Bantu Penderita Stunting, Bupati Berikan Bantuan Rumah Layak Huni di Nagori Sahkuda Bayu

2019-12-23 0 comments simalungun Pemerintahan

Bupati Simalungun Dr. JR. Saragih, SH, MM meresmikan pemberian bantuan rumah layak huni kepada keluarga Suhartono dan Megawati, Orangtua dari anak penderita Stunting di Nagori Sahkuda Bayu, Kecamatan Gunung Malela. Senin (23/12).

Pada kunjungan 17 Oktober yang lalu, didapati keluarga Suhartono dan Megawati memiliki anak penderita Stunting yang merupakan penyakit kondisi gagal tumbuh pada anak balita akibat dari kekurangan gizi kronis. Melihat kondisi keluarga Suhartono yang tinggal di rumah kontrakan seadanya dan tidak memiliki pekerjaan, Bupati merasa iba dan secara spontan memberikan bantuan secara pribadi kepada keluarga Suhartono sebesar 40 juta rupiah untuk dibangunkan rumah layak huni.

Bangunan rumah tersebut dibangun dengan ukuran 6 x 7 meter diatas tanah ukuran 7 x 20 meter. Rumah ini dibangun dengan biaya 52 juta rupiah yang bersumber dari bantuan pribadi Bupati Simalungun sebesar 40 juta rupiah dan swadaya dari pihak Kecamatan, Koramil dan masyarakat sebesar 12 juta rupiah. Pemberian bantuan ditandai dengan penyerahan surat tanah oleh Bupati kepada Keluarga Suhartono.

Pangulu Sahkuda Bayu, Suyatno dalam sambutannya menyampaikan apresiasi kepada Bupati atas kepedulian Bupati kepada masyarakatnya yang membutuhkan. 
"Kami sangat mengapresiasi kepedulian bapak Bupati, hal itu menjadi motivasi bagi kami bekerja lebih baik melayani masyarakat," ujarnya.

Bupati Simalungun dalam sambutannya menyampaikan bantuan rumah layak huni ini diharapkan menjadi tempat perlindungan untuk membesarkan anak-anak agar tumbuh menjadi anak yang sehat dan kuat dan dapat menjadi generasi penerus dimasa mendatang.
"Bantuan ini merupakan program untuk mensukseskan penuntasan Stunting di Kabupaten Simalungun. Kita beri bantuan untuk membeli tanah dan membangun rumah agar anak-anak dapat hidup layak dan sehat sehingga kasus Stunting ini bisa tuntas di tahun depan," ujar Bupati.

Bupati juga mengapresiasi kepedulian Pangulu Sahkuda Bayu serta jajaran Koramil yang telah bekerja bersama dalam mewujudkan bantuan bedah rumah tersebut. Bupati mengharapkan peran serta aparat desa dan masyarakat untuk bersama-sama dalam rangka menuntaskan kasus Stunting di Simalungun.

Usai meresmikan bantuan bedah rumah tersebut, Bupati juga memberikan bantuan sebesar 10 juta untuk pemasangan plafon dan penyelesaian rumah tersebut serta 10 juta untuk membeli peralatan rumah tangga bagi keluarga Suhartono.

Megawati Orangtua dari Kayla Syaputri (batita penderita Stunting) menyampaikan sangat berterimakasih kepada Bupati atas bantuan yang diberikan, dirinya tak menyangka begitu besar kepedulian Bupati terhadap masyarakatnya yang membutuhkan.
"Terimakasih atas bantuan yang bapak Bupati berikan kepada keluarga kami, semoga Tuhan memberikan kesehatan dan kebijaksanaan kepada bapak dan keluarga dalam memimpin Kabupaten Simalungun," ujarnya.