Ikuti Peringatan HANI secara Virtual, Kepala BNNK Simalungun: “Kita Semua Perlu Bekerjasama Mengatasi dan Memberantas Peredaran Gelap Narkoba”

Badan Narkotika Nasional Kabupaten (BNNK) Simalungun mengikuti peringatan Hari Anti Narkotika Internasional (HANI) secara virtual, bertempat di Aula Pasca Sarjana Universitas Simalungun (USI), Senin 28/06/2021.

Wakil Presiden Republik Indonesia H Ma’ruf Amin saat memimpin Peringatan HANI secara nasional diperingati di Istana Wakil presiden di Jakarta dalam sambutannya antara lain mengatakan hingga saat ini negara dan masyarakat internasional menghadapi dua musuh bersama, yaitu bencana kesehatan yang menjadi ancaman bagi kemanusiaan di abad ini yaitu pandemi Covid-19 dan Penyalah gunaan narkotika. Imbasnya melanda semua lini kehidupan manuasi dari individu, keluarga masyarakat hingga negara.

Kantor PBB urusan obat-obatan dan kejahatan UNODC telah menetapkan Hari Anti Narkotika Interternasional, semua negara anggota PBB termasuk Indonesia ikut memperingatinya. Peringatan HANI sebagai bentuk keprihatinan dunia terhadap korban penyalahgunaan narkotika, sekaligus wujud perlawanan terhadap salah satu kejahatan luar biasa yang menjadi tantangan negara-negara di seluruh dunia.

“Saya mengapresiasi Badan Narkotika Nasional yang secara rutin setiap tahunnya memperingati Hari Anti Narkotika Internasional sebagai momentum untuk mengingatkan kita semua tentang betapa bahayanya ancaman narkotika bagi kehidupan berbangsa dan bernegara,” tutur Wapres.

Kepala BNNK Simalungun Suhana Sinaga Skom, Msi dalam sambutannya mengatakan, tema peringatan HANI tahun 2021 di Indonesia yaitu “War On Drugs” yang berarti Perang Melawan Narkoba di masa pandemi Covid-19 Menuju Indonesia Bersih Narkoba (Bersinar)”. Peringatan yang dilaksanakan setiap tahun ini untuk memperkuat aksi dan kerjasama secara global dan meningkatkan kesadaran masyarakat tentang bahaya narkoba.

Pemerintah telah mengeluarkan Instruksi Residen Nomor: 2 Tahun 2020 tentang rencana aksi nasional Pencegahan dan Pemberantasan Penyalahgunaan dan Peredaran Gelap Narkotika (P4GN), yang mengamatkan bahwa seluruh kementerian/lembaga pemerintah daerah wajib menjalankan rencana aksi dalam melaksanakan kegiatan-kegiatan nyata perang melawan narkoba.

Sesuai dengan tema War On Drugs”, Perang Melawan Narkoba di masa pandemi Covid-19, menjadi tantangan dan menjadi tanggungjawab kita semua. “Kita semua perlu bekerjasama mengatasi dan memberantas peredaran gelap narkotika. BNN tidak bisa bekerja sendiri, walau di masa pandemi Covid – 19, peredaran narkoba dan sindikatnya terus bekerja,”kata Suhana.

Kepala BNNK Simalungun Suhana Sinaga berharap dukungan dan kerjasama yang berkesinambungan dari kita semua, semoga kedepannya, guna menciptakan Indonesia Bersinar khususnya Simalungun bersih narkoba (Bersinar) menjadi upaya nyata bagi kita semua untuk bersatu dalam upaya War On Drugs.

Usai mengikuti peringatan HANI, Kepala BNNK Simalungun didampingi Ketua DPRD Simalungun Timbul Jaya Sibarani memberikan cenderamata kepada Universitas Simalungun dan Dinas Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak Kabupaten Simalungun atas kepeduliannya yang telah banyak melaksanakan P4GN (Pencegahan Pemberantasan Penyalah gunaan dan peredaran gelap narkotika dan perkursor narkotika) berupa sosialisasi, Pelaksanaan test urin dan pembuatan SK Satgas.