4 Pasien Postif Covid-19 di Kabupaten Simalungun

2020-04-10 0 comments simalungun Pemerintahan

Dari hasil pemeriksaan Tim Medis RSUD Perdagangan Kecamatan Bandar Kabupaten Simalungun terdapat 4 orang pasien terindikasi positif Coronavirus Disease 2019 (Covid-19). 

Dari jumlah tersebut 3 orang berasal dari Simalungun berisial SS dan NS (Suami Istri), TJS merupakan menantu dari almarhum HP dan 1 orang berisial AS dari Aek Natolu Kabupaten Toba. 

Keempat pasien tersebut merupakan hasil pemeriksaan setelah pasien diperiksa kesehatan dengan menggunakan rapid test, pemeriksaan paru dan hasil laboratorium.

Ketua gugus tugas percepatan penangan Covid-19 Dr JR Saragih SH MM didampingi Dandim 0207 Simalungun Letkol Inf Frans Kisin Panjaitan Sekda Mixnon A Simamora,  Kadis Kominfo Wasin Sinaga,  Kadis Kesehatan dr Lidya Saragih,  Ka BPBD Rizal EP Saragih dan Dirut PDAM Betty Sinaga, bertempat di Posko Tanggap Darurat Coronavirus Disease (Covid-19) Kabupaten Simalungun Jalan Asahan Kecamatan Siantar, memberikan, penjelasan terkait perkembangan Covid-19 di wilayahnya, Sabtu 4/4/2020.
   
Dikatakan,  pasca adanya warga yang positif Covid-19, Kabupaten Simalungun menurunkan tim kesehatan ke wilayah asal pasien yang positif Covid 19 untuk melakukan pemeriksaan kesehatan bagi terhadap masyarakat sehingga cepat diketahui perkembangan Covid, hal ini juga salah satu upaya untuk memutus peekembangan covid. 

Bupati juga menyampaikan bahwa pihaknya sudah memerintahkan kepada dinas sosial untuk melakukan pendataan dan memberikan bantuan bagi warga yang kurang mampu.

Disampingi itu,  Kepada dinas kesehatan juga telah disampaikan untuk membagikan vitamin kepada masyarakat agar mereka tetap sehat. Sedangkan Perusahaan Daerah Air Minum (PDAM) sudah kita sampaikan agar mengirimkan air bersih ke Desa Bangun Pane agar tidak terjadi kontak langsung masyarakat untuk mengambil air di bak umum.

"Mudah-mudahan dengan hadirnya alat pemeriksaan kesehatan kita seperti rapid test, swab, maupun alat pendukung kesehatan lainnya, kita dapat sesegera mungkin melakukan deteksi dini kepada masyarakat," ujar Bupati. 

Dalam kesempatan itu,  JR Saragih yang juga Bupati Simalungin menyampaikan bahwa Pemkab Simalungun terus memberikan himbauan kepada masyarakat untuk tetap menahan diri di rumah, rajin cuci tangan dan tetap menjaga pola hidup bersih dan sehat.