Bupati : 136 Warga Simalungun Siap Naik Haji Agustus 2017

2017-08-11 0 comments simalungun Pemerintahan

Sebanyak 136 warga Simalungun bakal melakukan ibadah haji di Agustus 2017. Oleh karenanya Bupati Simalungun JR Saragih melakukan syukuran tepung tawar jama'ah Calon Haji Kabupaten Simalungun tahun 1438 hijriah/2017 Masehi.

Seperti diketahui tepung tawar merupakan doa untuk keselamatan para calon haji baik dari keberangkatan maupun kepulangan usai melakukan ibadah haji.

Sekretaris Haji Simalungun Amrisam mengatakan untuk tahun 2017 dari Sumatera Utara mendapatkan jatah 8.386 orang termasuk dari Simalungun sebanyak 136 orang.

Dari 136 orang terdapat laki-laki 48 orang dan perempuan berjumlah 83 orang. Dari jumlah tersebut, terdapat calon jemaah haji termuda dari kaum perempuan yakni Evi Wirsanisyam Binti Syamsul Bahri berusia 35 tahun dan untuk pria Sturiadi Bin Ngadiyanto juga berusia 35 tahun.

Sementara itu, untuk usia yang tertua pada laki-laki bernama Sari bin Todawiro berusia 86 tahun, lalu untuk perempuan bernama Tumi Binti Sanadi berusia 84 tahun.

"Dalam persiapan pelaksanaan calon haji di Simalungun mulai dari manasik, pemeriksaan kesehatan secara gratis yang dilakukan oleh pemkab Simalungun," ucapnya di acara tepung tawar jama'ah Calon Haji Kabupaten Simalungun tahun 1438 hijriah/2017 Masehi di Pendopo Rumah Dinas Bupati Simalungun di Pematang Raya, Kabupaten Simalungun, Sumatera Utara, Kamis (20/7/2017).

Selanjutnya, untuk pemberangkatan Kabupaten Simalungun masuk dalam kloter 6 bersama Kota pematang Siantar, Toba Samosir, Medan dan Samosir.

"Semoga dengan pemberangkatan haji bisa menambah semangat baru untuk masyarakat di Simalungun," paparnya.

Sementara itu, Bupati Simalungun JR Saragih mengatakan agar para jamaah haji untuk senantiasa mendoakan Kabupaten Simalungun agar selalu menjadi aman, tentram dan merasa nyaman di Simalungun.

"Inilah yang pertama kali dalam melaksanakan pemberangkatan haji dari rumah dinas Kabupaten Simalungun yang selama ini di Kantor Bupati," bebernya.

Bupati JR Saragih juga berpesan agar para jamaah haji juga ikut serta mendoakan Pemerintahan Kabupaten Simalungun menjadi satu kekuatan dan satu aspirasi guna memberikan yang terbaik dalam melakukan pelayanan.

"Semoga 136 warga Simalungun yang berangkat dengan selamat dan pulang dengan selamat tanpa ada kekurangan satu orang pun," paparnya.

Di sisi lain, tokoh Agama Islam Simalungun Tuan Guru Syekh Dr Ahmad Sabban el-Rahmaniy Rajagukguk MA menambahkan agar dalam.melakukan pelaksanaan ibadah haji dilakukan dengan setulus hati serta memanjatkan doa kepada Tuhan untuk diberikan keselamatan selama ibadah haji.

"Dalam menunaikan haji, maka fokuskan hati untuk beribadah, lakukan sujud syukur kepada Sang Pencipta dan tanamkan semangat beribadah yang baik karena selama di sana kalian menjadi duta haji Simalungun," tukasnya.