Bupati Simalungun Hadiri Peringatan Hari Anti Narkoba

2020-06-27 0 comments opd_pendapatan Pemerintahan

Bupati Simalungun, Dr. JR. Saragih, SH, MM bersama Forum Komunikasi Pimpinan Daerah menghadiri Peringatan Hari Anti Narkoba Internasional melalui siaran virtual yang dilaksanakan di Posko Percepatan Penanganan Covid-19 Kabupaten Simalungun, Jln. Asahan KM. 6, Kecamatan Siantar. Jumat (21/6).

Mengusung tema : Hidup 100% di Era New Normal Sadar, Sehat, Produktif dan Bahagia Tanpa Narkoba, kegiatan ini merupakan Program Badan Narkotika Nasional yang merupakan wujud keprihatinan seluruh pihak atas bahaya  penyalahgunaan Narkoba di seluruh dunia.

Kepala BNN Heru Winarko menyampaikan Peringatan Hari Anti Narkotika Internasional (HANI) tahun 2020 kali ini diselenggarakan berbeda dari tahun-tahun sebelumnya dikarenakan adanya pandemi COVID-19 yang melanda Indonesia dan seluruh dunia.
"Dengan adanya situasi saat ini kita harus tetap mempunyai tekad dan semangat untuk pantang menyerah, bergotong royong, dan mempunyai empati dalam menghadapi situasi pandemi ini. Sehingga tahun ini peringatan HANI tahun 2020 diselenggarakan dengan menggunakan teknologi secara virtual, namun tidak mengurangi kekhidmatan dan tujuan mulia dalam memberantas narkoba di Indonesia," ujarnya.

Wakil Presiden RI, K.H Ma'ruf Amin dalam sambutannya mengatakan salah satu upaya untuk memutus rantai peredaran narkoba di Indonesia itu dapat dilakukan dengan menekan pasarnya secara konsisten, yakni mengurangi angka penawaran dan permintaan terhadap narkoba.
"Salah satu sebab terjadinya peredaran narkoba oleh karena masih tingginya supply dan demand. Upaya preventif melalui strategi demand reduction dan upaya penegakan hukum sebagai strategi supply reduction harus terus dilakukan secara konsisten," jelasnya.

Kelompok masyarakat yang paling rawan terpapar penyalahgunaan narkoba umumnya berada di rentang usia 15-35 tahun atau dikenal dengan generasi milenial. Jika hal itu terus dibiarkan, maka akan berdampak pada kualitas dan produktivitas masa depan negara.

Hadir pada kegiatan ini, Wakil Ketua DPRD Simalungun Samrin Girsang, Kapolres Simalungun AKBP Agus Waluyo SIK, Kajari Simalungun Gloria Sinuhaji, SH, MH, mewakili Ketua Pengadilan, para Staf Ahli Bupati, Asisten serta kepala OPD Pemkab Simalungun.