Bupati Simalungun Dr JR Saragih SH MM: Saya Ingin Mengantarkan Simalungun Yang Lebih Baik

2016-09-19 0 comments simalungun Pemerintahan

Bupati Simalungun Dr JR Saragih SH MM mengatakan bahwa kehadirannya di Kabupaten Simalungun adalah untuk memberikan pelayanan kepada masyarakat dan mengantarkan Simalungun ke depan lebih baik.

“Saya ingin mengantarkan Simalungun yang lebih baik,”kata Bupati Simalungun saat memberikan kata sambutan pada peletakan batu pertama pembangunan rumah dinas bupati di Pamatang Raya, Senin 29/06/2016.

Pelatekan batu pertama tersebut juga di lakukan oleh Ephorus GKPS Pdt M Rumanja Purba MSi, ahli waris diwakili Kanes Purba, perwakilan raja marpitu, Bupati Simalungun, Danrindam I/BB, Dandim 0207 Simalungun, Kapolres Simalungun, Ketua DPRD, tokoh agama dan mewakili pekerja.

Menurut Bupati, sejak menjadi pimpinan di Kabupaten Simalungun yang di mulai pada 2010 hingga saat ini masih bertempat tinggal di mess Pemkab Simalungun di Pamatang Raya. “Selama ini saya tinggal di mess, dan rumah ini dibangun olehPemkab Simalungun bukan untuk kepentingan saya, dan bukan rumah pribadi saya,  tapi rumah masyarakat Simalungun,”ujarnya.

“Rumah ini untuk kepentingan pelayanan masyarakat dan untuk bersilahturrahmi. Semoga Kabupaten Simalungun menjadidaerah yang lebih maju dimasa yang akan datang,”tandas Bupati.

Kepada seluruh pimpinan Satuan Kerja Perangkat Daerah (SKPD) dan camat, Bupati mengharapkan untuk melakukan yang terbaik kepada masyarakat. Disamping itu ciptakan komunikasi yang baik dengan seluruh elemen masyarakat. “Semangatlah selalu,jadilah garam dan terang ditengah-tengah masyarakat. Saya tidak bisa bekerja sendiri tanpa dukungan dari seluruh elemen masyarakat termasuk SKPD dan camat,”himbaunya.

Ketua DPRD Simalungun Drs Johalim Purba, dalam kesempatan itu mengatakan rumah dinas yang dibangun ini diharapkan menjadi rumah yang membawa berkad dan siapapun nantinya yang pulang dari rumah ini selalu bergembira.

Sementara itu, tokoh masyarakat Jasarlim Purba mengharapkan agar rumah dinas ini dibangun bernuasa ornamenSimalungun.  “Acara peletakan batu pertama ini dilaksanakan dengan baik, diharapkan selesai-nya juga dengan baik, bangunlah rumah ini bernuansa Simalungun. Kami sangat mendukung program bupati,”ujar pria 72 tahun itu.

Sebelumnya, peletakan batu pertama pembangunan rumah dinas Bupati Simalungun diawali dengan  “Manurduk demban”yang dilaksanakan oleh tokoh adat disampaikan kepada Ephorus GKPS Pdt M Rumanja Purba MSi, ahli waris diserahkan kepada Kanes Purba, kepada perwakilan raja marpitu, Bupati Simalungun, dan kepada pekerja yang diterima oleh kepala tukang.

Disela-sela acara itu, Plt Kadis Tarukim Benny Saragih ST mengatakan bahwa luas bangunan rumah dinas Bupati Simalungun sekitar 1000 M² terdiri dari rumah dan pendopo. Benny berharap rumah tersebut selesai pada tahun ini. “Sebelum Natal kita berharap rumah ini sudah selesai, tidak sampai tahun depan,”katanya.

Selanjutnya acara peletakan batu pertama juga  diawali dengan  Kebaktian dipimpin Ephorus GKPS. Dalam khotbahnya, antaralain Ephorus mengajak agar rumah ini dibangun bersama Allah yang baik. Dengan membangun rumah bersama Allah rumah ini memberikan berkad bagi yang menempati dan bagi masyarakat. “Rumah ini harus cantik, jangan terkesan asal-asal ada, sehingga rumah ini dapat melengkapi ibukota ini. Dapat memberikan inspirasi bagi yang datang dan memberikan semangat baru bagi kita masyarakat Simalungun,”katanya.

Tampak hadir dalam kesempatan tersebut mewakili Danrem 022/PT, Sekda, Staf Alhi Bupati, Asisten, Pimpinan SKPD, Camat, para lurah dan pengulu serta masyarakat Kecamatan Raya.