Bupati Simalungun Resmi Melantik 72 Kepala Desa Simalungun 2017

2017-10-30 0 comments simalungun Pemerintahan

Bupati Simalungun Dr JR Saragih secara resmi melakukan pelantikan Kepala Desa terpilih hasil pemilihan Kepala Desa atau Pangulu serentak tahap II tahun 2017 sebanyak 72 orang di Simalungun City Hotel, Pematang Raya, Kabupaten Simalungun, Sumatera Utara.

Sesuai dengan Surat Keputusan Bupati Simalungun Nomor 188.45/8200/12.2/ 2017 tentang pengesahan hasil pemilihan dan pengangkatan pangulu terpilih periode 2017 hingga 2023, menetapkan keputusan Bupati Simalungun hasil pengangkatan terhadap Pangulu terpilih dari hasil pemilihan serentak.

Masa jabatan pangulu ini terhitung sejak tanggal pelantikan dilakukan serta keputusan ini berlaku pada tanggal yang ditetapkan dengan ketentuan, apabila dikemudian hari ternyata terdapat kekeliruan dalam penetapan ini akan diadakan perbaikan sebagaimana mestinya.

Pada pelantikan tersebut, Bupati Simalungun memimpin pelaksanaan sumpah janji kepada seluruh Kepala Desa sejumlah 72 orang yang dilantik tahun 2017, kemudian dilakukan pula penandatanganan berkas disaksikan oleh Bupati Simalungun, Asisten Pemerintahan Kesejahteraan Masyarakat Simalungun, Ketua DPRD Simalungun serta Rohaniawan.

Dalam Pelantikan Kepala Desa ini Bupati Simalungun Dr JR Saragih mengatakan secara resmi melantik seluruh Pangulu untuk mengemban tugas dengan baik. Setelah melantik, bupati menandatangi berkas penyataan resmi pelantikan Pangulu serentak 2017. Selanjutnya, Bupati menyematkan tanda jabatan kepada Kepala Desa yang terpilih.

Bupati Simalungun juga memberikan apresiasi terhadap pelaksanaan pemilihan Kepala Desa yang dilakukan dengan kondusif sehingga bisa memberikan dampak positif buat Kabupaten Simalungun, Sumatera Utara.

"Hari ini sejarah yang tak terlupakan serta saya memberikan apresiasi setinggi-tingginya karena pemilihan Kabupaten Simalungun sangat kondusif. Setelah pemilihan, maka pelantikan langsung dilakukan. Tentu ini menjadi awal sejarah buat Pangulu yang baru dilantik," ucap Bupati Simalungun, Senin (30/10/2017).

Dalam pelantikan tersebut, Bupati menekankan agar seluruh Kepala Desa terpilih harus memberikan pelayanan kepada masyarakat yang terbaik sehingga kebutuhan masyarakat bisa terpenuhi.

"Jadikan sejarah ini menjadi hal yang luar biasa, saya merasakan apa yang dirasakan oleh pangulu yang dilantik. Oleh karenanya, utamakan kepentingan masyarakat, rangkullah yang kalah untuk bisa melakukan komunikasi dua arah karena kalah atau menang adalah sahabat kita," ujar bupati.

Sementara itu, Kepala Desa Terpilih yakni Pangulu Raya Usang, Kecamatan Dolok Marsaggal John Rapedi Purba sudah memiliki tujuan dalam membangun desanya. Fokus yang diutamakan adalah perihal prosesi surat menyurat yang dibutuhkan oleh masyarakat.

"Selama ini kebutuhan masyarakat dari sisi surat menyurat untuk kebutuhan pekerjaan, mengurus Kartu Keluarga hingga KTP cukup sulit. Oleh karenanya dengan terpilihnya saya sebagai Pangulu yang baru maka semuanya akan diubah menjadi lebih cepat," urainya.

Tak itu saja, dengan adanya instruksi dari Bupati Simalungun soal infrastruktur juga menjadi fokus utama yang akan dilakukan dalam membenahi wilayahnya.

"Jalan menjadi fokus utama sehingga kebutuhan masyarakat dalam bekerja bisa terpuaskan. Target pun sudah ditentukan sehingga masyarakat akan merasa nyaman," tukasnya.