Meriahkan PRSU Ke 47 Pemkab Simalungun Gelar Pertunjukan Seni dan Budaya

2018-04-01 0 comments simalungun Pemerintahan

Turut serta memeriahkan Pekan Raya Sumatera Utara (PRSU) ke 47 tahun 2018, Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Simalungun menggelar kegiatan malam kesenian dan kebudayaan, Sabtu malam 31/03/2018.

Dalam membuka kegiatan itu, Pemkab Simalungun menampilkan tor tor sombah sebagai penghormatan kepada para pemimpin sekaligus tamu dan undangan yang datang dari berbagai daerah untuk menyaksikan pagelaran seni dan budaya Simalungun. Tor tor sombah tersebut dipersembahkan oleh tim seni dan budaya Simalungun.

Selanjutnya menampilkan drama kolosal yang menceritakan tentang kehidupan masyarakat Simalungun tempo dulu. Drama ini di perankan oleh Himpunan Mahasiswa dan Pemuda Simalungun (Himapsi). Namun sebelumnya di juga tampilkan parakontestan duta pariwisata Kabupaten Simalungun yang telah membawa harum nama Sumatera Utara, kemudian tarian multi etnis yang ada di Kabupaten Simalungun serta penampilan seruling dari Martogi Sitohang.

Di acara tersebut, Pemkab Simalungun juga menampilkan lagu lagu daerah dan tarian Simalungun yang dibawakan oleh pemuda dan pemudi serta penampilan artis ibukota maupun daerah Simalungun. Semua penampilan itu  mendapat apresiasi dari ribuan massa yang memadati panggung utama PRSU di Komplek Tapian Daya Medan.

Bupati Simalungun dalam sambutan tertulisnya yang di bacakan oleh Wakil Bupati Ir H Amran Sinaga MSi menyampaikan terima kasih kepada para masyarakat yang telah hadir menyaksikan pagelaran malam seni dan budaya Simalungun. 

Dikatakan, kegiatan ini memiliki arti dan makna yang sangat penting dalam upaya menggali, menjaga dan melestarikan seni dan budaya. Apalagi seni dan budaya merupakan kekayaan dan juga warisan leluhur yang harus kita lestarikan dan di kembangkan sehingga melekat pada sanubari setiap insan.

"Tadi sudah sama-sama kita saksikan seni dan budaya oleh Himapsi seperti Marharoan Bolon, taur-taur martapian yang mungkin dapat di tampilkan pada perhelatan perkawinan dan sebagainya, sehingga seni dan budaya ini tetap akan lestari di masyarakat terutama pada generasi muda,"ujar Wakil Bupati.

Dalam kesempatan itu, Bupati juga menjelaskan, selain melaksanakan pegelaran seni dan budaya, Pemkab Simalungun juga mempromosikan produk produk unggulan daerah seperti hiou Simalungun, objek-objek pariwisata, pertanian, perkebunan dan home industry di stand paviliun Simalungun yang ada di PRSU untuk menarik wisatawan berkunjung ke Simalungun.

Kepada Organisasi Perangkat Daerah (OPD) yang mengisi paviliun, Bupati meminta agar tetap mempersiapkan bahan dan produk daerah serta tetap memberikan informasi dan pelayanan yang terbaik, dengan harapan akan terjadi kontak dagang antar daerah.

Sebelumnya Kadis Pariwisata Kabupaten Simalungun Pahala RB Sinaga SSTP melaporkan bahwa tujuan dilaksanakannya pagelaran seni dan budaya Simalungun pada PRSU, antara lain sebagai media promosi seni dan budaya sekaligus sebagai media rekreasi/hiburan bagi masyarakat untuk diketahui bersama.

Diacara itu diketahui bahwa PRSU digelar selama satu bulan penuh, sejak tanggal 16 Maret hingga 18 April 2018 mendatang, sebagai sarana promosi produk produk unggulan dan seni serta budaya setiap daerah yang ada di Sumatera Utara. 

Tampak hadir dalam kesempatan tarsebut Wakil Bupati, Anggota DPRD, Sekda, para pejabat di jajaran Pemkab Simalungun, Tokoh adat, tokoh agama, tokoh masyarakat dan masyarakat serta berbagai komunitas seni dan budaya seperti Himapsi, Imas USU, PMTS.