Pelaksanaan Kegiatan Coklit di Kabupaten Simalungun

2018-01-20 0 comments simalungun Pemerintahan

Wabup: Berikanlah Data Yang Sebenarnya

 

Dalam rangka pelaksanaan Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) Gubernur Sumatera Utara (Gubsu), Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Simalungun melaksanakan kegiatan pencocokan dan penelitihan (Coklit) data pemilih di wilayah Kabupaten Simalungun. Kegiatan coklit tersebut dilaksanaan secara nasional bagi daerah yang akan melaksanakan Pilkada serentak pada bulan juni 2018 mendatang.

Sebagai perdana, pelaksanaan coklit di Kabupaten Simalungun dilaksanakan pada keluarga Wakil Bupati Simalungun Ir H Amran Sinaga MSi yang langsung dilakukan oleh Ketua KPU Simalungun Adelbert Damanik didampingi oleh komisioner KPU, petugas coklit dan PPK di rumah kediaman wakil Bupati Simalungun, Nagori Senio Kecamatan Gunung Malela Kabupaten Simalungun, Sumatera Utara, Sabtu 20/01/2017.

Pelaksanaan kegiatan coklit di rumah wakil Bupati Simalungun juga dihadiri oleh Asisten Pemerintahan dan Kesra Drs Marolop Silalahi MSi, Kaban Kesbangpol Drs Jan Sardion Purba, Kadis Kependudukan dan Catatan Sipil Jon MT Damanik SH MH, Kadis Kominfo Akmal H Siregar SKom MSi, Camat Gunung Malela Jayamin Sipayung SH, Ketua Panwaslu Simalungun Boby Purba, Sekretaris KPU bersama Staff dan disaksikan oleh tokoh masyarakat.

Dari kegiatan pelaksanaan coklit tersebut diketahui, petugas melakukan pencocokan dan penelitian nama, alamat dan tanggal lahir data pemilih sesuai dengan data potensial yang ada pada KPU.

Menurut Ketua KPU Simalungun, Adelbert Damanik, pelaksanaan coklit secara nasional di mulai tanggal 20 Januari s/d 18 Februari 2018, yang dilaksanakan KPU, PPK (Panitia Pemilihan Kecamatan), PPS (Panitia Pemungutan Suara) dan PPDP (Petugas Pemutahiran Data Pemilih). “Mereka ini di bagi lima tim dalam melaksanaan kegiatan coklit di wilayah Kabupaten Simalungun,”jelasnya.

Bagi masyarakat yang tidak memiliki Kartu Tanda Penduduk (KTP) namun ada dalam Kartu Keluarga (KK), Adelbert mengatakan bahwa pihaknya juga akan mendatanya, selanjutnya dikoordinasikan dengan Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil untuk memastikan bahwa hal tersebut benar. “Diharapkan kepada masyarakat yang belum memiliki data administrasi kependudukan segeralah diurus, sehingga saat kami melakukan kegiatan coklit ini dapat berjalan dengan baik,”ujarnya.

Adelbert berharap melalui kegiatan coklit tersebut partisipasi masyarakat dalam melakukan pemilihan dapat meningkat dan pelaksanaan kegiatan pemilihan umum berjalan dengan baik.

Sementara itu, Wakil Bupati Simalungun Ir H Amran Sinaga MSi mengatakan bahwa kegiatan coklit adalah bentuk pemutahiran data dalam Pilkada Gubsu yang merupakan bagian dari tahapan Pilkada yang dilaksanakan oleh KPU. “Jadi dari data yang disini mulai kepala keluarga, istri dan anak saya semuanya sudah tepat baik itu, tanggal lahir, KK, KTP dan juga lokasi Tempat Pemungutan Suara (TPS),”jelasnya.

Dalam kaitan kegiatan coklit tersebut, Wakil Bupati meminta kepada Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil agar terus melakukan perekaman KTP hingga bulan April 2018 mendatang. “Bagi yang sudah melakukan perekaman namun KTP-nya belum terbit, akan diberikan surat keterangan (suket) dari Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil, sehingga nantinya dapat ikut memilih,”katanya.

Kepada masyarakat wakil Bupati mengharapkan agar membuka diri dan memberikan data yang sebenarnya kepada petugas coklit saat melakukan pendataan di rumah masing-masing, sehingga pelaksanaan kegiatan ini dapat berjalan dengan baik. “Mari kita kita dukung kegiatan ini demi seksesnya pelaksanaan Pilkada Gubsu mendatang,”himbaunya.