Bupati Simalungun Bantu Pengobatan Warganya

2017-04-03 0 comments simalungun Pemerintahan

Pelayanan Kesehatan terus menjadi gerakan kinerja utama di kepemimpinan Bupati Simalungun Dr JR Saragih, SH, MM. Bahkan, dirinya berpesan agar masyarakat jangan takut untuk datang ke kantor Bupati untuk urusan kesehatan.

Apa yang disampaikan oleh Bupati bukanlah omongan semata. Pasalnya, hari ini terdapat dua kepala keluarga yang menemui Bupati untuk menyampaikan keluhannya di Kantor Bupati tempat di mana Bupati bekerja.

"Masyarakat yang hidupnya kurang mampu jangan takut, jangan ragu untuk datang ke Kantor Bupati untuk mendapatkan pelayanan kesehatan. Jika saya tidak ada, maka temuilah seluruh pegawai di Kantor Bupati Simalungun. Jangan lupa catat nama pegawainya, karena bagi saya kesehatan nomor satu," ucapnya di Pematang Raya, Kabupaten Simalungun, Sumatera Utara, Selasa (14/3/2017).

Masyarakat yang datang pertama menemui Bupati adalah Yolanda Sitepu, yang merupakan anak berusia dua tahun.

Yolanda Sitepu mengalami jatuh pada dua tahun lalu, akibatnya seluruh bagian tubuhnya sebelah kanan tidak bisa digerakkan. Melihat hal ini, tanpa berpikir panjang Bupati langsung meminta kepada Jan Maurisdo Purba selaku Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Simalungun untuk segera menindaklanjuti.

Hasilnya, Yolanda Sitopu langsung diminta Bupati dibawa ke RS Elisabeth di Medan, Sumatera Utara. Bahkan, dirinya juga membantu anak tersebut dengan menggunakan helicopter milik JR Saragih menuju Medan untuk mempercepat pelayanan.

"Saya berterima kasih kepada Bapak Bupati, ternyata apa yang dilakukan oleh dirinya benar adanya. Dengan bantuan yang diberikan oleh Bapak Bupati, maka besar harapan kami sebagai orangtua anak kami Yolanda Sitepu bisa hidup normal layaknya anak-anak yang lainnya," ucap Ibunda Yolanda Sitopu, Juliana Purba.

Selain Yolanda, terdapat pula Antonius Otlivio Purba berusia 4 tahun, bocah ini mengidap penyakit hidresifalus serta lemah otot bahkan sudah mengalami kebutaan. Terlebih, orangtuanya hanyalah bekerja sebagai pemulung. Alhasil, biaya untuk berobat dan keseharian tidak bisa terpenuhi.

Di sini, Bupati meminta kepada jajarannya dalam hal ini dinas kesehatan dan dinas sosial untuk segera membantunya. Bahkan, sumbangan dari Bupati Simalungun yakni berupa kursi roda dan spal (penyangga kaki) langsung diberikan.

"Berikan bantuan dana setiap bulan kepada keluarga ini (Antonius Otlivio Purba-red), lalu untuk kursi rodanya dan spal harus sampai kepada mereka. Jangan sampai seminggu sudah harus diperoleh mereka," tegas Bupati.

Mendengar hal tersebut, Ibunda Antonius Otlivio Purba yakni Susi Martina Sihaloho langsung sujud syukur sembari berlinang air mata.

"Puji Tuhan, kami diberikan bantuan dan kemudahan oleh Bapak Bupati JR Saragih. Apa yang dilakukannya penuh dengan kemuliaan Tuhan dan ini yang kami rasakan," urainya sambil menangis.

Jan Maurisdo Purba selaku Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Simalungun menuturkan pelayanan kesehatan menjadi fokus kinerja semangat baru dari Bapak Bupati Simalungun Dr JR Saragih. Dari sisi dinas kesehatan, berfungsi untuk memfasilitasi pelayanan tindak lanjutan apa yang dibutuhkan masyarakat di Kabupaten Simalungun, Sumatera Utara.

"Kami selaku dinas kesehatan bertugas untuk mengurus kemudahan berkas-berkas dalam kebutuhan masyarakat di Kabupaten Simalungun untuk bisa tersampaikan demi kepentingan pelayanan kesehatan," tungkasnya.