Bupati Simalungun Ajak Tanah Karo Bangun Pariwisata di Danau Toba

2017-04-03 0 comments simalungun Pemerintahan

Bupati Simalungun Dr JR Saragih SH MM dengan semangat baru Sumatera Utara menjalin kerjasama dengan  Pemkab Tanah Karo untuk membangun kawasan pariwisata di kawasan Danau Toba serta infrastruktur lainnya di sekitar kawasannya.

Dalam pertemuan dengan Bupati Karo Terkelin Brahmana di kantor bupati di Kabanjahe, Selasa 21/03/2017. Bupati mengatakan,kerjasama dengan pemerintah daerah di kawasan Danau Toba penting dilakukan untuk percepatan pengembangan kawasan wisata,sehingga program Presiden Jokowi bisa dengan cepat direalisasikan tanpa harus menunggu program yang sudah direncanakan pemerintah pusat.

Bupati menambahkan, nantinya diharapkan antara Pemkab Simalungun dan Pemkab Karo bisa menggelar event budaya dan pariwisata bersamaan di kawasan Danau Toba, seperti Pesta Rondang Bittang dan Pesat Menjuah-juah atau Pesat Buah, sehingga menjadi event pariwisata berskala nasional.

"Karena itu Pemkab Simalungun dan Tanah Karo sepakat untuk membangun infrastruktur yang berada di kawasan Danau Toba secara bersama-sama melalui pembiayaan APBD masing-masing,"kata bupati.

Setelah dengan Tanah Karo, Pemkab Simalungun menurut Bupati, pihaknya  juga akan menjalin kerjasama untuk pengembangan Danau Toba dengan Pemkab Dairi, dan Pakpak Bharat serta kabupaten lainnya di sekitar kawasannya.

Sementara itu, Bupati Karo,Terkelin Brahmana dalam pertemuan itu menyambut baik kerjasama dengan Bupati Simalungun Dr JR Saragih SH MM,yang dinilainya merupakan ide cerdas untuk memajukan pariwisata di kawasan Danau Toba.

 “ Pemkab Karo dan saya sebagai bupati menyambut baik kerjasam dengan bupati simalungun, untuk memajukan pariwisata di Danau Toba sebagai wujud nyata mendukung program Ptesiden Joko Widodo menjadikan Danau Toba sebagai destinasi pariwisata utama di Indonesia,” kata Terkelin.
Pertemeuan tersebut dihadiri pejabat pemkab simalungun dan karo.