14 Group Tari Ikuti Lomba Tor-tor Daerah Bagi Anak Remaja/SMP Kabupaten Simalungun.

Read Time:3 Minute, 12 Second

Sebanyak 14 group tari dari Daerah Pemilihan (Dapil) di Kabupaten Simalungun mengikuti lomba tor-tor daerah bagi anak remaja/SMP Kabupaten Simalungun.

Lomba tor-tor yang diprakarsai oleh Tim Penggerak Pemberdayaan Kesejahteraaan Keluarga (TP-PKK) Kabupaten Simalungun tersebut berlangsung di gedung SMA Negeri 1 Raya Kecamatan Raya, Sumut, Senin (15/8/2022).

Pelaksanaan lomba tor-tor itu pun dihadiri langsung oleh Bupati Simalungun Radiapoh Hasiholan Sinaga bersama Ketua TP PKK Ratnawati Radiapoh Hasiholan Sinaga bersama Kapolres diwakili  Kapolsek Raya AKP Alwan.

Tampak juga hadir antara lain Sekda Esron Sinaga, Staf Ahli Bupati bidang Pemerintahan Resman H Saragih, Staf Ahli Bidang Ekonomi dan Pembangunan Debora DPI Hutasoit, para Asisten, pimpinan OPD, camat dan pangulu, pengurus TP PKK Kabupaten, kecamatan dan nagori.

Lomba tor-tor daerah itu dibagi dalam dua kategori tor-tor wajib dan tor-tor pilihan yang diikuti 14 group tari yang berasal dari Dapil. Untuk tor-tor wajib diikuti oleh Kecamatan Bandar, Dolok Pardamean, Gunung Maligas, Pamatang Bandar Silou Kahean , Huta Bayu Raja dan Purba.

Kemudian untuk tor-tor pilihan diikuti oleh kecamatan Ujung Padang, Pamatang Sidamanik, Dolok Batu Nanggar, Gunung Malela, Raya, Tanah Jawa dan Purba.

Ketua TP-PKK Kabupaten Simalungun Ny Ratnawati Radiapoh Hasiholan Sinaga dalam sambutannya menyampaikan bahwa pelaksanaan tor-tor daerah tersebut sudah dua bulan berlangsung mulai dari tingkat Nagori/desa, kecamatan, tingkat Dapil hingga tingkat Kabupaten.

“Sudah dua bulan kami laksanakan di 32 kecamatan, dan mendapat respon yang bagus dari masyarakat, terima kasih kepada camat dan pangulu. Meskipun sebagai besar para pangulu sudah mau habis jabatannya tapi mereka tetap merespon dengan baik,”kata Ratnawati.

14 Group Tari Ikuti Lomba Tor-tor Daerah Bagi Anak Remaja/SMP Kabupaten Simalungun.

WhatsApp Image 2022-08-15 at 18.51.17
WhatsApp Image 2022-08-15 at 18.51.16 (2)
WhatsApp Image 2022-08-15 at 18.51.16
WhatsApp Image 2022-08-15 at 18.51.16 (1)
WhatsApp Image 2022-08-15 at 18.51.17 WhatsApp Image 2022-08-15 at 18.51.16 (2) WhatsApp Image 2022-08-15 at 18.51.16 WhatsApp Image 2022-08-15 at 18.51.16 (1)

Menurut Ratnawati, selain melaksanakan kegiatan tor-tor daerah bagi anak remaja/SMP, kegiatan itu juga dimanfaatkan TP-PKK untuk dapat mengenal lebih dekat lagi kepada masyarakat, camat, pangulu, TP-PKK kecamatan dan Nagori, sekaligus untuk melihat langsung kondisi kehidupan masyarakat untuk dapat disinkronkan dengan Program TP-PKK dalam mendukung visi dan misi Bupati dan Wakil Bupati Simalungun ‘Rakyat Harus Sejahtera’

“Mereka semua sangat luar biasa dalam merespon kegiatan tor-tor daerah ini. Oleh karena itu Kami membuat kegiatan untuk anak-anak agar mereka mengenal budaya Simalungun dan seni Simalungun,”kata Ratnawati.

Disamping itu, kata Ratnawati, pihaknya melaksanakan kegiatan tor-tor bertujuan untuk menjadikan anak yang tangguh dan cerdas serta berani sehingga mampu bersaing dengan daerah lain dimasa depan.

“Kami melaksanakan kegiatan ini untuk mengatasi kebiasaan anak-anak dari game. Camat dan pangulu buat kegiatan di wilayah agar anak-anak lepas dari android nya,”tukas Ratnawati.

Kepada para orang tua anak-anak, Ratnawati meminta untuk lebih memberikan perhatian dan kepedulian yang lebih terhadap anak-anaknya. Demikian juga halnya dengan para guru disekolah diharapkan agar memberikan pembelajaran yang terbaik buat anak-anak peserta didik.

“Berikan pembelajaran yang terbaik kepada mereka. Ajari mereka dengan kebaikan dan kejujuran, agar mereka kelak menjadi generasi yang berkualitas dan berkarakter,”kata Ratnawati.

Sementara itu, Bupati Simalungun Radiapoh Hasiholan Sinaga dalam sambutan menyampaikan apresiasi kegiatan yang dilaksanakan oleh TP-KK.

“Ini merupakan lompatan besar dalam sejarah di Simalungun. Ini merupakan momentum dalam peningkatan seni dan budaya Simalungun. Karena seni dan budaya merupakan salah satu perekat bangsa ini,”kata Bupati.

Kedepan, Bupati meminta kegiatan tor-tor tersebut dapat ditampilkan dalam acara-acara besar secara kolosal. “Kita akan buat kegiatan ini kedepannya lebih meriah lagi,”kata Bupati.

Sebagai bentuk apresiasi terhadap kegiatan tersebut, Bupati memberikan bantuan pribadinya untuk pemenang sebesar Rp 30 juta.

Sesuai dengan hasil keputusan dewan juri pilihan sebagai juara 1,2,3 tor tor pilihan berturut turut yakni Kecamatan Raya, Purba, Gunung Malela dan juara harapan 1,2,3 berturut turut Kecamatan Tanah Jawa, Dolok Batu Nanggar, Ujung Padang.

Untuk tor-tor wajib Haroan Bolon juara 1,2 dan 3 berturut turut yaitu Kecamatan Purba, Dolok Pardamean, Silou Kahean, dan Juara Harapan 1,2 dan 3 berturut turut Kecamatan Bandar, Huta Bayu Raja, Gunung Maligas. Sebagai juara umum Kecamatan Purba.

Happy
Happy
100 %
Sad
Sad
0 %
Excited
Excited
0 %
Sleepy
Sleepy
0 %
Angry
Angry
0 %
Surprise
Surprise
0 %
error2
fb-share-icon0
Tweet 20
fb-share-icon20