagi Negara. Bank BRI Kantor Wilayah Medan Memiliki 535 unit kerja yang terdiri dari 24 Kantor Cabang, 34 Kantor Cabang Pembantu (KCP), 28 Kantor Kas, 271 Kantor Unit, 131 Teras, 4.298 Agen Brilink, 1.469 ATM BRI dan 3.573 EDC merchant BRI. Dengan jaringan yang luas ini diharapkan dapat memberikan kemudahan bagi nasabah dalam melakukan transaksi.

"semoga kegiatan Sosialisasi ini dapat mencapai tujuan kita bersama untuk mendukung program pemerintah dalam menciptakan transaksi keuangan yang lebih aman, efisien dan memberikan manfaat nyata kepada seluruh stakeholders serta mampu mendorong perekonomian khususnya diKabupaten Simalungun," ujarnya.

Bupati Simalungun Dr JR Saragih SH MM dalamĀ  sambutannya mengatakan bahwa Bank BRI ini memiliki kesamaan visi dengan Pemkab Simalungun untuk menggerakkan pembangunan daerah melalui pemberdayaan usaha mikro, kecil dan menengah serta peningkatan inklusi dan literasi keuangan.

"Melalui kerjasama ini saya berharap kiranya dapat tercipta semangat baru bagi kemajuan daerah Kabupaten Simalungun yang kita cintai ini," ujar Bupati.

Ditambahkan oleh Bupati, penerapan teknologi di bidang pengelolaan keuangan merupakan bagian dari upaya untuk peningkatan transaksi secara non tunai, hal ini juga merupakan penerapan peraturan dari Pemerintah Pusat dalam upaya pencegahan penyalahgunaan anggaran.

"Kita apresiasi bank BRI yang telah berkomitmen membantu pemerintah daerah dalam upaya pengembangan aplikasi untuk kemudahan dan transparansi transaksi keuangan. Apa yang kita lakukan ini merupakan bagian dari percepatan pelayanan khusus di bidang keuangan di Kabupaten Simalungun," ujar Bupati.

Kegiatan sosialisasi ini dipaparkan berbagai program dan produk pelayanan keuangan BRI oleh Kepala Divisi Kerjasama Teknologi I Nyoman Sugiri Yasa, Kepala Divisi Kredit Konsumer Primartono Gunawan, Wakil Kepala Divisi Transaction Mochammad Suratin, Wakil Kepala Divisi Dana & Jasa Kicky Andrie Davetra, Wakil Kepala Divisi Retail Payment Arga Mahanana Nugraha dari Kantor Pusat BRI.

Dikatakan bahwa Bank BRI siap memfasilitasi fasilitas pinjaman jangka pendek, e-channel transaction, co-branding kartu, BRI Corporate Card dan BRI Cash Management System (CMS) sehingga tercipta Cashless Society dan menyediakan produk perbankan yang mempermudah kegiatan perekonomian masyarakat misal jika berbelanja ke Pasar atau toko-toko, cukup membawa Hand Phone (HP)atau Kartu Debet/Kredit, dengan aplikasi LINK AJA dan EDC tinggal scan barcode atau dengan gesek kartu semua beres.

Sementara bidang teknologi dan kredit, Bank BRI menyediakan layanan transaksi secara Host to Host, bidang kredit konsumer, kredit ritel dan menengah, kredit korporasi (loan syndication/ participation), Social Enterpreneurship (Kartu Tani, BUMDES, dan Korporatisasi Pertanian) serta Unit Usaha Syariah (BRIS).

Pada kesempatan ini, Bupati Simalungun bersama dengan Pimpinan Wilayah BRI Sumut melakukan penandatanganan MoU kesepakatan kerjasama peningkatan pelayanan dengan memanfaatkan jasa-jasa perbankan milik bank BRI yang dilanjutkan dengan bertukar cinderamata dan plakat oleh Pemkab Simalungun dan Pihak BRI.

Tampak hadir pada kegiatan ini Sekda Kab Simalungun Drs Gidion Purba, M.Si, para Kepala OPD, Asisten , Staff Ahli Bupati, dan seluruh Camat Kabupaten Simalungun.