10000 Lebih Massa, Semarakkan Pawai Takbiran Idul Fitri 1438 H/ 2017 M di Simalungun

2017-08-11 0 comments simalungun Pemerintahan

Bupati : Jaga ketertiban, kenyamana dan suasana yang kondusif

Gema takbir berkumandang di seluruh pelosok nusantara termasuk di Kabupaten Simalungun. Sekitar 10000-an massa yang berasal dari berbagai kecamatan mengikuti pelaksanaan takbiran keliling dalam rangka menyambut hari raya Idul Fitri 1438 H/2017 M di Kabupaten Simalungun.

Dengan menggunakan ratusan kendaraan yang terdiri dari kendaraan roda enam, roda empat, roda tiga maupun roda dua, massa yang terdiri dari anak-anak hingga orang dewasa melakukan takbiran keliling untuk mengumandangkan asma Allah di Bumi Habonaron do Bona.

Untuk pertama kalinya, sejak dilantik menjadi Bupati Simalungun Dr JR Saragih SH MM dan wakil bupati Simalungun Ir Amran Sinaga MSi, melepas pelaksanaan pawai takbiran di Halaman Mesjid Agung Al-Munawwaroh Perdagangan Kabupaten Simalungun, Sabtu malam 24/06/2017.

“Kami dari Pemerintah Kabupaten Simalungun menghimbau kepada seluruh supir dan penumpang kenderaan untuk menjaga ketertiban, dan diperjalanan tidak perlu ugal-ugalan, sehingga dalam perjalan dapat dengan lancer, tertib, nyaman dan kondusif,”ujar Bupati Simalungun Dr JR Saragih SH MM.

Dikatakan, pelaksanaan takbiran ini mendapat pengawalan penuh dari pihak Polres Simalungun, demikian juga tim kesehatan dari dinas Kesehatan dan puskesmas juga turut mendampingi pelaksanaan pawai takbiran dalam rangka menyambut Hari Raya Idul Fitri.

"Saya harapkan pawai takbiran keliling Idul Fitri 1438 H/2017 M ini bisa membawa semangat baru ditengah-tengah kita semua dalam rangka meninggalkan bulan suci Ramadhan yang begitu indah dan esok kita akan memasuki bulan Syawal,” tutur Bupati.

Dalam kesempatan itu, Bupati mengajak seluruh masyarakat Simalungun untuk melaksanakan pawai takbiran tersebut secara bersama-sama, sehingga menandakan bahwa Kabupaten Simalungun cukup kondusif.

“Pelaksanaan pawai takbiran ini diikuti sekitar 10000 lebih masyarakat, selain umat muslim acara ini juga diikuti oleh umat lainnya. Ini menandakan bahwa di Simalungun itu cukup kondusif, meskupun kita berbeda-beda agama dan suku namun toleransi umat beragama cuku tinggi di Simalungun,”bebernya.

Sementara itu, Wakil Bupati Simalungun Ir Amran Sinaga MSi mengajak masyarakat untuk sama-sama bersyukur karena sudah melewati bulan Ramadhan dengan pelaksanaan ibadah puasa sebulan penuh. “Insya Allah kita meraih kemenangan dan kita akan memasuki bulan Syawal dalam keadaan bersih dari dosa. Kita sudah fitra dengan masuk semangat baru, untuk itu kami dari Pemkab Simalungun mengucapkan minal aidin wal faizin mohon maaf lahir dan batin,”ungkapnya.

Untuk kelancaran pelaksanaan takbiran keliling di Kabupaten Simalungun pihak Polres Simalungun melakukan pengawalan penuh hingga akhir pelaksanaan takbiran. “Kami dari pihak Polres Simalungun akan mengawal pelaksanaan tekbiran ini dari awal hingga akhir, nanti yang mimpin Kasat Lantas. Semua pejabat Polres kami kerahkan untuk mengawal ini, untuk masyarakat demi menyukseskan pawai takbiran di Kabupaten Simalungun.

Sebelum memberangkatkan peserta pawai takbiran kelliling, Bupati, Wakil Bupati, Danrem 022/PT, Kapolres Simalungun dan tua guru Syech Muda Dr H Ahmad Sabban Rajaguguk MA melakukan pemukulan beduk. Tampak hadir dalam acara tersebut, anggota DPRD, Sekda bersama seluruh pejabat dijajaran Pemkab Simalungun, para camata, ormas Islam dan tokoh agama maupun tokoh masyarakat.