Nagori Banu Raya Kecamatan Raya Kahean Gotong Royong Perbaiki Jalan Kabupaten

Masyarakat Nagori Banu Raya Kecamatan Raya Kahean Kabupaten Simalungun, Sumut, melakukan kegiatan gotong Royong (Haroan Bolon) memperbaiki jalan Kabupaten penghubung Nagori Banu Raya dengan Nagori Panduman sepanjang 1 KM, Sabtu 03/07/2021.
Giat haroan bolom tersebut langsung dikoordinir oleh Camat Raya Kahean Firdaus Girang S.Pt MM bersama pangulu Nagori Banu Raya Robersius Saragih, Bahabinsa dan Bhabinkamtibmas.


Menurut Pangulu Banu Raya, sasaran kegiatan gotong royong yang dilaksanakan oleh masyarakat bersama aparatur nagori dan kecamatan, Bhabinsa, Bhabinkamtibmas tohoh-tohoh agama yaitu pembersihan bahu kiri dan kanan jalan serta menutup lubang yang ada di badan jalan.
“Material yang kami gunakan untuk menutup lubang di badan jalan menggunakan batu padas sebanyak 30 M dan sirtu (pasir batu) sebanyak 3 dump truk, merupakan swadaya dari masyarakat. Kegiatan goyong royong ini (haroan bolon) akan terus kami laksanakan secara berkenambungan dalam membangun nagori kami,”ujar Robersius.


Sementara itu, Camat Raya Kahean mengatakan, kegiatan gotong royong yang dilakukan masyarakat merupakan wujud partisipasi seluruh elemen masyarakat dalam rangka mendukung dan menyukseskan Program Marharoaan Bolon yang dicanangkan Bupati Simalungun.
“Kegiatan hari ini merupakan Gotong Royong tahap II di Nagori Banu Raya, dan akan terus berlanjut sampai seluruh akses Jalan bisa Layak Jalan, sehingga masyarakat tidak terganggu dalam memasarkan Hasil Pertanian maupun akses transportasi keluar daerah semakin lancar dan nyaman, sekaligus wujud partisipasi seluruh elemen masyarakat dalam rangka mendukung dan menyukseskan program gerakan haroan bolon yang di canangkan oleh bapak Bupati Simalungun,”katanya.


“Saya sangat mengapresiasi dan mendukung penuh kegiatan ini, ruas jalan yang diperbaiki ini adalah salah satu Prioritas yang perlu dituntaskan, karena kondisinya sudah sangat parah untuk dilalui,”kata Camat Raya Kahean Firdaus Girsang sembari menambahkan bahwa material yang digunakan berupa batu pada 30 M2 dan sirtu 45 M2.


Dilain tempat, Bupati Simalungun Radiapoh Hasiholan Sinaga SH melalui Kadis Kominfo Simalungun memyampaikan apresiasi kepada masyarakat yang telah melaksanakan gotong royong (haroan bolon) dalam membangun nagorinya, terutama dalam mengatasi kerusakan jalan, sehingga secara bertahap kerusakan jalan-jalan yang ada di Kabupaten Simalungun dapat teratasi, minimal layak jalan.
Selain itu dihimbauan kepada masyarakat agar tetap nenerapkan protokol kesehatan disetiap aktifitas sehari-hari meskipun kita melakukan kegiatan gotong royong. “Kepada para camat dan pengulu/lurah untuknsenantiasa mengingatkan masyarakat agar tetap menjalankan protokol kesehatan selama beraktifitas sebagai upaya untuk menutus mata rantai penyebaran Covid-19,”kata Wasin.