Bupati Simalungun Resmikan Ruang Tahanan Terbaru PN Simalungun

2017-08-14 0 comments simalungun Pemerintahan

 

Pengadilan Negeri Simalungun kini memiliki ruang tahanan yang baru setelah Bupati Simalungun Dr JR Saragih meresmikan ruang tahanan tersebut.

Pengadilan Negeri Simalungun memang sebelumnya sudah memiliki ruang tahanan namun hanya dengan skala berukuran kecil, dengan diresmikan ruang tahanan yang baru maka ruang tahanan di Pengadilan Negeri Simalungun memiliki tiga bagian yakni pertama untuk pria, kedua wanita dan ketiga adalah ruang tunggu yang diperuntukkan untuk anak.

Ketua Pengadilan Negeri Simalungun Lisfer Berutu mengatakan bila ruang tahanan yang baru ini merupakan hibah dari Pemerintah Kabupaten Simalungun.

"Kami berterima kasih atas bantuan hibah dari Pemerintah Kabupaten Simalungun untuk Pengadilan Negeri Simalungun berupa ruang tahanan, yang selama ini hanya satu dan setelah diresmikan maka mulai Senin 14 Agustus 2017 maka seluruh tahanan sudah menempati ruangan yang baru," jelasnya di Pengadilan Negeri Simalungun di Jalan Asahan, Kecamatan Siantar, Kabupaten Simalungun, Sumatera Utara, Jumat (11/8/2017).

Pihaknya juga memberikan apresiasi kepada Pemerintah Kabupaten Simalungun atas bantuan untuk menjadikan Pengadilan Negeri Simalungun menjadi lebih baik. Pasalnya, pihaknya sudah mempersiapkan jalan khusus untuk mereka yang menggunakan kursi roda, lalu ada ruangan ibu menyusui. Kemudian ada ruangan difabel.

"Terima kasih sekali lagi kepada Bapak Bupati yang terus memperhatikan Pengadilan Negeri Simalungun menjadi lebih baik dan harus menjadi terbaik di Sumatera Utara," paparnya.

Bupati Simalungun Dr JR Saragih menambahkan dengan adanya pembenahan dari Pengadilan Negeri Simalungun maka bisa meningkatkan pelayanan masyarakat bukan hanya untuk Pengadilan Negeri saja melainkan untuk masyarakat dan pengadilan adalah mencari kebenaran dan menjadi bagian dari dirinya dalam memberikan pelayanan di bidang hukum.

"Ada bagian hibah dari Kabupaten Simalungun dalam rangka ruang tahanan yaitu membuat untuk mencari keadilan untuk menjadi aman agar tahanan tidak lari, ini bukan kepentingan Pengadilan Negeri maupun Pemkab Simalungun melainkan kepentingan masyarakat sehingga bisa dikenal di Sumatera Utara maupun se-Indonesia," tambahnya.

Selain itu, Bupati menuturkan bila Pemerintah Kabupaten Simalungun siap membantu Pengadilan Negeri Simalungun bukan untuk kepentingan Pengadilan melainkan kepentingan martabat untuk membangun Simalungun menjadi lebih baik.

"Jadilah berkat buat Simalungun dan semoga hubungan menjadi lebih baik serta membantu dan menegakkan hukum di masyarakat sehingga semua orang bisa merasakan pelayanan dari Pemerintah Kabupaten Simalungun," pungkasnya.