Masyarakat Nagori Silakkidir Kecamatan Huta Bayu Raja, perbaiki jalan 1 Km

Masyarakat huta 5 nagori Silakkidir Kecamatan Huta Bayu Raja Kabupaten Simalungun melaksanakan kegiatan haroan bolon memperbaiki jalan sepanjang lebih kurang 1 Km, Kamis 15/7/2021.

Jalan yang menjadi sasaran giat haroan bolon masyarakat tersebut merupakan jalan penghubung Kecamatan Huta Bayu Raja dengan Tanah Jawa yang selama ini sulit dilalui oleh kenderaan dikarenakan kondisi jalan tersebut sangat memprihatinkan.

Manurut Camat Huta Bayu Raja Bangun Sihombing SSTP MSi saat berada di lokasi kagiatan haroan bolon menyampaikan apresiasi kepada Bupati Simalungun Radiapoh Hasiholan SH yang telah menginisasi program gerakan haroan bolon membangun Simalungun.

“Marharoan bolon atau bergotong royong yang telah diinisiasi oleh bapak Bupati Simalungun sangat positif untuk meneruskan budaya nenek moyang kita. Dan dengan haroan bolon ini akan terbentuk jiwa korsa, rasa kebersamaan, persatuan dan kesatuan ditengah-tengah masyarakat dalam mengatasi permasalahan yang terjadi, seperti mengatasi kerusakan jalan. Terima kasih kepada bapak Bupati yang telah menggasi program haroan bolon ini, “ujar Bangun.

Dikatakan, kegiatan haroan bolon yang dilaksanakan masyarakat di huta lima Nagori Silakkidir memperbaiki jalan penghubung Huta Bayu Raja dengan Tanah Jawa, diharapkan dengan kondisi jalan yang sudah baik nantinya, perekonomian masyarakat akan meningkat.

Adapun material yang digunakan masyarakat untuk memperbaiki kerusakan jalan dengan menutup lubang di badan jalan, Bangun mengatakan, berasal dari para pengusaha dan partisipasi masyarakat dan pangulu lebih kurang 20 M³ batu padas. “Masyarakat juga dibantu alat berat dari PT Huta Bayu Masada (HBM) untuk memadatkan batu yang telah disusun oleh masyarakat di lubang-lubang jalan,”jelasnya.

Ditempat lain, Bupati Simalugun Radiapoh Hasiholan Sinaga SH melalui Kadis Kominfo Wasin Sinaga SPd MSi menyampaikan terima kasih kepada masyarakat Nagori Silakkidir yang telah melaksanakan haroan bolon memperbaiki kerusakan jalan di nagorinya.

“Program garakan haroan bolon membangun Simalungun akan terus dijalankan di wilayah Kabupaten Simalungun guna mengatasi kerusakan jalan-jalan di daerah ini. Dimana banyak kondisi jalan di wilayah Simalungun yang kondisinya sangat memprihatinkan, sedangkan anggaran untuk perbaikan jalan sangat terbatas,”jelas Wasin.

Disamping itu, Wasin juga mengatakan bahwa dimasa vandemi Covid 19 ini masyarakat juga harus mentaati protokol kesehatan, meskipun melaksanakan haroan bolon. “Kami harapkan para camat, pangulu dan lurah agar selalu mengimbau masyarakat untuk menjalankan protokol kesehatan dalam beraktifitas sehari-hari, sebagai salah satu upaya untuk menutus mata rantai penyebaran Covid 19,”tandasnya.